in

Para Orang Tua Renta Ini Tertipu Saat Berjualan, Tabungan Diambil hingga Dibayar Uang Palsu

Entah kenapa masih saja ada yang tega memanfaatkan kekurangan orang lain demi keuntungan pribadi yang hanya sesaat. Seperti kisah Abad Adah, seorang kakek sepuh yang kesehariannya berjualan es lapis kehilangan uang sebesar Rp 300 ribu simpanannya karena dicuri oleh seseorang.

Kisah yang dibagikan oleh akun Instagram @silihasahsilihasuhsilihasih itu, mengingatkan akan perjuangan lainnya dari mereka yang telah sepuh, namun tetap gigih berjualan. Sayang, upaya keras mereka itu sering dimanfaatkan oleh mereka yang tak punya hati lewat cara-cara kotor untuk mengambil keuntungan. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut ini.

Kakek penjual bensin yang sering ditipu pembeli

Kakek Mistam penjual bensin [sumber gambar]
Kakek Mistam merupakan seorang penyandang tunanetra yang sehari-harinya berjualan bensin eceran di warung sederhana miliknya. Kekurangan secara fisik itu justru dimanfaatkan oleh pembeli berhati iblis yang tega menipu dirinya. Mulai dari membayar uang yang tak sesuai dengan jumlah bensin yang dibeli, hingga meminjam jeriken miliknya namun tak dikembalikan.

Penjual rokok sederhana yang dibayar dengan uang mainan

Kakek Suroso yang dibayar dengan uang palsu [sumber gambar]
Seorang penjual rokok di Kawasan Jalan Juanda Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, sempat viral berberapa waktu lalu lantaran ditipu pembeli dengan uang mainan. Kakek yang diketahui bernama Suroso itu tertipu pembeli yang datang membeli rokok di warungnya dengan uang palsu senilai Rp 400 ribu.

Uang Rp 300 ribu milik Abah Adah raib dicuri orang

https://www.instagram.com/p/CCYTPtEA_uc/?utm_source=ig_embed

Nasib kurang beruntung menimpa seorang penjual es yang bernama Abah Adah. Lewat ungghan akun Instagram @silihasahsilihasuhsilihasih, diceritakan bahwa sang kakek kehilangan uang Rp 300 ribu tabungannya dari hasil penjualan es karena dicuri orang. Padahal, uang tersebut akan digunakan untuk membayar kontrakan.

Pembeli tega dua kali menipu seorang kakek dengan uang palsu

Kebingungan setelah ditipu dengan uang mainan [sumber gambar]
Seorang kakek pedagang buah menjadi korban penipuan pembeli yang tidak bertanggung jawab. Menurut cerita yang diunggah oleh akun Instagram @indopostofficial, kakek tersebut tertipu sebanyak dua kali lewat orang yang sama dengan uang pecahan Rp 50 ribu palsu untuk membeli dagangan, dan uang pecahan Rp 100 ribu yang ditukarkan dengan 2 lembar Rp 50 ribu asli. Total, sang kakek tertipu Rp 150 ribu.

Kakek penjual pisang yang uangnya dirampok sebesar Rp 1,1 juta

Kakek penjual pisang yang dirampok [sumber gambar]
Kisah miris lainnya juga Kakek Suratman, seorang pedagang buah pisang dengan gerobak dorong. Uang sebesar Rp 1,1 juta yang ditabungnya hilang karena dirampok 3 orang pembeli. Saat itu, si kakek diminta untuk bertransaksi di dalam mobil karena pisangnya hendak di beli. Nahas, ia kemudian dirampok hingga kehilangan uang Rp 1,1 juta yang dikantonginya.

BACA JUGA: Hidup Pas-pasan, Kakek 92 Tahun ini Justru Bisa Makmur Karena Kebiasaan Uniknya

Ada perasaan sedih, geram, sekaligus merasa iba saat membaca kisah yang menimpa para kakek di atas. Padahal, mereka berjualan dengan bersusah payah hanya untuk mencukupi hidupnya sehari-hari dengan cara yang halal. Meski dari segi usia tak lagi muda. Semoga ada jalan yang terbaik ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Punya Pohon Pisang? Lakukan Teknik Ini maka Buahnya bakal Lebih Gemuk dan Manis

Adem Panas Hubungan Ashanty dan Keponakan, Begini Ekspresi Istri Anang Lihat Millen Cyrus Sekarang