in

Kampanye Anti Polusi China Ini Menyadarkan Kita Akan Sesuatu di Masa Depan

Polusi di China

Polusi adalah masalah global yang hingga sampai saat ini tidak henti-hentinya dikampanyekan agar bisa ditanggulangi. Tidak hanya berbahaya bagi manusia, tapi lebih luas lagi adalah bagi seluruh kehidupan di muka bumi. Sudah cukup banyak angka jumlah korban yang ditorehkan akibat polusi dan kita pasti tidak mau untuk tetap melanjutkan tren yang buruk ini.

Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan. Selain lewat tindakan langsung juga bisa dengan kampanye. Nah, ada satu cara yang unik sekali dan mungkin bisa menginspirasi anda untuk melakukan hal yang sama. Di China, sebuah perusahaan air purifier yang membuat kampanye unik dengan memanfaatkan media asap yang keluar dari cerobong pabrik dan juga sorotan cahaya.

Hasilnya sangat menarik dengan gambar anak-anak yang tersiksa lantaran polusi dengan berlatar belakang asap itu sendiri. Seperti apa keunikannya? Simak ulasan berikut.

1. Fakta Polusi di China

Bukan rahasia kalau China adalah negara industri tersibuk di Asia. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri di banyak wilayah lengkap dengan asap-asapnya yang bikin sesak nafas. Kasus polusi di negeri tirai bambu tersebut sudah berada di level yang memprihatinkan.

Potret polusi di China [Image Source]
Potret polusi di China [Image Source]
Sangat tidak mengherankan jika sudah cukup banyak korban yang berjatuhan akibat polusi tersebut. Tercatat, sekitar 500 ribuan orang meninggal tiap tahunnya dan kebanyakan dari mereka adalah anak-anak. Kondisi yang miris ini pun membuat beberapa pihak melakukan protes untuk menyadarkan para pelakunya. Termasuk apa yang dilakukan oleh perusahaan bernama Xiao Zhu ini.

2. Kampanye Super Unik

Bernama Breathe Again, proyek ini bertujuan untuk menyadarkan para penduduk betapa polusi begitu sangat membahayakan. Konsep kampanyenya sangat unik di mana mereka menggunakan proyektor besar dengan gambar yang representatif. Gambarnya sendiri berupa anak-anak kecil yang menangis.

Kampanye polusi dengan menggunakan proyektor dan asap pabrik [Image Source]
Kampanye polusi dengan menggunakan proyektor dan asap pabrik [Image Source]

Nah, paling unik adalah media latar belakangnya yang menggunakan asap mengepul dari cerobong asap milik pabrik-pabrik. Sehingga gambar yang tercipta pun sangat epic. Di mana para anak-anak ini menangis dengan asap betulan di belakang mereka.

3. Pesan Moralnya

Sebenarnya gambar proyeksi anak-anak sendiri sudah cukup menggambarkan betapa polusi menyiksa mereka. Namun, agar pesan yang diinginkan makin tersampaikan, Xiao Zhu juga menyertakan sebuah tulisan di akhir kampanyenya. “Clean the air. Let the future breathe again”, tapi ditulis dalam bahasa setempat.

Pesan moral yang ingin disampaikan oleh Xiao Zhu [Image Source]
Pesan moral yang ingin disampaikan oleh Xiao Zhu [Image Source]
Kampanye unik ini pun berhasil menggugah banyak orang akan bahaya polusi. Gambar proyeksinya sendiri cukup besar sehingga bisa dilihat banyak orang. Tujuan Xiao Zhu sendiri memang adalah ingin membuat masyarakat sadar betapa berbahayanya masa masa depan ketika polusi seperti ini tetap terjadi.

4. Tanggapan Masyarakat Beragam

Cara unik ini pun sukses mendapatkan pujian dari masyarakat setempat. Ada yang mengatakan ini adalah ide yang sangat brilian dan nylekit karena menggunakan asap sungguhan. Namun, niat baik tidak selalu mendapat tanggapan yang serupa pula. Ada juga yang memberikan komentar kalau kampanye ini tidak lebih dari sekedar promosi saja. Mengingat Xiao Zhu adalah perusahaan air purifier.

Apa pun tanggapannya, kampanye ini membuat banyak orang sadar [Image Source]
Apa pun tanggapannya, kampanye ini membuat banyak orang sadar [Image Source]
Terlepas dari tanggapan negatif yang ada, kampanye ini sukses membuat banyak orang sadar betapa polusi sangat membahayakan dan butuh dilakukan penanganan yang serius.

Unik dan menarik, cara ini juga bisa ditiru oleh para aktivis kita. Mengingat Indonesia sendiri juga penyumbang polusi global. Apalagi kalau bukan lewat puluhan juta kendaraan motor yang tiap harinya memproduksi asap yang tidak terhitung jumlahnya itu.

China memang suka meniru sesuatu, tapi untuk yang satu ini sepertinya kita yang harus meniru mereka.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

8 Kebiasaan Buruk Yang Sering Kita Lakukan di Bulan Ramadan

Wahana Seluncur Air Paling Tinggi dan Ekstrim di Dunia, Berani Coba?