Di jalan raya pasti ada saja gangguannya. Salah satunya adalah ranjau paku yang bikin para pengendara kesal sendiri. Ya, bagaimana tidak, selain bisa membuat ban menjadi rusak, ranjau paku juga bikin uang pengendara terkuras habis. Rencana untuk hemat uang pun sirna seketika lantaran harus menyembuhkan si kaki dari kendaraan ini.

Dari sini, kita harus tahu nih di mana tempat yang rawan dipenuhi oleh ranjau paku. Bukan menyebutkan daerahnya kok, melainkan ciri tempat yang kerap disebar dengan ranjau satu ini. Mau tahu apa saja, cek ulasan di bawah ini.

Jalanan yang mengalami kerusakan

Jalan yang rusak [Sumber Gambar]
Salah satu tempat yang kerap disebar ranjau paku adalah jalanan rusak. Mengapa begitu? Alasannya karena paku tidak akan mudah terlihat di jalanan yang rusak ini gengs. Kemudian, alasan lainnya adalah ban akan lebih gampang terkena ranjau di jalanan rusak. Disebabkan kendaraan yang berada di jalan rusak kemungkinan besar pergerakannya tidak beraturan. Jadi, enggak heran kalau oknum-oknum nakal bakal memilih kawasan ini sebagai tempat untuk menebar ranjau paku.

Jalan yang terdapat kubangan air

Kubangan air [Sumber Gambar]
Tempat kedua yang juga sering ditebar jebakan ini adalah jalan dengan kubangan air. Alasannya sama kok dengan poin sebelumnya. Adalah supaya tidak terlihat oleh si pengendara dan beberapa pengguna jalan lebih suka menerobos kubangan air ini. Sehingga, kalau Sahabat Boombastis menemui kubangan penuh air di jalan, lebih baik dihindari deh. Jangan asal terobos, siapa tahu ada jebakan batman di sana.

Polisi tidur yang ternyata juga jadi tempat penebaran ranjau

Polisi tidur [Sumber Gambar]
Selain dua di atas, ada lagi lho tempat yang dijadikan target penebaran paku. Adalah polisi tidur. Yup, alat pembatas kecepatan di jalan ini ternyata jadi target juga dikarenakan banyak orang yang melaluinya. Lalu, pergerakan roda yang kurang stabil saat melintasi polisi tidur, membuat ban lebih mudah terkena ranjau paku. Jadi, untuk menghindarinya, kalian hanya perlu berkendara dengan kecepatan pelan saat melalui polisi tidur. Kemudian, lewatlah bagian jalan yang terlihat bersih dan paling sering dilalui roda kendaraan.

Tepian jalan yang tak luput dari penyebaran ranjau

Tepian jalan [Sumber Gambar]
Sahabat Boombastis lebih baik berhati-hati ketika melewati tepi jalan. Disebabkan tepi jalan juga bisa menjadi sarang dari ranjau paku. Biasanya. ini dilakukan oleh para penambal ban nakal yang ingin mengais keuntungan dengan cara licik. Mereka menebarkan ranjau di tepian jalan, khususnya di tempat yang banyak kerikilnya.

BACA JUGA : Pantau 5 Trik Ampuh untuk Hindari Ganasnya Ranjau Paku di Jalan Raya

Itulah tempat-tempat yang kerap ditebar ranjau paku oleh oknum-oknum nakal. Sehingga waspadalah ketika kalian melewati kawasan-kawasan di atas ya. Dengan cara mengurangi kecepatan dan juga mencari tahu tempat-tempat mana di daerah kalian yang rawan disebar oleh jebakan batman ini.