in

Ingin Produk Lokal Diakui Dunia, Jokowi Rela Endorse 4 Barang Ini

Seperti yang kita tahu, kalau sejak dulu Jokowi suka sekali dengan produk berbau khas Indonesia. Apalagi yang dihasilkan dari tangan anak-anak muda. Contohnya aja seperti Mobil Esemka yang diciptakan oleh murid-murid SMK asal Solo pada beberapa tahun lalu.

Nah, itu kan sewaktu Jokowi masih menjabat sebagai walikota. Kini, semenjak Pak Jokowi menjadi orang nomor satu di Indonesia, beliau juga tetap ingin memajukan produk lokal. Berbagai cara dilakukan supaya produk asal Indonesia bisa diakui oleh dunia.

Pakai jaket ala Dilan yang asli buatan anak Indonesia

Masih ingat dengan Jokowi yang touring menggunakan motor kesayangannya? Ya, pada saat itu, gaya Jokowi menjadi sorotan terutama pada jaket yang dipakainya. Jaket yang dipakainya sih ala Dilan, tapi detailnya cukup unik dan bisa dibilang Indonesia banget lah. Desain bagian depan jaketnya bergambarkan peta Indonesia yang warnanya adalah merah putih.

Pakai jaket denim buatan Indonesia [Sumber Gambar]
Kemudian di bagian belakangnya bertuliskan Indonesia yang di setiap hurufnya memiliki gambar beragam budaya Indonesia. Uniknya lagi, detail jaket denim tersebut dilukis menggunakan tangan. Ternyata, jaket yang digunakan ini berasal dari industri kreatif Tanah Air Never Too Lavish. Maka dari itu, Jokowi bangga touring menggunakan jaket asli buatan anak Indonesia.

Gunakan motor rakitan buatan pemuda Indonesia

Tak hanya jaket, motor yang digunakan Jokowi pada saat touring juga mencuri perhatian. Benar saja, motor nyentrik nan kekinian itu ternyata dimodifikasi oleh Bengkel Elders Garage yang tak lain adalah milik dari muda mudi Indonesia.

Gunakan motor chopper asli Indonesia [Sumber Gambar]

Heret Frasthio, selaku founder Elders Garage tersebut mengaku senang karena motornya dilirik oleh orang nomor satu di Indonesia. Bahkan, motor berjenis Royal Enfield ini dibeli oleh Jokowi, bukan diberikan secara cuma-cuma. Nah, motor ini sampai sekarang menjadi kesayangan Jokowi karena selain modifikasinya cukup keren, kendaraan tersebut merupakan produk asli Indonesia.

Memakai sepatu sneakers lokal di beberapa kesempatan

Di beberapa acara, Jokowi terkadang terlihat menggunakan sepatu yang cenderung santai. Seperti sneakers misalnya. Nah, beberapa waktu lalu, Presiden Indonesia satu ini terlihat menggunakan sepatu yang cukup mengundang perhatian banyak pihak. Usut punya usut, ternyata sepatu sneakers yang ia pakai berasal dari NAH project milik anak bangsa.

Sneakers asli Bandung [Sumber Gambar]
Sepatu yang berwarna hitam ini lumayan sering sekali dipakai di beberapa kesempatan. Sehingga mengundang decak kagum banyak pihak, khususnya NAH project sendiri. Lantaran tidak menyangka sepatu buatannya dapat dicintai sebegitunya oleh Pak Jokowi.

Promosi handphone keluaran lokal

Pada saat acara Pameran Teknologi dan Inovasi di Puspitek Serpong, Tangerang, Jokowi tiba-tiba mengeluarkan sebuah handphone ketika sesi wawancara. Ia mengungkapkan kepada seluruh jurnalis jika ada ponsel asli Indonesia yang bermerek Bolt.

Promosi ponsel lokal [Sumber Gambar]
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini terus mempromosikan ponsel tersebut dengan cara menampilkan antarmukanya terlebih dahulu kemudian menjelaskan segala kelebihannya. Bahkan, pada saat sesi terakhir wawancara, Jokowi menyuruh seluruh jurnalis untuk segera membelinya karena harga terjangkau dan kualitasnya sangat mumpuni.

Presiden Indonesia kita satu ini memang tak pernah gentar untuk mempromosikan produk asal Indonesia. Nah, dari sana, ayah dari Kaesang Pangarep tersebut akhirnya membentuk tim nasional penggunaan produk lokal. Tugasnya ada bermacam-macam, mulai dari memantau produksi hingga promosi barangnya. Ya semoga tim satu ini bisa memajukan merek-merek asli Indonesia sehingga diakui oleh dunia.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Fakta Nashwa Zahira, Pendatang Baru yang Bisa Jadi Saingan Nissa Sabiyan

9 Aksi Bikin Ngakak Emak-emak Saat Dibonceng Ojek Online, Ngelus Dada Lihatnya