in

Inilah Kabar Terbaru Militer Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Makin Bangga dengan NKRI

Tentara Indonesia [image source]

Sebagai negara bekas jajahan Jepang dan Belanda, tentu saja Indonesia tak ingin sejarah terulang kembali. Salah satu upaya untuk mencegah penindasan dari negara lain tentu saja dengan menguatkan pertahanan militer di dalam negeri. Hebatnya lagi, hingga saat ini militer Indonesia masuk sebagai salah satu jajaran yang paling kuat di dunia. Dalam sebuah ulasan di Global Fire Power, kita berada di peringkat 14, dan masih jadi yang paling tangguh di Asia Tenggara.

Sebagai warga Indonesia masa kini, sudah selayaknya kita bangga dan bersyukur karena keadaan yang lebih aman. Jika menengok ke belakang, kehidupan para leluhur yang jadi korban penjajahan tentu sangat memprihatinkan. Omong-omong, penasaran nggak sih sama kabar militer Indonesia saat ini? Simak ulasannya.

Jumlah tentara melimpah banget

Tentara Indonesia [image source]
Ada yang bilang kuatnya militer Indonesia juga disesuaikan dengan banyaknya jumlah penduduknya. Ya memang, di Indonesia memiliki total penduduk sekitar 258 juta jiwa. Tapi, coba deh bayangin jika pemerintah nggak serius bentuk militer Indonesia, tentu nggak bakal ada rasa segan bagi negara lain buat main injak-injak lagi. Tapi untung deh, militer Indonesia punya banyak banget anggota terlatih. Setidaknya kita punya 435 ribu personil aktif, dan masih ada juga sekitar 540 ribu personil cadangan. Bukan cuma menang soal kuantitas, perihal kualitas juga jangan ditanya. Negara kita juga punya pasukan elit seperti Kopassus, Satbravo, Denjaka, dan lain sebagainya. Deretan pasukan elit Indonesia juga sudah diakui dunia lho.

Angkatan darat nyeremin banget di mata dunia

Perlengkapan perang angkatan darah Indonesia [image source]

Bukan hanya punya jumlah tentara aktif yang banyak banget, angkatan darat dan perlengkapannya juga nggak bisa dianggap remeh. Seenggaknya, kita punya koleksi 418 tank, 86 peluncur roket, dan masih ada ribuan kendaraan lapis baja lainnya. Seperti yang disinggung sebelumnya, Indonesia saat ini menduduki rangking ke 14 dari 133 negara di dunia. Berada di posisi tersebut termasuk membanggakan, karena nyatanya begitu banyak negara yang selama ini dikenal memiliki kekuatan militer yang kuat, ternyata berada di bawah posisi Indonesia, misalnya saja Taiwan, Israel, Brazil, Iran, Australia dan lain sebagainya.

Pertahanan udaranya bikin negara lain nggak berani main-main

Angkatan udara Indonesia [image source]
Sepertinya, Indonesia patut bangga dengan kekuatan udara yang dimiliki. Pasalnya, jika ditotal saat ini negara kita memiliki sekitar 441 buah alutsista udara. Jumlah tersebut meliputi pesawat tempur, pesawat penyerang, helikopter, dan sebagainya. Lengkapnya alutsista udara yang dimiliki Indonesia bukan berarti berharap adanya perang lho. Balik lagi ke masa lalu, saat bumi pertiwi belum dijaga oleh pasukan-pasukan kuat TNI, nggak berdaya kan kita dijajah bangsa asing? Nggak pengen hal itu terulang lagi, sudah sewajarnya kalau kita punya pasukan yang disegani dunia.

Di laut, Indonesia juga bikin negara lain mengkerut

Angkatan Laut [image source]
Salah satu yang nggak bisa dipandang remeh adalah angkatan laut Indonesia. Saat ini, TNI AL sudah dilengkapi dengan ragam alutsista yang jumlahnya banyak banget. Mencakup 4 kapal selam, 74 kapal patroli, dan juga 12 kapal perang dan masih banyak aset laut lain. Kalau ditotal, setidaknya Indonesia punya sekitar 221 alutsista. Oh, iya, udah tahu belum kalau belakangan ini kapal perang Indonesia makin populer saja di seluruh dunia? Bagusnya lagi, saat ini Indonesia sudah bisa membuat kapal selam sendiri yang spesifikasinya sama dengan Korea Selatan. Wih, makin bangga dong.

Budget militer yang nggak sedikit

ilustrasi anggaran [image source]
Selain punya kekuatan yang unggul, ternyata Indonesia juga menyisihkan anggaran yang nggak sedikit lho untuk militer. Soal budget, setidaknya sudah disiapkan sekitar $6,9 miliar. Jumlah yang disiapkan tersebut tentu saja nggak sedikit. Usut punya usut, ternyata anggaran tersebut merupakan angka tertinggi kedua di Asia Tenggara loh, sementara anggaran tertinggi pertama dipegang oleh Singapura yang menyiapkan dana sebesar $9,4 miliar.

Melihat kekuatan militer Indonesia yang punya kedudukan tinggi di dunia, sudah seharusnya kita merasa bangga. Kuatnya militer kita juga jadi salah satu alasan nggak pernah terjadi perang. Sebab, negara lain pasti mikir seribu kali kalau mau ngusik kehidupan di negara kita. Semoga kedepannya militer Indonesia selalu bikin bangga ya.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

10 Meme ‘Kids Jaman Now’ Ini Dijamin Bakal Bikin Orang Dewasa Ngelus Dada

Lagi, Cendol Diberi Label “Produk Malaysia”, Netizen Indonesia Dibuat Murka