in

Terkuak Fakta Sebenarnya Tentang Babi Ngepet di Depok

Kejadian babi ngepet di Depok, Jawa Barat akhirnya menemui titik terang. Dan ini tidak seperti yang kamu duga. Tidak, babi yang ditangkap oleh beberapa warga Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan tersebut tidak mendadak berubah wujud menjadi manusia. Dan juga tidak, babi yang disangka hewan jadi-jadian ini bukan pelaku dari hilangnya uang beberapa warga setempat.

Kalau dalam film, akhir kisah viral di Depok ini mungkin bisa saja disebut dengan plot twist. Beberapa orang mungkin sudah menduga, tapi banyak juga yang masih terkejut. Memang seperti apa ending-nya? Simak kumpulan informasi yang sudah Boombastis rangkum berikut ini.

Babi jadi pelaku kasus kehilangan uang?

Fenomena babi ngepet sebenarnya bukan kali pertama terjadi, tapi setiap ada cerita yang muncul pasti menimbulkan kehebohan. Ya sama seperti yang terjadi di Depok kemarin. Beberapa bapak-bapak mengklaim telah menangkap babi ngepet yang diduga sebagai pelaku dari kasus pencurian yang belakangan marak terjadi di daerahnya. Babi tersebut kemudian dikurung dan sempat jadi tontonan warga yang penasaran. Setelah tertangkap oleh warga, ukuran babi ini mengalami penyusutan. Katanya sih ini memang biasa terjadi pada babi ngepet.

Sumber gambar

Lalu, babi bisa berubah menjadi manusia kembali. Hal itu dipercaya bisa terjadi kalau babi ngepet merasa terancam. Tapi, beberapa hari berlalu babi ini tak juga berubah wujud. Sampai akhirnya, babi tersebut dibunuh dan dikuburkan di pemakaman setempat. Sebelumnya, keluarga dari babi ngepet ini sempat diminta untuk datang menjemput, kalau-kalau nanti memang berubah wujud menjadi manusia.

Kronologi penangkapan babi ngepet, harus telanjang dulu

Berawal dari keresahan warga Kelurahan Bedahan yang tak hanya satu dua kehilangan sejumlah uang. Tersebar rumor bahwa pencurian ini mungkin dilakukan oleh tuyul atau babi ngepet. Hingga akhirnya, Senin 26 April 2021 malam, diputuskan untuk mencari dan menangkap babi tersebut. Ada 15 orang yang terlibat, 8 di antaranya tidak mengenakan pakaian sama sekali. Konon ini adalah cara agar bisa melihat wujud gaib babi ngepet atau tuyul.

Sumber gambar

Setelah beberapa saat, salah satu warga yang ikut dalam misi pencarian mengaku melihat seseorang berjubah berubah wujud menjadi babi ngepet. Ia pun menyebutkan ada dua sosok lainnya yang memakai jubah terlihat seperti melakukan ritual. Tak tunggu lama, mereka pun langsung melakukan penangkapan. Setelah sempat lolos, babi tersebut akhirnya bisa tertangkap.

Babi ngepet ternyata hanya korban akal-akalan

Hebohnya kasus babi ngepet ini ternyata juga menarik perhatian pihak berwenang. Polsek Sawangan awalnya memeriksa orang-orang yang selama ini diceritakan melakukan penangkapan babi ngepet. Dari pemeriksaan kemudian diketahui bahwa Adam Ibrahim lah yang menyebut bahwa hilangnya uang beberapa orang di tempat tinggal mereka adalah ulah babi ngepet.

Sumber gambar

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar pada Kamis 29 April 2021 akhirnya memastikan bahwa babi ngepet yang viral tersebut adalah hoaks. Dan pelakunya adalah Adam Ibrahim, ustadz yang videonya juga ikut viral. Adam disebutkan bahkan membeli babi tersebut secara online di komunitas kucing di kotanya. Jadi, cerita bahwa ada yang melihat langsung manusia berubah menjadi babi itu juga hanya karangan Adam Ibrahim saja.

Apa motif cerita babi ngepet di Depok ini?

Rentetan kisah viral babi ngepet ini memang mengejutkan dan terdengar sedikit meyakinkan. Apalagi ada saksi mata beberapa orang yang bercerita mereka melihat langsung seseorang berubah menjadi babi. Meski memang tidak ada bukti seperti foto atau video sebagai penguat argumen. Meski begitu, kisah ini viral bahkan sempat juga lho menimbulkan kerumunan warga yang ingin nonton babi ngepet secara langsung. Harus bayar pula, Rp2ribu untuk foto dan seikhlasnya untuk dimasukkan ke kotak amal.

Sumber gambar

Setelah heboh dan viral, bahkan babinya sudah dipenggal dan dikubur ternyata kisah ini hanya akal-akalan saja. Rumor babi ngepet ini direncanakan matang-matang oleh Adam Ibrahim. Dari mulai menebar kabar, membeli babi secara online hingga membuat settingan seakan-akan babi itu muncul dari antah berantah. Motifnya apa ya? Dikutip dari Bisnis.com, Kombes Imran Edwin Siregar menjelaskan “Bahwa saudara Adam Ibrahim telah berbohong dan melakukan penipuan dengan maksud untuk menjadi terkenal dan agar pengikut majelis taklim nya bertambah.”

Di Indonesia, kisah yang berbau mistis atau klenik memang sangat sering ditemui. Seperti cerita viral babi ngepet di Depok ini. Ditambahi bumbu kasus kehilangan uang yang terjadi di daerah tersebut, tentu banyak yang penasaran sehingga membuat kisah ini menjadi viral.

Yah walaupun kisah ini harus berakhir dengan satu ekor babi dibunuh tanpa alasan, seorang ustadz ditahan karena khilaf ingin terkenal, sosok bu Wati yang diusir ramai-ramai oleh warga dan banyak orang yang kadung penasaran ternyata serasa kena prank. 

Written by Alenka

Viral Warung Ambruk Ke Selokan, Netizen : Efek Mokah Bareng

4 Tradisi Sambut Lebaran yang Cuma Ada di Indonesia