in

5  Hal ini Jadi Alasan Penting Kenapa Indonesia Harus Punya Kapal Induk

Tiongkok baru-baru ini mengatakan sedang membangun kapal induk barunya yang konon sudah mencapai tahap desain dan pengerjaan. Memang bukan urusan kita, namun hal ini harus tetap jadi perhatian pemerintah. Terlebih Indonesia sempat mengalami clash kecil dengan Tiongkok masalah Laut China Selatan. Seumpama kapal ini nanti selesai, hal tersebut tentu akan menambah superioritas Tiongkok, dan kemungkinan terburuknya kecil kemungkinan kita bisa menandingi mereka di lautan.

BACA JUGA: 7 Firaun Wanita Paling Cantik ini Pernah Memimpin Mesir dengan Hebat di Masa Lalu

Bukan bermaksud latah, tapi Indonesia sepertinya juga butuh armada raksasa satu ini. Jika Tiongkok saja yang bukan maritim punya kapal induk, kenapa kita tidak? Bahkan Indonesia bisa dibilang lebih membutuhkan kapal induk dibandingkan negara mana pun.

Terlepas dari biaya pengadaannya yang mungkin sangat mahal, keberadaan kapal induk akan berguna banyak bagi negara. Dan berikut adalah alasan-alasan penting kenapa Indonesia harus mempertimbangkan untuk punya kapal satu ini.

1. Indonesia Adalah Negara Maritim

Ibarat petani yang butuh cangkul untuk menanam padi, Indonesia sebagai negara maritim juga butuh tool agar bisa me-maintain negaranya yang berpulau-pulau. Salah satu tool-nya tadi adalah kapal induk. Kenapa harus kapal induk? Negara kita bukanlah kepulauan yang seuplik, melainkan punya wilayah kelautan yang luas. Adanya kapal induk jelas akan memudahkan aparat untuk menjaga wilayah NKRI yang luas.

Kapal induk Tiongkok [Image Source]
Kapal induk Tiongkok [Image Source]
Selama ini, perairan Indonesia sering kecolongan. Entah itu imigran atau para nelayan asing yang dengan kurang ajarnya meraup hasil laut Indonesia. Hal ini lantaran tidak adanya fasilitas yang memadai. Kapal-kapal hanya akan menjangkau daerah kecil saja. Keberadaan kapal Induk akan memudahkan penanganan hal-hal yang semacam itu. Lihat ada penyusup di radar lalu kejar dan tangkap pakai pesawat atau apa pun.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

page

3 Status Facebook Terakhir Sebelum Bunuh Diri Ini Pernah Menggemparkan Indonesia

9 Bocah Bertalenta Super dan Membanggakan dari Indonesia