in

Sebelum Banyak Duit, Deretan Penyanyi Dangdut Ini Pernah Rasakan Kerasnya Hidup Susah

Belakangan Indonesia melahirkan lebih banyak musisi dangdut muda potensial. Ada yang lahir karena ajang pencarian bakat, ada juga yang benar-benar menapaki dari panggung ke panggung, maupun beken di platform media sosial.

Meski demikian, awalnya tak serta merta mereka bermula dari dunia tarik suara. Mulai dari berkali-kali putus sekolah, hingga menjajaki profesi kuli bangunan dan asisten rumah tangga. Hal ini membuat mereka sempat merasakan kerasnya hidup dan tak menyangka bisa ada di titik seperti sekarang.

Tak dipungkiri, mengadu nasib di panggung dangdut beberapa kali mengangkat derajat hidup beberapa artis dengan dramatis. Inilah sekelumit kisah yang tak banyak diketahui orang sebelum para artis dangdut ini mengecap manisnya popularitas.

Evi Masamba dari ART kini punya rumah mewah

Evi Masamba bukan hanya dicintai karena suaranya, namun juga pribadinya yang dikenal apa adanya. Hal ini tak lepas dari masa lalu Evi Masamba yang bahkan kerap menjajal profesi sebagai asisten rumah tangga. Bermula karena kondisi Evi Masamba dan sang nenek saat itu terhimpit tekanan ekonomi.

Pernah rasakan jadi ART, Evi Masamba kini jadi ratu dangdut dan ratu di rumahnya sendiri. [Sumber Gambar; Instagram/evi_masamba_real]
Selain sempat putus sekolah, Evi mau tak mau menjalani pekerjaan apapun, selama itu halal dan bisa membantu keluarganya untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain menjadi asisten rumah tangga, Evi sempat juga menjadi babysitter dan berjualan pakaian bekas. Awal mula karir menyanyinya adalah ketika mencoba nyanyi dari panggung ke panggung dengan honor kurang dari Rp50 ribu.

NDX AKA dulunya kuli bangunan

NDX AKA adalah salah satu fenomena di dunia dangdut. Duo ini membawa dangdut bernuansa hiphop dan membuat banyak fans fanatik mereka, NDX AKA Familia, bakal datang di pelosok manapun mereka manggung. Duo Nanda dan PJR ini dulunya adalah sepasang kerabat yang kenal sejak kecil. Begitu beranjak ABG. PJR mengusung Nanda bersamanya. Kala itu profesi tukang parkir hingga kuli bangunan pernah mereka jalani.

Meski sudah sukses dan mapan, NDX AKA pilih tetap jalani hidup yang tak jauh berbeda dari masa lalunya, sederhana [Sumber Gambar]
Tapi riwayat bermusik mereka sudah ada sejak sekolah. Awal karir mereka adalah gerilya dari panggung ke panggung dibantu oleh beberapa rekan. Tak terpikir untuk memiliki dokumentasi performance mereka, tahu-tahu sudah punya banyak fans militan di internet yang setia hadir saat mereka tampil. Meski sudah terkenal, NDX AKA memilih hidup sewajarnya, tak melupakan teman-teman yang sejak dulu bersama dan tetap fokus menyeriusi karir musik mereka.

Fildan pernah berkali-kali putus sekolah karena nunggak SPP

Fildan juga merupakan jebolan kontes dangdut seperti Evi Masamba. Sebelum nasib baiknya itu, sejak kecil hingga dewasa ia sangat akrab dengan kemiskinan dan rasa lapar. Kisah masa kecil Fildan tak sebaik anak-anak seumurannya kala itu. Buku hampir tak punya, pulpen juga jarang ada. Bahkan dirinya sudah pernah putus sekolah lantaran kerap tak bisa melanjutkan bayar SPP.

Fildan pernah rasakan kelaparan dan putus sekolah, namun dangdut membawanya pada kehidupan yang lebih baik. [Sumber Gambar: Instagram/da4_fildan]
Namun Fildan lahir ke dunia dengan bekal bakat yang luar biasa. Bakat bermusik dan suara merdu Fildan yang membuatnya bertemu dengan keberuntungan. Pertama saat ia diketahui memiliki bakar main gitar, membuatnya diminta mengiringi grup vokal di sekolah. Sebagai gantinya, Fildan bisa bebas biaya SPP. Kedua, saat ia mengharumkan sekolah karena jadi peserta terbaik lomba Azan yang diadakan Kemenag.

Terakhir, ia menjadi pemenang kontes dangdut mewakili daerah asalnya. Ia mendapatkan hadiah ratusan juta dan dikenal sebagai pemenang ajang pencarian bakat dangdut di Indonesia. Ketika pulang dengan kemenangan, jangankan uang. Semua yang dulunya tak pernah dimiliki Fildan, kini datang sendiri kepadanya.

Lesty Kejora ubah rumah bambu jadi hunian 2 lantai

Siapa yang tidak mengenal sosok Lesty Kejora? Saat maju ke panggung audisi penyanyi dangdut, ia bahkan masih SMP. Saat itu, kehidupan keluarganya benar-benar sederhana. Tinggal di rumah yang dindingnya terbuat dari anyaman bambu, di mana sang ayah berjualan mie ayam.

Jadi anak berbakti, Lesty Kejora renovasi rumah orang tuanya yang dulu hanya berdinding anyaman bambu [Sumber Gambar: Instagram/lestykejora]
Suara emas dan pribadi Lesty mengubah nasib keluarga mereka. Kini pedangdut muda itu telah memiliki rumah yang berdinding bata dengan konsep minimalis.

Ayu Ting Ting

Barangkali kisah Ayu Ting Ting mengangkat derajat kehidupan keluarga bukan cerita baru. Namun single mom ini memang sedari kecil jadi salah satu artis yang merasakan kerasnya kehidupan sejak belia. Kini ia bisa memperlihatkan pada senior SMA yang pernah meremehkan profesinya sebagai penyanyi dangdut, bahwa dirinya sudah jadi artis yang cukup diperhitungkan dan punya banyak karya di jagat hiburan.

Dulu diremehkan jadi penyanyi dangdut, Ayu Ting Ting masuk deretan artis papan atas sekarang [Sumber Gambar: Instagram/ayutingting92]
Seperti diketahui, Ayu Ting Ting kini berhasil membeli rumah yang jauh lebih besar dari huniannya dulu. Padahal Ayu Ting Ting pernah merasakan untuk beli sebuah burger yang ia suka dalam perjalanan ke tempat recordingnya, harus benar-benar perhitungan dengan keuangannya yang saat itu tak seberapa.

Zaskia Gotik

Biduan cantik yang terkenal karena goyang itiknya, kini dikenal sebagai artis papan atas dengan circle pertemanan sesama artis-artis hits. Tak banyak yang menyangka bahwa si cantik ini pernah menjalani profesi sebagai buruh cuci, mengikuti sang ibu yang dulu menyambung perekonomian mereka dengan menerima jasa cuci baju. Sementara sang ayah adalah tukang ojek, sehingga dengan penghasilan pas-pasan mau tak mau ia harus ikut bekerja.

Zaskia Gotik berangkat dari profesi buruh cuci Rp5ribuan [Sumber Gambar: Instagram/zaskia_gotix]
Lantaran kecapekan dengan pekerjaan yang ia lakukan, Zaskia Gotik kerap tidak masuk sekolah hingga disebut ‘ratu alpa’. Upah yang diterima dari jasa cuci ini mungkin hanya Rp5-10 ribu saja. Meski begitu, dirinya sudah berbekal rasa percaya diri sejak kecil, hingga tak pernah merasa minder dengan keadaannya dulu. Rasa PD itu juga yang membawa Zaskia ke panggung dangdut dan menjadi artis seperti sekarang.

BACA JUGA: Jual Alphard demi Bantu Korban Banjir, Begini Kisah Pedangdut Evi Masamba yang Pernah Jadi ART

Kata orang, hidup itu berputar. Tak selamanya kita di bawah, jika mau berusaha maka akan ketemu dengan jalannya. Mungkin jalannya tak mudah, tapi saat menikmati hasilnya akan terasa sangat indah. Bila sudah sukses dan terkenal seperti sekarang, mudah-mudahan tetap rendah hati dan fokus berprestasi.

Written by Orchid

Leave a Reply

Fakta Junta Militer Myanmar, Rezim ‘Haus Darah’ yang Bikin Kaum Rohingya Meregang Nyawa

5 Cara Menyulap Limbah Dapur jadi Pupuk Penyubur hingga Pestisida Nabati bagi Tanamanmu!