in

5 Jurusan Kuliah Ini Dipercaya Bakal Bisa Bikin Kamu Kaya Mendadak Setelah Lulus

Harta yang kita miliki sejatinya hanyalah pinjaman [Image Source]

Apa sih tujuan kita menuntut ilmu sampai setinggi langit? Tentunya menjadi orang sukses kan? Yak! Memang salah satu cara untuk mencapai kesuksesan adalah dengan mengenyam pendidikan setinggi langit. Berbekal ilmu kita bisa dengan mudah mendapat pekerjaan dan kalau beruntung bisa bekerja sesuai dengan minat.

Namun, nggak semua jurusan di perguruan tinggi menjamin gaji pertama kamu besar. Buat kamu yang sudah duduk di jurusan teknik listrik atau elektro patut berbangga. Jurusan ini merupakan salah satu yang membuatmu menjadi jutawan di langkah pertama kariermu. Lalu jurusan apa lagi?

1. Jurusan Teknik Listrik atau Elektro

Listrik [image source]
Di jurusan ini kamu akan belajar teknik mengaplikasikan listrik untuk kebutuhan masyarakat. Namun teknik listrik atau elektro nggak hanya berkutat di situ saja, kamu juga akan belajar mengenai teknik elektromagnetik, telekomunikasi, komputer, rekayasa sistem, dan kendali. Sebagai pekerja newbie dari jurusan ini, kamu bisa digaji sekitar 43 juta per bulannya.

2. Jurusan Teknik Kimia

Bahan kimia [image source]
Teknik kimia adalah jurusan di mana kamu bisa belajar mengolah barang mentah menjadi sebuah produk atau barang jadi. Proses pengolahan tersebut diusahakan seekonomis mungkin. Pada jurusan ini kamu akan belajar teknik kimia seperti termodinamika teknik kimia, kinetika dan katalis, mekanika fluida, kimia fisika, pengendalian proses, dan masih banyak lagi. Gaji yang diterima oleh lulusan teknik kimia bisa mencapai 46 juta per bulannya.

3. Teknik Penerbangan

Mengecek turbo pesawat [image source]
Jurusan ini berfokus perancangan, pembuatan, uji coba, dan pengujian pesawat terbang dan antariksa. Teknik penerbangan mencetak calon insinyur handal di bidang penerbangan atau kedirgantaraan, bukan pilot. Gaji lulusan teknik penerbangan di awal kariernya bisa mencapai sekitar 43 juta rupiah per bulannya.

4. Teknik Komputer

Hardware komputer [image source]
Teknik komputer merupakan merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan antara teknik listrik dan komputer. Nantinya teknisi komputer akan berkecimpung dengan sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika. Gaji awal yang diterima lulusan teknik komputer bisa mencapai 75 juta per bulannya.

5. Teknik Pertambangan

Bekerja di pertambangan [image source]
Teknik pertambangan merupakan salah satu ilmu teknik yang mempelajari bahan galian atau sumber daya mineral, minyak, gas bumi, dan batu bara serta bagaimana cara mengeksplorasi dan mengeksploitasinya. Memulai karier dari jurusan ini akan membuatmu digaji sebesar 76 juta per bulannya.

Itulah 5 jurusan yang bisa membuatmu kaya seketika setelah lulus kuliah dan bekerja. Namun, pada intinya semua jurusan kuliah sama saja. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menjalani pendidikan dan memanfaatkan ilmu yang didapat setelah lulus dari kuliah. Bisa jadi ada jurusan lain yang gajinya lebih besar dari ke-5 jurusan di atas. Jangan patah arang!

Written by Sastranagari

Leave a Reply

4 Hukuman yang Pantas Diberikan Kepada Para Tukang Bully Biar Mereka Kapok

25 Kelakuan Nyentrik dan Unik Jepang yang Buktiin Kalau Negara itu Emang Paling Absurd