in

5 Fakta Menyedihkannya Akhir Kehidupan Bung Karno

5. Soeharto Menolak Wasiat Terakhir Bung Karno

Dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, Bung Karno mengatakan tidak ingin dikubur dalam kemewahan. Bung Karno ingin dikuburkan dengan dikelilingi pemandangan indah, dengan sungai yang bening. Dia ingin berbaring di antara perbukitan dan ketenangan, di daerah Priangan yang subur tempat pertama kali ia bertemu petani Marhen. Belakangan, Bung Karno mengungkapkan tempat itu di dekat vila miliknya di daerah Batu Tulis, Bogor.

bung-karno-lantik-soeharto
Soeharto dan Bung Karno [ Image Source ]

Namun, wasiat itu tak diindahkan Presiden Soeharto. Dengan sepihak, Soeharto memutuskan jenazah Bung Karno dimakamkan di dekat makam ibunya di daerah Blitar. Pemakamannya sendiri diiringi dengan upacara kenegaraan dan makamnya pun juga ikut dipugar dengan mewah. Semua itu tidak sesuai dengan wasiat kesederhanaan yang diinginkan pemimpin besar revolusi tersebut.

BACA JUGA: Fakta Miris Kehidupan Soekarno di Era Orde Baru

Nah, itu tadi 5 fakta menyedihkannya akhir kehidupan Jendral Besar Revolusi, Presiden Soekarno. Banyak yang bilang politik itu kejam, tidak ada yang tahu siapa yang nantinya jadi kawan ataupun lawan. Meski begitu, Presiden Soekarno memilih menceburkan diri ke dalamnya. Karena ia tahu, menjadi politisi adalah jalan keluar terbaik untuk bebas dari penjajahan, meski juga ia tahu bakal menerima kenyataan pahit dihianati bangsanya sendiri.

Written by Anas Anas

Leave a Reply

6 Fakta Gempa Kumamoto yang Mematikan dan Menguji Kedigdayaan Jepang

9 Potret Mirisnya Kerusakan Akibat Rentetan Gempa Kumamoto