in

Sejahterakan UKM, Putera Jokowi Bikin Aplikasi yang Sanggup Angkat Harga Diri Rakyat Kecil

Keberadaan UKM di Indonesia yang semakin menjamur, telah menjadi tulang punggung ekonomi saat bangsa ini terkena badai krisis moneter 1998 silam. Tak hanya menjadi penyelamat finansial negara, para pelaku usaha kecil juga memberikan banyak sumbangsih penting. Terutama menyediakan lapangan kerja dan mengurangi fenomena pengangguran.

Salah satunya yang dilakukan oleh Kaesang Pangarep baru-baru ini. Putera bungsu Presiden Joko Widodo itu, meluncurkan sebuah terobosan teknologi yang dapat membantu bisnis UKM masyarakat agar semakin berkembang. Tak hanya itu, Kaesang ternyata merupakan sosok kreatif dalam berbisnis yang juga aktif di jagat maya. Lewat media sosial, dirinya sering berbagi beragam konten lucu yang sangat menghibur. Seperti apa sosok dirinya? Simak ulasan berikut.

Sosok kreatif yang berjiwa humoris

Dikenal kreatif dan kocak [sumber gambar]
Lahir pada 25, Desember 1994 di Kota Solo, Kaesang Pangarep merupakan anak bungsu dari Presiden Ir. H. Joko Widodo. Ia merupakan sosok yang sangat kreatif dan cukup produktif di dunia maya. Ia kerap membagikan konten-konten lucu melalui akun Twitter, Blog, Youtube, hingga Instagram. Ia juga tak ragu untuk berbalas pesan dengan para followers yang sering berkomentar di akun miliknya.

Lulusan luar negeri yang gemar berbisnis

Lulusan Singapura yang hobi berbsinis [sumber gambar]
Selain dikenal kreatif, Kaesang merupakan lulusan sekolah luar negeri. Tepatnya di Singapura. Mengikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, ia melanjutkan kuliah di Singapore Institute of Management University. Sebelumnya, kaesang merupakan lulusan sekolah menengah Anglo-Chinese School International yang juga berlokasi di negara yang sama. Sejak SMA, Kaesang telah menekuni bisnis clothing yang sayanganya, pernah bangkrut dua kali. Meski begitu, ia tak lantas menyerah.

Kembangkan bisnis kerakyatan melalui teknologi

Bisnis lewat aplikasi yang untungkan rakyat kecil [sumber gambar]
Belajar dari kesalahan di masa lalu, Kaesang mulai berbenah. Ia kini mencoba sebuah bisnis melalui sebuah aplikasi. Sistem penjualan online madhang.id yang dikembangkan oleh Kaesang, bisa menjadi alternatif dalam memasarkan produk skala UKM. Terutama bagi usaha kuliner yang dijalankan oleh ibu rumah tangga. Aplikasi berbasi Android ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pemasaran kuliner lokal yang masih menganut sistem tradisional. Sasarannya adalah para ibu-ibu yang mempunyai masakan untuk dijual kembali kepada konsumen.

Memulai bisnis dengan modal dari youtube

Modal bisnis didapat dari youtube [sumber gambar]
Hingga kini, Kaesang telah menekuni beragam bisnis yang cukup menguntungkan. Diantaranya adalah, usaha di bidang fashion, kuliner dan aplikasi. Yang unik, ia memulai semua bisnisnya tersebut berkat suntikan modal dari Yotube. Berbekal kreativitasnya, ia mendapatkan penghasilan dari konten video populer itu yang dikumpulkannya sedikit demi sedikit. Bersama teman-temannya, ia pun membuka usahanya yaitu Sang javaz X Truz. Berkat bisnisnya itu, Kaesang bisa menyerap tenaga kerja lokal yang berjumlah hingga 200-an orang.

Tak menyerah dalam menjalani hidup

Tak menyerah meski sempat gagal [sumber gambar]
Seperti yang kita tau, Kesang pernah dipolisikan oleh seseorang karena ucapannya pada salah satu vlog miliknya dinilai menyinggung kalangan tertentu. Tak hanya itu, ia juga kerap menemui kegagalan. Terutama pada saat-saat awal mengawali bisnisnya. Namun Kaesang tak menyerah di tengah jalan. Ia kerap meminta saran dari sang kakak dan juga ayahnya, Joko Widodo, sebagai cara mengatasi masalahnya.

Muda dan sukses. Itulah sekilas gambaran dari Kaesang Pangarep. Meski menjadi anak seorang Presiden, ia sama sekali tak ingin membebani sang ayah dan bersikap pesimis saat gagal. Terutama dalam menjalankan bisnisnya. Jangan mau kalah sama empunya kecebong nih Saboom!

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Berkat Beribu Kontroversi, Irish Bella Mampu Miliki Fesyen Items Setara Harga Cicilan Rumah

Tak Selalu Berbuat Onar, 4 Prestasi ‘Kids Zaman Now’ Ini Sangat Membanggakan Indonesia