Sebuah foto lama yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam sebuah seminar mendadak viral di dunia maya. Gambar tersebut merupakan dokumentasi pribadi dari Mayor Haristanto yang diunggah di laman Facebook pribadinya.

Di dalam foto tersebut, kedua tokoh berpengaruh itu belum menjadi pejabat negara seperti saat ini. Hal ini secara tak langsung mengenang kembali masa-masa lalu. Di mana Jokowi pada saat itu masih aktif mengelola bisnisnya di bidang mebel dan dikenal sebagai pengusaha kayu. Selengkapnya, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Seminar ekonomi yang mempertemukan Jokowi dan Sri Mulyani

Seminar ekonomi yang mempertemukan Jokowi dengan Sri Mulyani [sumber gambar]
Seminar ekonomi yang berlangsung pada tahun 1998 di Solo, Jawa Tengah, itu menjadi sebuah momen bersejarah bagi Joko Widodo dan Sri Mulyani. Pada saat itulah, keduanya bertemu dalam sebuah acara formal. Di mana masing-masing belum menduduki jabatan apa pun dalam negara.

Disponsori oleh Jokowi yang statusnya sebagai pengusaha kayu

Acara yang disponsori oleh Jokowi selaku pengusaha pada saat itu [sumber gambar]
Dalam seminar ekonomi yang diselenggarakan Forum Bisnis (Forbis) Surakarta di Gedung Graha Wisata Niaga Surakarta pada Jumat (14/8/1998), Sri Mulyani diundang sebagai pakar ekonomi dari kalangan akademisi Universitas Indonesia (UI). Sedangkan Jokowi merupakan pengusaha kayu yang mensponsori penyelenggaraan seminar tersebut.

Tujuan seminar yang ingin membangkitkan perekonomian setelah kerusuhan 1998

Suasana pada saat seminar berlangsung [sumber gambar]
Menurut Mayor, seminar ekonomi tersebut diselenggarakan pasca kerusuhan besar yang mengguncang Jakarta. Dirinya yang saat itu mengenal Jokowi, menawarkan ide seminar tersebut dan akhirnya disetujui lewat PPK (Paguyuban Pengrajin Kayu) Bimointernasional. Tujuan dari acara tersebut adalah sebagai upaya untuk membangkitkan kembali perekonomian nasional pasca kerusuhan 1998.

Moderator acara sempat ramalkan Sri Mulyani menjadi seorang presiden

Sri Mulyani bersama peserta seminar [sumber gambar]
Acara yang dimoderatori oleh pengusaha nasional Jaya Suprana itu, sempat meramalkan bahwa Sri Mulyani kelak bakal menjadi seorang presiden. Sebagai seorang pakar ekonomi dari kalangan akademisi, nama Sri Mulyani sangat terkenal pada saat itu. Hal itulah yang membuat diundang ke acara seminar agar memberikan gambaran prospek perekonomian di masa depan, sekaligus memberikan masukan pada para pengusaha di Solo.

Momen bersejarah dari dua tokoh yang kini menjadi pejabat negara

Presiden Joko Widodo dan Menkeu Sri Mulyani [sumber gambar]
Siapa sangka jika momen yang telah berlalu 22 tahun silam itu ternyata terulang kembali pada saat ini. Di mana Jokowi yang saat itu menjadi pengusaha kini terpilih sebagai Presiden RI dua periode. Sedangkan Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) yang dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo. Jika pada 1998 bersua di acara seminar, kini kedua tokoh tersebut menjadi pejabat negara.

BACA JUGA: 5 Hal Positif yang Bisa Diambil dari Kesuksesan Jokowi dari Bisnis Hingga Politik

Dokumentasi foto itu sendiri ditemukan secara tidak sengaja oleh Mayor Hartanto saat tengah membersihkan gudang di rumahnya. Dirinya sendiri pada saat itu merupakan salah satu panitia penyelenggara seminar. Foto-foto lama tersebut kemudian viral setelah diunggah di Facebook pribadinya.