in

Lupa Bangun Sahur? Lakukan 5 Kegiatan Ini Supaya Tetap Segar Sampai Berbuka Puasa

Sahur jadi waktu yang sedikit menyebalkan untuk beberapa orang. Alasannya karena kita harus bangun pagi buta untuk mengisi perut supaya kuat saat puasa nanti. Nah, karena waktunya yang terlalu dini itulah biasanya orang-orang sering malas untuk bangun dan alhasil tidak sahur.

Biasanya kalau sudah seperti itu pasti ada rasa penyesalan berat di dalam relung hati. Bagaimana tidak, kita akan merasa lemas seharian karena tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Jadinya lapar dan haus akan mendera di waktu yang sedang panas-panasnya. Akan tetapi, kalian tak perlu khawatir karena ada solusi supaya tetap bugar walaupun tidak sahur. Cekidot!

Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin [Sumber Gambar]
Percaya atau tidak, kalau mandi menggunakan air dingin bisa menyegarkan tubuh saat berpuasa. Hal ini sudah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Inggris kalau air dingin bisa membuat kita lebih segar kembali meskipun perut dalam keadaan kosong. Tak perlu menunggu sampai selesai mandi, cukup dua atau tiga menit, badan kita sudah bugar seperti semula. Jadi, tunggu apalagi, segera mandi supaya rasa lemas lengser dari tubuh kalian. Lalu, kalau kalian lem

Jangan terlalu aktif bergerak

Jangan terlalu aktif bergerak [Sumber Gambar]

Kalau kalian tidak sahur, langkah yang harus dilakukan adalah tidak banyak bergerak. Yap, ini dilakukan supaya kalian tidak gampang letih sampai waktu berbuka nanti. Jika aktivitas kalian mengharuskan banyak bergerak, maka bisa disiasati dengan beristirahat di sela-sela pekerjaan. Dengan begitu, kalian tetap semangat dan letih tidak akan terasa.

Hindari paparan sinar matahari langsung

Jangan di bawah sinar matahari [Sumber Gambar]
Jika terlanjur tidak sahur, kalian harus melakukan hal yang satu ini. Yakni jangan pernah berada di bawah sinar matahari langsung. Itu karena jika berada di bawah sinar matahari, bisa dipastikan kalian akan merasa lebih cepat haus dan akhirnya lemas sampai menjelang berbuka puasa. Sehingga, usahakan kalian berada di tempat yang teduh dan sejuk supaya badan tidak lemah, letih ataupun lesu.

Menyelingi pekerjaan dengan aktivitas fisik

Selingan aktivitas ringan [Sumber Gambar]
Bekerja memang menjadi salah satu faktor supaya kita tidak ingat dengan rasa lapar karena tidak sahur. Namun terkadang kalau sudah fokus, rasa lapar itu kemungkinan besar akan muncul karena energi kita sudah habis terkuras. Nah, untuk menghidanri hal tersebut, kita bisa menyelingi dengan aktivitas fisik. Tapi bukan aktivitas yang berat ya, cukup olahraga ringan seperti jalan santai di sekitar kantor. Selain bisa melupakan rasa lapar karena tidak sahur, olahraga ringan dapat membantu peredaran darah menjadi lebih lancar.

Kalau lupa sahur, bisa lakukan hal ini sebelum tidur malam

Makan sebelum tidur [Sumber Gambar]
Nah, ini adalah hal yang paling mudah dilakukan supaya kalian tetap bugar saat lupa sahur. Itu adalah makan sebelum tidur malam. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir lemas lagi jika terlambat bangun. Energi dalam tubuh akan terjaga dan dijamin tidak akan merasakan lemas seharian. Namun, yang harus diingat adalah konsumsi makanan yang lambat dicerna seperti pisang ataupun buah kurma, supaya kalian akan merasa kenyang lebih lama.

Itu tadi adalah kegiatan yang bisa kalian lakukan ketika tidak bangun sahur. Dijamin badan kalian akan tetap segar sampai berbuka puasa. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya kalau kalian jangan pernah melewatkan sahur. Jika sulit bangun, kalian dapat meminta kerabat untuk membangunkan. Bisa juga dengan menggunakan alarm yang diatur berapa menit sekali.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Punya Sekilo Saja Bisa Kaya Raya, Ini 4 Fakta Mengapa Bayi Belut Sangat Mahal di Spanyol

Sering Dipandang Sebelah Mata, Aksi Heroik Bonek Kali Ini Bak Pasukan Penyelamat di Medan Perang