in

6 Kegiatan yang Bisa Generasi Millennial Lakukan untuk Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan hanya tinggal menghitung hari lagi Saboom (Sahabat Boombastis). Tentunya, moment ini patut banget dijadikan sebagai waktu untuk memperbaiki diri. Bagaimana tidak, tidur orang yang berpuasa saja bisa dinilai dalam ibadah, apalagi kalau ibadahnya bukan?

Terutama, bagi kamu yang masih dalam usia remaja alias masuk dalam generasi millennial. Semangat sebagai pemuda yang baik tentu bisa dibuktikan di bulan suci ini, salah satunya adalah menghidupkan masjid. Nah, kalau selama ini hanya sebatas sholat jum’at saja, kali ini Boombastis punya rekomendasi kegiatan yang sangat bisa kamu lakukan selama Ramadan. Seperti apa? Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Yang selama ini belum pernah jadi Muadzin, Ramadan adalah moment tepat

Remaja Azan [Sumber gambar]
Muadzin atau orang yang mengumandangkan azan biasanya lebih banyak diilakoni oleh bapak-bapak. Bulan Ramadan adalah waktunya anak muda maju dan berpartisipasi. Datanglah sebelum masuk waktu sholat, hal tersebut bisa membuat sholat tepat waktu. Meminta izinlah dulu kepada pengurus masjid sebelum melaksanakan niat baik ini. Wah, selain kamu bisa melatih kepercayaan diri, pahala yang didapat juga akan banyak sekali Saboom.

Selain sholat wajib, coba ramaikan teraweh juga

Sholat teraweh [Sumber gambar]
Teraweh merupakan ibadah sholat yang hanya dilakukan ketika bulan puasa saja. Kamu pasti senang melihat jamaah yang meluber dan memenuhi masjid ketika sholat. Namun, cobalah untuk istiqomah dan melakukannya hingga akhir Ramadan. Untuk mengatasi semangat mengendor di tengah-tengah, Boombastis menyarankan agar kamu selalu membaca keutamaan setiap malam ketika sholat teraweh. Ya, ketika sudah tau betapa banyak pahalanya, kamu pasti terus semangat deh.

Ajak teman ramaikan tadarussan Al-Qur’an

Tadarrus Al-Quran [Sumber gambar]
Setelah sholat teraweh akan tambah lengkap jika disemarakkan dengan tadarrus Al-Quran. Tentu banyaknya yang harus dibaca tidak akan terasa saat kamu melakukannya bersama teman-teman yang lain. Ramadan selama 30 hari bisa menjadi kesempatan emasmu khatam semua juz dari Al-Quran. Ya, kalau selama ini mungkin kamuakan disibukkan dengan berbagai kegiatan, kalau bulan puasa cobalah sediakan waktu untuk mengaji sebentar.

Menjadi relawan di pesantren kilat

Pesantren kilat ramadan [Sumber gambar]
Kamu pasti sering mendengar istilah pesantren kilat yang biasanya digelar ketika bulan Ramadan bukan? Ya, sama-sama tau saja kalau zaman sekarang semakin sedikit anak muda yang mau berkecimpung dalam kegiatan seperti ini, akan keren banget kalau kamu bisa melakukannya selama sebulan penuh. Namun, walau tampak mudah, kamu butuh persiapan yang matang untuk membuat agenda tersebut. Ajaklah teman-teman sebaya untuk ikut berpartisipasi. Yakin deh, dengan keroyokan, mengajar pesantren kilat yang targetnya anak kecil enggak bakalan susah kok.

Membantu pengurus masjid bekerja

Membersihkan masjid [Sumber gambar]
Kegiatan di bulan Ramadan biasanya sedikit lebih longgar dibandingkan dengan hari biasanya. Entah itu sekolah, bekerja, atau aktivitas lain sudah rehat sebelum waktu berbuka tiba. Nah, satu jam menjelang berbuka puasa, kamu bisa manfaatkan hal tersebut untuk membantu pengurus masjid, dengan bersih-bersih misalnya. Tapi, perlu dicatat bahwa setiap sesuatu yang dikerjakan bersama akan lebih baik dan cepat selesainya. Dalam urusan ini kamu juga butuh bekerjasama dengan teman-temanmu yang lain.

Ramaikan malam takbiran

Ramaikan malam takbiran [Sumber gambar]
Ini adalah moment terakhir sebelum hari raya besok pagi. Takbiran ini biasanya sama raminya dengan teraweh di malam pertama, karena dapat dipastikan semua senang menyambut datangnya lebaran. Kamu para millennial juga bisa ambil bagian di malam takbiran ini, mulai dari takbiran, pukul beduk, hingga mungkin keliling kampung sambil mengumandangkan kalimat-kalimat thayyibah. Semakin malam, semakin ramai, akan semakin seru pula suasananya.

Bagaimana? Apakah kamu para millennial siap untuk mengisi Ramadan kamu dengan berbagai acara penuh manfaat di atas? Kalau kamu punya rekomendasi aktivitas bermanfaat lain silahkan tinggalkan komentar di bawah ya!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Pantang Menyerah, Driver Ojol Ini Gunakan Sepeda Pancal Karena Motornya Ditarik Leasing

Wajib Tahu! Inilah 4 Alasan Mengapa Ban Tubeless Tidak Boleh Ditambal Terlalu Sering