in

Bayar Seikhlasnya Sampai Pakai Bahasa Isyarat, 4 Kedai Kopi Ini Unik dan Hanya di Indonesia

Bicara tentang kopi, minuman yang mengandung kafein satu ini memang sering jadi inspirasi banyak orang. Entah kekuatan apa yang dimilikinya, ia seolah menjadi penenang, penghilang stress, hingga bisa membuat seseorang santai. Enggak heran jika kemudian orang berlomba-lomba membuka bisnis warung kopi.

Namun, kendala bisnis sekarang adalah terlalu banyak kedai serupa, sehingga kadang mereka tak punya sisi unik yang bikin pelanggan ingin ‘mampir’ dan mencoba produk mereka. Di tengah problema ini, ternyata ada yang berusaha untuk membuat warung dengan nuansa berbeda. Ya, selain menjadi daya jual tersendiri, hal tersebut jadi ciri khas mereka yang mungkin tak dimiliki oleh penjual lain.

Kedai Kopi yang Namanya seperti nama toko bangunan

Umumnya, kedai kopi punya nama yang aestetic dan kekinian untuk menarik para pelanggan mereka. Nama tersebut juga biasanya disesuaikan dengan menu apa saja yang disediakan. Sebuah kedai kopi yang terletak di Jalan Lengkong Besar, Bandung ini dinamai ‘Makmur Jaya Coffee’. Sekilas terdengar seperti nama toko bangunan bukan? Namun, jika kamu masuk ke dalamnya, semua konsep yang ada mengusung tema kekinian, berbanding terbalik dengan nama kedainya.

Kedai Makmur Jaya Coffee [Sumber gambar]
Menurut baristanya, Gerrin (21), nama tersebut memang sengaja diambil agar mudah diingat oleh pelanggan. Di samping itu, nama tersebut juga berisi doa, agar warung kopi tetap makmur dan laris pembeli.

Kedai kopi ‘Mari Ngopi’ memilih kopi sesuka hati bayar seikhlasnya

Marakanya kedai kopi yang ada di berbagai tempat membuat para pemilik kedai berlomba-lomba dalam segi harga. Untuk mendapatkan rasa yang enak, tak jarang pelanggan harus membayar mahal. Namun, beda cerita jika kamu datang ke kedai Mari Ngopi yang ada di Yogyakarta. Warung kopi milik Akrom Setiawan ini di sini, kamu bisa memesan kopi apa saja dan membayar seikhlasnya. Konsep seperti ini sudah ia terapkan sejak kedainya berdiri pada tahun 2014.

Ia hanya menaruh sebuah kotak bertulis ‘Hanya Kamu dan Tuhan yang Tau’ di mana pembeli bisa memasukkan uang. Tapi, walaupun membayar seikhlasnya, Akrom tetap mengedepankan rasa dan kualitasnya. Ketika diundang ke Hitam Putih, ia mengatakan bahwa hal tersebut tak membuatnya rugi sama sekali. Tujuan Akrom membuat kedai tersebut sederhana, agar semua orang bisa ngopi tanpa terkendala harga.

Minum kopi dengan foto wajahmu sendiri

Selain kopi hitam atau jenis lain yang sering disajikan di warung dan kedai kopi, latte art muncul dan menjadi tren di kalangan millennial. Ketika menyeruput kopi, tak hanya menikmati rasanya saja, tetapi juga tampilan kopi tersebut. Salah satu kedai kopi yang ada di Batavia Café, Bintaro, Tangerang, Banten menawarkan para tamu untuk bisa menikmati kopi dengan potret diri sendiri atau orang yang mereka sayangi, namanya selfie drink.

Kopi Batavia Cafe [Sumber gambar]

Sebelum datang ke kafenya, kamu bisa memesan via Line Massenger dan mengirim foto mana yang akan dijadikan sebagai penghias di atas kopimu. Tapi, memang dari segi harga memang lumayan mahal dibanding kebanyakan kedai, per gelas dibanderol mulai Rp22.000-Rp85.000.

Kedai Kopi Tuli (KopTul) yang menggunakan bahasa isyarat

Ya, sesuai dengan namanya, Kopi Tuli atau Koptul merupakan sebuah kedai kopi yang berada di Depok, Jawa Barat. Kedai ini dirintis oleh tiga orang sahabat, Andhika, Erwin, dan Putri (Thie) dan baru resmi dibuka pada 12 Mei 2018 lalu. Ketiganya bertemu dan membangun bisnis kopi muncul dari kekecewaan karena tidak diterima bekerja di berbagai tempat.

Di KopTul, semua aktivitas menggunakan bahasa isyarat, mulai dari memesan kopi hingga bercengkama. KopTul punya 3 ciri khas racikan, yaitu KOSO, WINGS dan SIPUT. Ketiganya berharap dengan adanya KopTul, tempat tersebut menjadi wadah berkumpulnya teman tuli dan siapapun yang mau belajar bahasa isyarat. Kedai ini juga memberdayakan teman-teman tuli agar mudah mendapatkan pekerjaan, sehingga sama istimewanya dengan teman dengar.

BACA JUGA: Dicampur Arang Hingga Cendol, Inilah 5 Kopi Hits yang Wajib Kamu Coba

Keempat kedai kopi di atas ada di Indonesia, loh. Jika kamu merupakan pecinya kopi sejati, maka enggak ada salahnya untuk berkunjung dan melihat keunikan yang mereka tawarkan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Main Kuda-kudaan Saat Guru Mengajar, Murid Seperti Ini Dihukum atau Cukup Minta Maaf?

Jadi Buronan, Inilah Perjalanan Artis Mandala Shoji di Dunia Entertainment Hingga ke Politik