in

8 Kebiasaan Anak Muda yang Bikin Sholat Seperti Kehilangan Ruhnya

“Nggak apa-apalah sholat ala kadarnya dari pada nggak dikerjain,” kalimat ini seringnya muncul ketika seseorang diingatkan masalah kesempurnaan sholat. Yup, sholat bukan hanya tentang gerakan dan bacaan, tapi juga tata cara pelaksanaannya yang harus diperhatikan. Anak muda, biasanya paling susah diingatkan masalah beginian. Padahal penting tuh agar sholat bisa diterima.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Baik di Arab yang Bikin Merinding

Sholat nggak memberatkan kok, sesuai dengan kemampuan. Sayangnya, biasanya anak-anak muda justru menyepelekan anggapan ini. Alhasil, sholat hanya seperti ibadah yang asal rampung ya sudah. Sehingga seperti kehilangan inti atau ruhnya. Tahu kah kamu kenapa perasaan masih belum tenang juga setelah sholat? Ini bisa jadi karena melakukan sholat ala kadarnya dan tidak mengemasnya dengan baik.

Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan anak muda dan bikin sholat seperti kurang sempurna.

1. Wudhu Asal-Asalan yang Penting Kena Air

Wudhu adalah hal pertama yang dilakukan sebelum sholat dan keberadaannya sangat penting. Wudhu yang baik, jadi awal diterimanya sholat. Begitu pula sebaiknya. Nah, kebanyakan nih anak-anak muda selalu menyepelekan hal ini.

Sempurnanya sholat tergantung bagaimana dengan wudhunya [Image Source]
Sempurnanya sholat tergantung bagaimana dengan wudhunya [Image Source]
Wudhu itu ada caranya, berurutan dari atas sampai bawah. Selain berurutan, teknik membasuhnya juga tidak asal kena air saja tapi juga dengan usapan-usapan. Sayangnya, kebanyakan dari mereka selalu terburu-buru yang penting basah. Kalau wudhunya saja sudah nggak bener ya jangan berharap sholat bisa sempurna, lebih-lebih diterima.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

S.K. Trimurti, Sederet Fakta Tentang Legenda Jurnalis Indonesia

Mengenang Kembali 5 Gerakan Pemberontakan di Indonesia yang Paling Membahayakan