in

Kegiatan Seru Sambil Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Saat sudah mendekati waktu berbuka puasa, biasanya perut akan terasa begitu haus dan juga lapar. Jadi, sebisa mungkin kita harus mengalihkan rasa lapar itu dari fikiran kita agar puasa kita tidak batal nantinya. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan melakukan suatu kegiatan seru dan menarik. Jadi rasa lapar dan haus tadi bisa kita nikmati dengan hati senang sampai tiba waktunya berbuka. Berikut team Boombastis berikan beberapa referensi kegiatan tersebut.

1. Membaca Atau Menulis

Membaca memang salah satu kegiatan yang pas dilakukan saat waktu luang. Termasuk saat menunggu waktu untuk berbuka puasa. Mumpung ini bulan Ramadan, kamu bisa membaca buku-buku keagamaan atau membaca ayat suci Al-Qur’an.

Mengisi Waktu Luang Dengan Membaca Al-Qur'an
Mengisi Waktu Luang Dengan Membaca Al-Qur’an [ImageSource]
Selain membaca kamu juga bisa mengisi waktu dengan menulis. Jika kamu mempunyai sebuah blog, kamu bisa menulis dengan tema Ramadan atau tema ke-Islaman. Berbagi ilmu itu hal yang baik bukan, jadi tidak ada salahnya kamu membagikan tulisanmu tadi ke berbagai sosial media.

2. Jalan-Jalan

Saat-saat menunggu berbuka di sore hari, apalagi ditemani cuaca yang cerah, sangat cocok untuk menemani kita jalan-jalan. Bisa jalan-jalan santai di taman dekat rumah, atau berkeliling dengan sepeda motor menikmati indahnya pemandangan di sore hari.

Jalan-Jalan Sambil Berburu Takjil
Jalan-Jalan Sambil Berburu Takjil [ImageSource]
Sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa berburu sajian untuk berbuka puasa atau biasa disebut takjil. Ya, saat bulan Ramadan kita dapat menemui pedagang takjil dimana saja. Biasanya mereka menjual es buah, cendol, kolak pisang, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Memasak

Jika kamu bosan dengan makanan yang dibeli di luar rumah, kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Seperti contohnya es buah, menu ini termasuk mudah dilakukan untuk semua orang. Kamu hanya tinggal membeli beberapa macam buah, memotongnya, kemudian mencampurnya dengan larutan gula atau sirup.

Membuat Makanan Berbuka Puasa Sendiri
Membuat Makanan Berbuka Puasa Sendiri [ImageSource]
Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan beberapa camilan seperti kue. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menu yang dibuat. Bisa-bisa kamu justru akan terlambat berbuka, karena saat adzan maghrib kamu masih saja mengurus masakan di dapur.

4. Olahraga

Meski dalam keadaan berpuasa, kita harus tetap berolahraga agar tubuh kita tetap kuat saat menjalani puasa. Tapi saat sedang berpuasa, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat. Jadi kamu tidak akan merasa haus setelah berolahraga nanti.

Lari-lari kecil di sore hari
Lari-lari kecil di sore hari [ImageSource]
Olahraga lari bisa jadi pilihan nih. Tapi ingat, jangan berlari dengan tempo yang terlalu cepat. Selain itu, jarak tempuh yang akan kamu lalui juga jangan terlalu jauh. Jika biasanya kamu bisa lari dalam jarak 100 meter, kurangi saja setenganya hingga menjadi 50 meter.

5. Mendengarkan Musik

Jika kamu malas untuk melakukan aktifitas di luar rumah, kegiatan berikut ini bisa jadi referensi kamu nih. Ya, mendengarkan musik memang sebuah kegiatan yang dapat dilakukan dalam suasana apapun. Tapi, di bulan suci ini, cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu religi. Kali ini team Boombastis punya beberapa lagu yang asyik didengar saat menunggu waktu berbuka puasa nih. Simak aja langsung playlist di bawah ini yuk :

Ada banyak sekali lagu-lagu religi yang asyik untuk di dengarkan. Jika dihayati, lirik-lirik dari lagu tersebut begitu menenangkan hati.

Itulah tadi beberapa kegiatan positif yang dapat dilakukan saat menunggu adzan maghrib tiba. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bermanfaat loh. Kalau kamu sendiri, kegiatan apa nih yang sering dilakukan disaat menunggu waktu untuk berbuka puasa?

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

Film pendek bertema islami

5 Film Pendek Bertema Islami yang Bikin Puasa Makin Bermakna

7 Fakta Muslim Terkaya dan Berpengaruh di Dunia