in

Ramadan Tahun Ini Beda, 4 Kebaikan Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Sesama

Kebaikan bisa dilakukan dengan cara apapun dan di manapun, termasuk di saat bulan suci ini yang mana kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Menjalani bulan Ramadan saat pandemi memang unik, nggak hanya puasa wajib tapi juga kegiatan ibadah yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu masih bisa ke mana-mana untuk ngabuburit, tahun ini harus menjalani puasa di rumah dari melek sampai nanti merem lagi.

Nggak hanya kegiatan ibadah yang terdampak saat ini, banyak aspek ekonomi dan sosial juga mulai terganggu. Banyak teman-teman kita yang terpaksa juga nggak ketemu keluarga di kampung halaman karena tak bisa mudik, sampai yang terpaksa kehilangan pekerjaan sementara. Nah, tentang berbuat baik saat ramadan dan pandemi, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Membuat masker kain

Ternyata caranya nggak ribet kok! [sumber gambar]
Agar pandemi nggak bertambah luas banyak cara yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan masker. Sayangnya, masih banyak orang di sekitar kita yang belum bisa membeli masker sendiri. Untuk mengisi banyak waktu luang, kamu bisa belajar membuat masker kain sederhana lalu bisa kamu donasikan pada yang membutuhkan.

Galang dana untuk disumbangkan

Sisihkan sebagian uang jajan yuk [sumber gambar]

Selain kesehatan yang terdampak, roda ekonomi juga ikutan macet, apalagi para pekerja yang nggak bisa kerja di rumah. Oleh karena itu lebih bijak kita menggunakan uang yang kita miliki agar berguna bagi sesama. Bikin penggalangan dana bisa jadi jalan, uang yang terkumpul bisa dijadikan bahan sembako kemudian dibagikan.

Bantu promo usaha teman

Kamu bisa bantu share di sosial media, gratis kok! [sumber gambar]
Jika bantuan dana untukmu terlalu berat, tenang aja! Masih ada acara mudah untuk membantu teman yang punya usaha agar roda perekonomian terus berputar. Cukup modal re-share di Instagram Stories atau retweet dan like dagangan mereka, kamu udah sangat membantu lho dengan menebar kabar baik!

Membuka dapur umum untuk yang membutuhkan

Apakah daerahmu melakukan hal yang sama? [sumber gambar]
Masa pandemi tentu akan jadi lebih berat bagi mereka yang tidak punya atap dia tas kepala, jangankan pekerjaan, untuk sekedar makan pun masih banyak yang kesulitan. Oleh karena itu jika ada kesempatan dan dana, coba buka dapur umum aja! Dijamin kamu akan banyak membantu mereka yang kelaparan, ide yang sederhana tapi punya dampak yang besar.

BACA JUGA: 4 Hal Sepele Tapi Berpahala Besar Dilakukan Saat Ramadan

Kalau kamu belum mampu melakukan apa yang ada diatas, nggak masalah kok! Cukup tahan dirimu untuk tidak ikutan panik dalam menyebarkan berita baru terkait pandemi di social media. Dengan tidak memperkeruh suasana yang udah kacau, membantu banget lho! Menurutmu apalagi nih yang bisa kita lakukan untuk berbuat baik selama Ramadan?

Written by Fany

Leave a Reply

Foto-foto Baju Couple Keluarga Saat Lebaran yang Bisa Jadi Inspirasimu

Ini Loh Alasan Mengapa Beberapa Marga di Indonesia Punya Kedudukan Penting dalam Masyarakat