in

Dapat Mainan dan Air Bersih, Ekspresi Anak-anak di Afrika Ini Asli Bikin Terenyuh

Afrika, salah satu benua eksotis terbesar kedua di dunia yang punya beragam budaya, etnis, agama, serta bahasa yang berbeda. Benua ini pun dikenal sebagai salah satu tempat yang punya banyak potensi kekayaan alam, dihuni oleh suku yang unik, padang pasir yang luas membentang, serta flora dan fauna berbagai jenis.

Namun, mirisnya, Afrika masuk dalam jajaran benua miskin. Di mana kita mengenal banyak penduduk yang hidup kekurangan dan hidup dalam keadaan yang tidak layak. Busung lapar di mana-mana. Belum lagi, konflik dan perang yang berkepanjangan membuat penduduknya semakin menderita.

Jika kita lihat dari sektor teknologi dan pendidikan, benua hitam ini jelas sangat tertinggal sekali. Pendidikan sama sekali tidak ramah untuk anak-anak. Tak heran, mereka putus sekolah dan lebih memilih terjun ke lapangan kerja membantu orangtuanya mengais rezeki. Saat disuruh kembali ke bangku sekolah, mereka juga ogah-ogahan dan tidak terlalu peduli akan pentingnya pendidikan. Di sini, bisa hidup dengan perut kenyang saja sudah alhamdulillah, tak lagi terpikir bagaimana caranya menjadi generasi yang lebih baik ke depan.

Jika mau dibandingkan dengan kondisi Indonesia, kita jauh lebih beruntung dari anak-anak yang tinggal di kebanyakan negara Afrika. Di mana, meskipun pendidikan di Indonesia masih belum merata, setidaknya tidak separah yang diderita oleh para penduduk kulit hitam di sana.

Kebahagiaan bagi mereka ternyata simple sekali. Beberapa waktu lalu, ada beberapa video yang merekam ekspresi bahagia anak-anak yang mendapat sumbangan buku, mainan, balon, serta air bersih. Mereka sangat antusias sekali karena mendapat hal tersebut secara cuma-cuma. Video pertama diunggah oleh akun Twitter @ujidabeoni. Berdurasi 1: 30 detik, video ini memperlihatkan sekumpulan anak yang masing-masing menerima satu buah tas merah berisi buku dan mainan. Respons mereka luar biasa bahagia –mungkin karena selama ini belum pernah melihat semua hadiah tersebut.

Video kedua adalah momen di mana anak-anak tersebut diberikan sebuah balon. Seperti tampak dalam unggahan @HergunYeniBilg, seorang relawan asing tampak meniup balon tersebut, sementara anak-anak sudah menunggu dengan berloncat-loncatan kegirangan. Saat balon kemudian diterbangkan, mereka berlari dan berebut menangkap balon berwarna kuning itu. Padahal, di Indonesia mah balon biasa banget, enggak istimewa sama sekali.

https://www.instagram.com/p/Bxq6e3fnN7B/?utm_source=ig_web_copy_link

Yang terakhir adalah video bagaimana reaksi anak-anak ini karena berhasil mendapat air bersih dari salah satu sumur pompa. Seperti yang kita ketahui bahwa akses air bersih memang susah di beberapa negara, termasuk mungkin beberapa wilayah di Indonesia. Anak-anak di dalam video ini berkumpul untuk melihat air bersih, mereka tampak berebutan untuk mendekat dan menyentuh air tersebut. Duh, benar-benar bikin haru, deh.

BACA JUGA: Miris! Di Negara Ini Anak-Anak Hidup Hanya Sampai Berusia 5 Tahun Saja

Mungkin, fasilitas di atas adalah hal yang biasa saja bagi anak-anak yang tinggal di perkotaan. Namun, bagi mereka yang tinggal di benua eksotis ini, mainan, buku, atau bahkan air bersih sama seperti harta karun berharga. Lihat saja dari ekspresi wajah mereka saat unboxing hadiah-hadiah di video awal, benar-benar membuat kita harus banyak bersyukur.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

10 Potret Ghea, Asisten Rumah Tangga Sule di Ini Talkshow yang Mendadak Banyak Penggemar

Nostalgia Honda GL Max, Kendaraan yang Konon Punya Daya Magnet Kuat untuk Menjerat Wanita