in

Wajib Tahu! 6 Kebiasaan Buruk Pengendara Motor Wanita Ini Bisa Bikin Nyawa Melayang Sia-sia

Rok lebar yang bisa tersangkut di ban [Sumber Gambar]

Di jalan, kita pasti melihat berbagai macam orang berkendara dengan gayanya masing-masing. Khususnya para wanita yang paling banyak mengeluarkan ciri khasnya. Beragam cara yang mereka lakukan, terkadang membuat pengendara lain senyum-senyum sendiri. Sebab, sampai saat ini banyak orang yang tidak tahu menahu kenapa mereka melakukan hal yang agak aneh itu ketika berkendara.

Masalahnya, kebiasaan berkendara para wanita ini kalau diperhatikan lebih detail bisa membuat bahaya lho Sahabat Boom. Bahayanya tidak hanya untuk diri sendiri saja, tapi juga pengendara lain. Apa kalian bisa menebak kebiasaan buruk mana yang kerap kali dipakai wanita saat berkemudi sepeda motor?

1. Suka memakai sepatu hak tinggi saat berkendara sepeda motor

Melihat para wanita memakai sepatu hak tinggi saat berkendara sepeda motor itu bukan hal yang asing lagi. Pasti kita berpikir kalau mereka memakai sepatu tersebut karena ingin berangkat kerja atau ada keperluan penting lain yang mengharuskan menggunakan alas kaki tersebut. Selain itu, mungkin karena mereka sudah terbiasa memakai sepatu hak tinggi. Tapi, apa kalian tahu kalau sebenarnya memakai salah satu alas kaki tersebut bisa mengurangi keamanan penggunanya.

Memakai sepatu hal tinggi bisa kurangi keseimbangan [Sumber Gambar]
Sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu Ketua Divisi Keanggotaan dan Tata Tertib Club Indonesia, Lita Mayasari, mengatakan hal tersebut kurang aman bagi pengendara sendiri. Karena, menggunakan sepatu hak tinggi bisa mengurangi keseimbangan pengendara saat kaki berada di tanah. Kalau keseimbangan sudah tidak bisa dikontrol, maka pemakai sepatu tersebut bisa terjatuh.

2. Menggunakan jaket terbalik ketika mengemudi

Satu lagi fenomena yang sering kita lihat di jalanan adalah wanita menggunakan jaket secara terbalik. Maksudnya adalah bagian resleting atau kancing jaket berada di belakang tubuh. Biasanya, alasan yang digunakan mereka ketika memakai jaket dengan cara seperti itu adalah supaya bagian depan badan tidak dimasuki oleh angin. Ya, kalau dipikir-pikir memang benar juga agar tubuh kita tak dimasuki angin yang bisa membahayakan kesehatan.

Pakai jaket terbalik membuat tangan tidak leluasa bergerak [Sumber Gambar]

Namun, sebenarnya hal itu bisa membahayakan kita lho Sahabat Boom. Karena, memakai jaket dengan model seperti itu bisa membuat tangan kita tidak bisa leluasa dalam bergerak. Selain itu, bagian depan jaket yang dibiarkan terbuka bisa berkibar mengikuti arah angin dan membuat ia tersangkut di kendaraan lain. Kalau sudah begitu, bisa berakibat kecelakaan. Ngeri kan?

3. Pegang setang motor dengan posisi bisep

Pernah melihat perempuan berkendara dengan memegang setang dari bawah? Ya, saat ini para lady biker suka sekali dengan gaya memegang setang seperti itu. Entah apa tujuannya mereka mengendarai motor dengan cara yang agak unik tersebut. Biasanya, mereka hanya ikut-ikutan tren saja tanpa tau apa maksud dari semua itu.

Memegang setang dari bawah akan lebih cepat capek [Sumber Gambar]
Padahal nih, memegang kemudi dengan cara seperti itu tidak ada untungnya sama sekali. Malah, hal tersebut bisa membuat tangan lebih capek saat berkemudi. Selain itu, para pengendara akan lebih susah dengan menarik gas secara maksimal. Jadi, apa para cewek-cewek masih mau untuk berkendara dengan model seperti ini?

4. Duduk menyamping saat dibonceng

Kegiatan duduk menyamping pada saat dibonceng sepeda motor itu sudah banyak kita lihat di kehidupan sehari-hari. Para wanita beralasan melakukan hal tersebut karena ia memakai rok, sehingga tidak pantas jika mereka harus duduk seperti biasa. Selain itu, alasan lainnya adalah lebih mudah turun dari motor ketika duduk menyamping. Hal tersebut memang ada benarnya kalau dipikir secara logika. Namun, dengan berlandaskan keamanan, fenomena tersebut sangat tidak boleh untuk diterapkan.

Duduk menyamping bisa mengurangi yang keseimbangan motor [Sumber Gambar]
Sebab, dengan duduk menyamping akan membuat motor terkurangi keseimbangannya. Sehingga, hal ini bisa menimbulkan bahaya untuk para pengemudinya. Selain itu, alasan lainnya adalah kaki pembonceng yang cenderung agak keluar dari motor juga bisa membahayakan pengguna jalan lain.

5. Pakai rok lebar yang bisa membahayakan diri sendiri

Ada lagi kebiasaan buruk para wanita yang sering sekali kita lihat di jalan raya. Itu adalah pemakaian rok yang sangat lebar hingga menjuntai ke bawah. Mungkin beberapa orang yang melihatnya hanya biasa saja, namun ketika kita berpikir tentang keamanannya, peristiwa tersebut sangat membahayakan bagi penggunanya. Namun, sayangnya fenomena itu masih dianggap hal yang sepele bagi banyak orang.

Rok lebar yang bisa tersangkut di ban [Sumber Gambar]
Padahal, sampai saat ini sudah banyak kecelakaan yang disebabkan karena pemakaian rok lebar tersebut. Bahkan, ada juga yang terluka parah gara-gara roknya tersangkut di ban. Oleh sebab itu, mulai saat ini bagi wanita yang suka memakai rok lebar alangkah lebih baik jangan menggunakan motor. Atau bisa juga dengan memakai celana saja untuk lebih amannya.

6. Penggunaan helm yang tidak aman sama sekali

Mungkin peristiwa yang satu ini hampir semua pengendara pernah melakukannya. Fenomena yang dimaksud adalah penggunaan helm. Pemakaian benda pelindung kepala saat ini masih diremehkan oleh beberapa orang. Karena, banyak di antara pengguna jalan yang menganggap helm hanyalah sebatas benda penghalang dari tilangan polisi.

Helm tidak dipakai dengan benar [Sumber Gambar]
Helm yang digunakan secara tidak benar biasanya dilakukan oleh pengendara wanita. Mereka memakai helm tidak benar-benar pas di kepala. Sebab, para wanita ini tidak mau jika tatanan rambut atau jilbab yang ia kenakan rusak hanya gara-gara helm semata. Padahal, kebiasaan tersebut sangat tidak boleh untuk dilakukan karena helm akan lebih mudah untuk terlepas. Jadi, masih mau pilih keselamatan atau penampilan nih?

Kebiasaan-kebiasaan di atas harus dihilangkan mulai dari sekarang ya Sahabat Boom. Jangan sampai kita bertindak seperti itu hanya karena mengikuti tren atau demi penampilan saja. Utamakan keselamatan dan harus tetap waspada di jalan raya ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Gak Mau Kalah dengan Truk, Inilah 10 Tulisan Nyeleneh di Belakang Pick Up yang juga Kocak

“Lupa-lupa Ingat” dengan Kuburan Band, Ternyata Begini Kabar Mereka Sekarang