in

5 Kasus Salah Bendera yang Pernah Terjadi Saat Pelaksanaan Event Olahraga Dunia

Belum lama ini, netizen dihebohkan dengan insiden salah bendera di ajang pesat olahraga. Kali ini, Malaysia yang menjadi korbannya dalam kejuaraan basket nasional yang diselenggarakan di dalam negeri mereka sendiri. Asosiasi Bola Basket Malaysia Senin lalu salah memajang foto bendera nasional Malaysia dalam pembukaan Kejuaraan MABA Milo Lum Mun Chak.

Sayang, foto bendera ini bukan bendera Malaysia. Seharusnya, bendera bernama Jalur Gemilang ini  berlambang bulan sabit dan bintang 14 sudut. Namun, yang dipasang malah bulan sabit dan bintang 5. Hal ini membuat Mepora Malaysia, Syed Saddiq marah besar. Ia mengatakan tak terima bendera salah di negeri sendiri. Padahal yang bikin kan warga negaranya sendiri ya?

Bukan sekali ini saja kok, kesalahan bendera ini pernah terjadi di beberapa ajang oleharaga dunia. Bahkan, Indonesia juga pernah menjadi salah satu korbannya.

SEA Games 2017, Mepora Indonesia sampai ngamuk

Pada SEA Games 2017 lalu, Malaysia menjadi tuan rumah. Segala persiapan ini sebenarnya telah dilaksanakan sejak 2015, jadi menjadi hal yang aneh kalau ada beberapa hal yang luput dari persiapan panitia. Sayangnya, pada saat buku panduan dibagikan, netizen Indonesia meradang dan merespon keras kepada Malaysia.

Benda Indo terbalik SEA Games 2017 [sumber gambar]
Bendera Indonesia dalam buku tersebut dipasang terbalik –yang artinya bukan bendera Indonesia tetapi Polandia. Tagar #ShameOnYouMalaysia yang kemudian menjadi trending topic. Imam Nahrawi—yang saat itu menjabat sebagai Menpora Insonesia pun tampak protes tak terima. Yaiya dong, lambang negara itu adalah hal yang krusial~

Pesertanya dari Korea Utara, tapi benderanya Korea Selatan?

Yap, hal ini juga pernah terjadi saat Olimpiade olahraga tahun 2012 yang digelar di London. Saat itu masih dalam acara seremoni, di mana peserta tim sepak bola putri Korut akan melawan Kolumbia. Saat papan elektronik yang mempertontonkan daftar pemain dari Korut, bendera yang ada di samping foto peserta malah bendera Korea Selatan.

Bendera Korsel untuk peserta Korut [sumber gambar]

Hal ini tentu saja membuat para peserta murka dan marah, mereka meninggalkan lapangan dan tak mau melanjutkan pertandingan. Pertandingan juga harus diundur satu jam dan baru bisa dilangsungkan saat panitia meminta maaf dan memperbaiki kesalahan teknis.

Bendera China dengan bintang yang salah

Kejadian selanjutnya adalah Olimpiade Rio de Janiero 2016 yang digelar di Brazil. Pada saat itu, dua atlet China keluar sebagai pemenang perak dan perunggu di cabang olahraga menembak putri kelas 10 meter. Sementara medali emas dimenangkan oleh kontingen dari Amerika Serikat. Namun, kemenangan ini malah berujung amarah, karena saat bendera dipasang mengapit bendera Amerika, ada yang janggal pada bintangnya. Sekilas memang mirip, namun kalau dilihat secara teliti lambang tersebut tidak sama dengan bendera resmi China.

Kaki bintang di bendera China yang salah [sumber gambar]
Dalam bendera China terdapat satu bintang besar, dengan 4 bintang kecil yang terlihat menjorok ke arah bintang besar. Sedangkan dalam bendera yang dikibarkan ketika itu, kaki bintang kecil terlihat berdiri tegak semuanya. Kesalahan ini malah terulang lagi pada saat pertandingan voli putri (ketika itu China berhasil meraih medali emas). Bayangkan betapa kesalnya kontingen China ini?

Yang ikut piala dunia Nigeria, bendera yang dipasang malah Niger

FYI, negara Niger dan Nigeria ini merupakan dua negara yang berbeda ya. Kejadian salah bendera ini sendiri terjadi pada Piala Dunia 2014. Ketika pembukaan, panitia memilih menampilkan bendera-bendera peserta piala dunia dalam bentuk bola digital. Sayang, pada saat menampilkan bendera Nigeria, yang muncul bukan warna hijau-putih-hijau, malah bendera Niger yang warnanya hijau-putih-oranye.

Melansir kumparan.com, Nigeria merupakan peserta Piala Dunia 2014 yang tergabung di group F yang menduduki posisi 44 FIFA. Sedangkan Niger hanya mencapai peringkat 112 dan gagal lolos ke putaran final. Namun, kesalahan ini tak menimbulkan banyak protes dari peserta Nigeria, sehingga pertandingan bisa berlangsung lancar sampai di akhir babak.

BACA JUGA: 4 Insiden Bendera Merah Putih Terbalik yang Bikin Heboh, Paling Baru Dilakukan Timnas Malaysia

Duh, kalau masalah bendera ini sih memang krusial ya. Salah bendera bisa salah salah negara yang dimaksud –seperti Indonesia dan Polandia. Kesalahan ini tentunya sepenuhnya menjadi tanggungjawab tuan rumah, bukan negara yang menjadi korban salah pasang bendera.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

10 Pesona Karena Vandela, Tunangan Boy William yang Merupakan Anak Konglomerat

Kisah Pilu Suami yang Terancam Hukuman Seumur Hidup Lantaran Membunuh Pemerkosa Istrinya