in

Balinesia Hingga Serpihan Surga, Ini Julukan yang Pernah Disematkan Kepada Indonesia

Serpihan Surga [Sumber gambar]

Indonesia terkenal sebagai negara kaya, baik dari segi sumber daya alam, adat istiadat serta budayanya. Tak hanya itu, masyarakat yang ramah membuat Indonesia tambah dikenal dunia. Tak jarang, orang-orang dari negara lain menyematkan banyak sekali julukan untuk mendeskripsikan tanah air kita.

Selama ini mungkin kita hanya tahu kalau negara kita menyandang gelar sebagai negara maritim, negara seribu pulau serta zamrud khatulistiwa. Ternyata ada banyak lagi loh sebutan-sebutan lain di samping nama-nama di atas. Apa saja? Hayu kepoin yuk!

Balinesia karena keberadaan pulau Bali

Pulau Bali [Sumber gambar]
Yap, salah satu destinasi yang paling populer di seluruh penjuru dunia dari Indonesia adalah Pulau Dewata. Bali beberapa kali masuk dalam tempat terindah versi majalah ternama dunia. Apalagi kalau bukan keindahan alam dan kekayaan budaya yang ada di dalamnya. Sebagian turis menyematkan nama tersebut karena tidak mengetahui jika Bali sebenarnya adalah bagian dari Indonesia.

The biggest moslem population

Muslim terbanyak [Sumber gambar]

Ketika ditanya negara mana yang paling banyak populasi muslimnya? Sebagian kamu pasti menjawab Arab Saudi. Hmmm, jawaban tersebut ternyata belum benar, karena pada dasarnya negara kita-lah yang lebih banyak populasi masyarakat muslimnya. Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbesar, yaitu 85% dari sekitar 500 juta jumlah penduduknya.

Negeri seribu candi

Candi Borobudur [Sumber gambar]
Karena ada banyak kerajaan yang pernah menguasai Nusantara, maka mereka juga meninggalkan banyak bangunan bersejarah seperti candi. Indonesia mendapat julukan negeri seribu candi diawali dengan penobatan Candi Borobudur sebagai salah satu dari ke 7 keajaiban dunia. Tak hanya Borobudur saja, Candi Prambanan juga telah masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO, yang dikenal hingga mancanegara.

Our large neighbour to north and nearest Asian neighbour

Indo dan Australia [Sumber gambar]
Nah, julukan ini diberikan oleh tetangga kita, Australia untuk Indonesia. Alasannya karena Indonesia merupakan negara paling dekat secara geografisnya dan paling besar yang tepat berada di sebelah Australia. Sekilas keren juga ya gaes, tapi kepanjangan 😀

Negeri nyiur/kelapa

Indonesia kaya pantai [Sumber gambar]
Seperti yang diketahui bahwa Indonesia memiliki ribuan pulau. Tak heran jika banyak pantai yang menjadi destinasi. Ya, pantai-pantai yang biasanya ditanami nyiur/kelapa di pinggirnya tersebutlah yang membuat Indonesia dijuluki negeri nyiur.

Heaven on earth

Serpihan Surga [Sumber gambar]
Kalau kata para kakek-nenek kita dulu, Indonesia ini adalah potongan surga yang jatuh ke bumi. Makanya, tak heran jika ada ribuan destinasi yang luar biasa cantiknya dan menarik para wisatawan untuk berkunjung. Keindahan bentang alam Indonesia memang tak ada duanya, dari gunung hingga pantai semua bisa ditemukan di negeri ini. Karena hal tersebutlah sebagian orang menyebut Indonesia dengan nama heaven on earth.

Bangga seharusnya kita karena sudah terlahir di Indonesia, negara yang tak hanya Indah tetapi juga kaya. Semoga julukan-julukan di atas bisa menyatukan kita, jika negara ini punya potensi yang besar dan bisa menjadi Macan Asia seperti julukan lain yang juga disematkan untuknya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Malaysia Legalkan Ganja untuk Pengobatan, Indonesia Bisa Tiru Hal Serupa Nih!

4 Pengorbanan Luna Maya Demi Perankan Susanna, Bikin Salut