in

Tsamara, Gadis Cantik yang Dapat Karangan Bunga dari Ahok Ketika Sang Petahana Banjir Kiriman Kembang

Tsamara Amany [image source]

Memang pantas bila kita sebut bahwa Basuki Tjahja Purnama adalah salah satu tokoh Indonesia yang sangat fenomenal. Selain dikenal dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos, pria ini nampaknya juga sudah berhasil merebut perhatian masyarakat Indonesia dengan gaya kepemimpinan tegas serta bersih. Bahkan meskipun telah dinyatakan kalah dalam perebutan kursi pemilihan gubernur 2017, masih sangat nampak betapa masyarakat Indonesia tak mau kehilangan sosok pemimpin seperti Ahok.

Hal ini tentunya bisa dilihat dari ribuan karangan bunga yang sudah terbentang dari balai kota sampai trotoar Monumen Nasional (Monas). Karangan bunga yang dikirim oleh para pendukung itu sepakat menyuarakan dukungannya pada sosok yang satu ini. Namun ternyata di tengah maraknya warga yang mengirim bunga untuk Ahok, ada seorang gadis cantik yang justru dikirimi bunga oleh sang gubernur, bernama Tsamara Amany.

Tsamara Amany, gadis 20 tahun yang memilih terjun ke dunia politik

Nama Tsamara Amany mungkin sebelumnya masih terdengar asing di telinga banyak orang ya. Namun pasca mendapatkan kiriman karangan bunga dari sang gubernur, pasti gadis ini akan semakin dikenal. Tsamara memang sangat pantas menerima simbol kehormatan dari gubernur Jakarta tersebut karena dia merupakan sosok perempuan muda yang sangat inspiratif. Tahukah kalian bahwa gadis ini telah memutuskan untuk terjun ke dunia politik di usia masih sangat muda, yaitu 20 tahun.

Bunga Tsamara [image source]
Tentu pilihan Tsamara ini sangat jauh berbeda bila dibanding perempuan lain seusianya. Bayangkan saja di kala banyak gadis muda masih sibuk memilih foto terbaik untuk diunggah di media sosial mereka, Tsamara telah berani berbicara politik di depan umum. Tak salah bila dalam karangan bunga kirimannya, Ahok menuliskan kalimat yang cukup menggugah “selamat untuk Tsamara Amany. Harapan saya banyak anak muda yang mengikuti jejaknya di politik.”

Gadis ini tertarik dengan politik sejak masih duduk di bangku sekolah

Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina ini mengaku sangat tertarik dengan dunia politik sejak masih menjadi murid sekolah menengah. Namun saat itu belum ada keinginan dari dalam dirinya untuk benar-benar menekuni bidang yang terkesan sangat maskulin tersebut. Sampai akhirnya pada 2014 ketika Jokowi terpilih sebagai presiden, dia merasa perlu untuknya terjun langsung ke dalam dunia politik.

Tsamara Amany [image source]
Namun terjun langsung di sini bukan berarti menjadi bagian partai politik, melainkan hanya dalam tahap berpolitik melalui dunia maya. Perempuan kelahiran tahun 1996 itu sangat aktif menuangkan pemikiran politiknya pada blog pribadi dan juga beberapa portal online. Sampai akhirnya pada tahun 2016, puteri pasangan Muhammad Abdurrachman dan Nabila Zen ini diundang oleh sang presiden untuk melakukan diskusi di istana bersama blogger lainnya.

Di tahun 2016, gadis cantik ini baru memutuskan keterlibatannya pada politik praktis

Diskusi di istana tidak serta merta kemudian membuat Tsamara membulatkan tekad untuk ambil bagian dalam politik praktis. Namun saat dia menjadi salah satu staf magang gubernur, Basuki Tjahaja Purtana, dia jadi semakin terbiasa dengan segala hal berbau politik. Hingga akhirnya dia berpikir bahwa berteriak melalui tulisan tidak akan memberikan dampak besar bila ingin menyadarkan masyarakat secara luas.

Tsamara saat magang [image source]
“Kita bisa berkontribusi lebih dan tidak hanya teriak-teriak. Ketika masuk ke pemerintah, kita bisa mengubah,” ujar Tsamara. Oleh karena itu kemudian dia memberanikan diri untuk lebih vokal dalam kancah politik dalam negeri. Ada beberapa hal yang Tsamara lakukan saat itu, mulai dari mengikuti diskusi politik, ikut serta kampanya pemilihan gubernur DKI, sampai mendirikan sebuah komunitas politik.

Tsamara ingin mengajak para perempuan untuk peduli terhadap politik

Sosok Tsamara memang bisa dibilang sangat luar biasa. Pasalnya demi menyebarkan pentingnya kesadaran berpolitik anak muda dan perempuan, dia mendirikan sebuah komunitas/LSM bertajuk Perempuan Politik @beranipeduli. Wadah ini ia dirikan karena ingin mengedukasi anak muda, khususnya perempuan agar juga mau terjun di dunia politik. Karena ternyata politik itu sangat bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, tak melulu soal demo dan anarki.

Perempuan politik [image source]
Di pertengahan tahun ini, LSM tersebut memiliki satu program untuk mengirimkan beberapa kader ke daerah-daerah di Indonesia dengan tujuan memberikan pengetahuan politik di kalangan perempuan SMP dan SMA. Selain itu, keterlibatannya di salah satu partai politik ini tidak lain karena ingin memberikan wajah baru di tempat tersebut. Selain itu dia juga ingin memberikan semangat anti korupsi pada partainya tersebut.

Tsamara Amany Alatas memang merupakan sosok perempuan yang patut ditiru. Di usianya yang masih sangat muda, dia sudah tergerak untuk memotivasi gadis-gadis lain di Indonesia agar lebih peduli terhadap situasi politik negaranya. Berawal dari tulisannya mengenai dunia politik saat ini sang Tsamara sudah berani untuk berbicara. Pantas saja seorang Basuki Tjahja Purnama menyempatkan diri memberi karangan bunga selamat untuknya, karena prestasi Tsamara memang patut diacungi jempol.

Written by Faradina

Leave a Reply

Bukan Hanya Cantik, 5 Kota di Indonesia Ini Dikenal Sebagai Penghasil Para Wanita Solehah, Jomblo Wajib Tahu!

Kisah Ngenes Muntaj Ansari, Pria yang Dicerai Istri Sebelum Resepsi Pernikahan Selesai