in

Kakek 63 Tahun Ini Nikahi Gadis 19 Tahun, Ternyata Juragan Tanah dan Kasih Mahar Ratusan Juta

Pernikahan dengan jarak umur terpaut jauh, selalu menjadi sorotan warganet. Biasanya, yang menjadi sorotan adalah hubungan artis atau publik figur. Tapi kali ini ada kisah viral seorang kakek berusia 63 tahun yang menikahi gadis 19 tahun.

Sang kakek ini berasal dari Cirebon, ia menikahi gadis tersebut tidak lama setelah bertemu. Lokasi pertemuan mereka pun terbilang tidak biasa. Siapa sebenarnya kakek tersebut dan kenapa pernikahannya menjadi viral? Simak ulasan berikut ini.

Kakek juragan tanah di Cirebon yang dikenal dermawan

Pernikahan Sondani dan Fia viral. [sumber gambar]
Kakek 63 tahun yang sempat viral karena menikahi gadis 19 tahun tersebut bernama H. Sondani. Ia merupakan seorang juragan tanah yang cukup terpandang di daerahnya, yaitu Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Tepatnya, Sondani berbisnis jual beli tanah sejak 2000-an. Menurut warga di tempat tinggal Sondani, ia dikenal sebagai sosok yang dermawan, rendah hati, dan humoris. Disebutkan bahwa walaupun kondisi ekonomi Sondani mapan, sifat baik tersebut tidak berubah.

Kenal dengan calon istri saat ziarah di Jepara

H. Sondani dan Fia. [Sumber Gambar]
H. Sondani dan Fia. [Sumber Gambar]

Menurut berbagai sumber, istri Sondani meninggal dunia 10 bulan sebelum Sondani menikah dengan gadis 19 tahun bernama Fia Barlanti. Uniknya, Sondani bertemu dengan Fia saat sedang ziarah di Pulau Panjang, Jepara, sebelum puasa 2022. Berdasarkan keterangan Sondani, saat itu Fia terlihat duduk sendiri di tempat ziarah. Kemudian ia menghampiri Fia dan langsung to the point menanyakan status Fia, apakah sudah punya pacar atau belum.

Menikah setelah satu bulan bertemu

Kakek 63 tahun nikahi gadis 19 tahun di Cirebon. [Sumber Gambar]
Kakek 63 tahun nikahi gadis 19 tahun di Cirebon. [Sumber Gambar]
Tidak membutuhkan waktu lama bagi Sondani dan Fia untuk menikah setelah pertama kali bertemu. Sondani mendatangi kediaman Fia usai Hari Raya Idulfitri untuk meminta izin menikahi Fia. Mereka berdua pun melangsungkan pernikahan pada 18 Mei 2022. Video prosesi pernikahan keduanya diunggah di sosial media. Dari situlah awal mula kisah Sondani dan Fia menjadi viral.

Siapkan dana Rp700 juta untuk menikah

Kakek usia 63 tahun di Cirebon nikahi gadis 19 tahun. [Sumber Gambar]
Kakek usia 63 tahun di Cirebon nikahi gadis 19 tahun. [Sumber Gambar]
Bukan cuma perihal usia Sondani dan Fia yang terpaut 44 tahun yang menjadi sorotan warganet. Mahar pernikahan yang diberikan oleh Sondani kepada Fia juga perhatian. Sondani mengaku menyiapkan dana sekitar Rp700 juta untuk menikah. Biaya tersebut untuk acara pernikahan, mahar, dan keperluan lain. Disebutkan bahwa untuk mahar sendiri, Sondani menyiapkan Rp50 juta. Ia juga memberikan mobil dan biaya umroh untuk Fia.

Umroh sekaligus bulan madu

H. Sondani dan Fia saat hendak berangkat umroh. [Sumber Gambar]
H. Sondani dan Fia saat hendak berangkat umroh. [Sumber Gambar]
Dari berbagai sumber, beredar foto Sondani dan Fia berada di bandara dan di dalam pesawat kira-kira pada Juli 2022. Mereka digadang-gadang sedang melakukan umroh sesuai dengan janji Sondani kepada Fia. Konon, perjalanan umroh tersebut dibarengi dengan bulan madu di Madinah.

BACA JUGA: Ada Nenek Menikah dengan Pria 70 Tahun Lebih Muda, Ini 3 Kisah Perempuan Nikahi Berondong

Kisah kakek menikahi gadis muda bukan pertama kali terjadi. Peristiwa ini terjadi di berbagai daerah dan dianggap lumrah. Semoga kehidupan mereka selalu berbahagia.

Written by Galih Hayu

Jadi TKW di Amerika, Misiyah Rani Diperlakukan Seperti Keluarga sampai Digaji Puluhan Juta

Viral Bocah 19 Tahun Nikahi 2 Perempuan, Ternyata Kedua Mempelai Perempuan Masih Sepupuan