Kebun binatang salah satu destinasi wisata murah sekaligus bisa menjadi tempat edukasi untuk anak-anak. Tak heran kalau kebun binatang dipenuhi oleh keluarga yang berlibur dan ingin membuat anak mereka senang.

Sayangnya, enggak semua kebun binatang di Indonesia itu layak huni loh. Banyak sekali komentar netizen yang mengatakan bahwa kebun binatang tersebut tak ubahnya seperti penjara untuk hewan yang seharusnya bisa bebas di alam. Kondisi memilukan, kurus kering, kurang makan, bahkan mati di dalam kandang adalah hal yang lumrah.

Curhat warga mengenai buruknya pelayanan di kebun binatang

Bonbin yang ada di Kota Bandung pernah menjadi sorotan karena dinilai tidak layak dan hanya membuat hewan tersiksa. Pada 2016 lalu sempat heboh insiden kematian seekor gajah bernama Yani. Nah, belum lama ini juga ada penampakan beruang yang kurus kering dan kurang makan. Hal ini diketahui dari video yang tersebar, memperlihatkan beruang madu yang mengemis minta makanan, bahkan tulang rusuknya sampai menonjol.

Beruang Madu [sumber gambar]
Ada pula yang bilang kalau beruang ini sampai makan kotorannya sendiri. Warga Bandung juga banyak mengatakan bahwa pelayan di kebun binatang tersebut kurang bagus. Mulai dari cara merawat binatangnya, hingga limbah kotoran hewan yang sering dibuang sembarangan ke sungai.

Uang makan hewan yang sering dikorupsi

Nah, hal yang memilukan juga terjadi di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta. Kejadian ini memang sudah berlangsung lama, pada 2016 lalu, namun tetap saja menjadi catatan hitam dalam dunia pengelolaan kebun binatang.

Harimau di GL [sumber gambar]
Seorang petugas bagian makanan hewan di Bonbin tersebut menyunat uang untuk makan Harimau Sumatera. Harimau tersebut seharusnya diberikan makan 2 kali dalam seminggu. Namun, nyatanya Harimau selalu tampak lapar dan juga sangat kurus karena hanya diberi makan seminggu sekali. Dalam satu minggu, petugas ini bisa mengantongi uang 3 juta Rupiah.

Kebun Binatang Surabaya yang disebut Zoo of Death

Permasalahan terus mendera Kebun Binatang Surabaya (KBS). Bonbin ini bahkan sempat menjadi sorotan dunia karena perlakukan dan pelayanan yang kurang bagus terhadap binatang yang ada di sana.

Satwa tak terurus [sumber gambar]
Ada banyak sekali hal aneh yang terjadi di sini, mulai dari hewan langka yang menghilang, banyaknya binatang yang mati dalam waktu yang bersamaan, serta binatang kurus yang tampak kurang makan. Kebun binatang ini juga mendapat review jelek bahkan julukan Zoo of Death, saking banyaknya hewan yang mati di sana.

PR besar bagaimana caranya agar pelayanan hewan lebih baik lagi

Dengan banyaknya kejadian hewan yang terlantar dan tidak terurus di atas, maka menjadi PR yang besar juga untuk staf kebun binatang bagaimana menyelesaikan masalah ini.

Potret Bonbin tak layak huni [sumber gambar]
Belum lagi, adanya kelakuan yang kurang pantas –seperti korupsi dari para petugas atau penjaga, juga merupakan hal yang harus diminimalisir. Walau bagaimanapun binatang juga punya hak untuk hidup layak, seperti manusia.

BACA JUGA: 5 Kebun Binatang Terburuk di Dunia Ini Berjuluk ‘Zoo of Death’, Indonesia No. 1

Semoga saja ke depannya kebun binatang di Indonesia bisa memberikan layanan yang lebih baik, entah itu kepada pengunjung apalagi kepada binatang yang tinggal di sana. Sehingga, kebun binatang menjadi wisata edukasi dan hiburan, bukan malah membuat yang melihat sedih dan miris.