in

Manusia Tau Jika Mereka Sudah Tiada, Berikut Pengakuan Mereka yang Pernah Meninggal

Ilustrasi orang yang meninggal [Sumber gambar]

Ada banyak sekali orang yang takut akan kematian, mungkin kamu adalah salah satunya? Dalam dunia medis, kematian ditandai dengan jantung yang berhenti berdetak, otak yang berhenti bekerja, napas yang tidak lagi berhembus, dan darah juga berhenti mengalir. Orang yang sudah mengalami kematian umumnya tidak akan lagi bisa kembali hidup.

Dalam beberapa kasus, bukan sebuah kemustahilan jika seseorang bisa saja mengalami mati suri. Dalam hal ini mereka telah mengalami fase kematian secara medis, namun bisa hidup kembali seperti orang sehat, hal ini hanya ada 1 dari 10 kejadian alias langka. Tetapi, beberapa tahun yang lalu, sebuah penelitian mengungkap bahwa otak tidak langsung mati saat seorang meninggal, ia masih bekerja. Sebenarnya apa ya yang terjadi pada tubuh saat kita meninggal? Kalau penasaran, simak deh penjelasannya!

Orang meninggal sadar jika mereka sudah meninggal

Dilansir dari intisari.grid.id, dalam sebuah penelitian di NYU Langone School of Medicine di New York City, Dr Sam Parnia mengatakan bahwa orang yang sudah meninggal sebenarnya sadar bahwa mereka sudah tidak lagi kembali ke dunia nyata. Bahkan, mereka bisa mendengar semua percakapan yang ada di sekitar mereka.

Ilustrasi orang yang meninggal [Sumber gambar]
Hal ini dikarenakan otak belum sepenuhnya berhenti bekerja. Akan ada semburan energi yang terjadi sehingga seseorang yang mati sejenak akan terjebak dalam tubuh yang mati dengan otak yang masih hidup (layaknya  seorang bermimpi).

Sel akan mati secara perlahan-lahan

Peneliti lain, Peter Noble, dosen mikrobiologi di University of Washington memaparkan bahwa ketika meninggal sel-sel tubuh akan ikut mati secara perlahan. Hal ini terangkum dalam jurnal Open Biology yang terbit pada tahun 2017. Penelitian ini menggunakan sampel berupa Ikan, Zebra, dan Tikus yang sudah mati untuk kemudian diteliti sel-selnya.

Sel akan mati secara perlahan [Sumber gambar]
Hasilnya sungguh mengejutkan karena sebanyak sebanyak 1.063 gen masih hidup –bahkan ada yang sampai empat hari. Hal ini mungkin juga bisa terjadi kepada manusia, di mana sel-sel akan mati secara bertahap dalam tenggang waktu berbeda-beda.

Penuturan seorang yang pernah kembali dari kematian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ada orang yang beruntung mendapat kesempatan kedua untuk hidup, yaitu mereka yang mengalami mati suri. Secara ilmiah mati suri ini berarti aktivitas jantung boleh jadi berhenti, sedangkan sel, otak, serta aktivitas organ lain masih bekerja dengan baik namun sangat minim. Sedangkan secara psikologi, mati suri merupakan titik balik di mana psikologis seseorang direset total jadi nol.

Dilansir dari health.detik.com, Mereka yang mati suri akan mengalami pengalaman di alam lain, melihat cahaya putih, serta menjadi pembelajaran yang membuat orang kapok mengulangi perbuatan di masa lalu. Hal inilah yang membuat banyak orang tobat setelah mengalami mati suri.

BACA JUGA: 10 Pengalaman Mati Suri Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah

Mati memang rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan, namun tak ada salahnya kita mengetahui apa yang akan kita alami kelak setelah pergi selamanya dari alam dunia. Secara spiritual, seseorang yang mati kelak akan diajak mempertanggungjawabkan semua perbuatannya selama hidup. Baru setelahnya diputuskan akan dimasukkan ke surga atau neraka.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Saking Bening dan Awet Muda, 10 Selebriti Ini Sering Disebut sebagai Kakak dari Anaknya!

Versi Sholawat Hingga Dangdut Koplo, Ini 4 Lagu ‘Hey Tayo’ Kreasi Netizen Indonesia