in

Kelamaan Nunggu Pemerintah, Pria Asal Grobogan Ini Bangun Jalan Umum Pakai Uang Pribadi

Jalan raya menjadi akses penting bagi seluruh masyarakat. Tentunya masyarakat menginginkan jalan yang mulus alias tidak rusak. Namun, banyak jalanan di Indonesia yang mulai rusak, baik karena cuaca maupun ulah manusia. Tanggung jawab membangun atau memperbaiki jalanan umum berada di tangan pemerintah.

Namun, bagaimana kalau pemerintah tidak cepat turun tangan memperbaiki jalan? Seorang pengusaha di Grobogan, Jawa Tengah, bernama Joko Suranto memilih gerak cepat membangun jalan umum di kota kelahirannya. Apa tujuan Joko Suranto membangun jalan tersebut? Mengapa tidak menunggu pemerintah? Boombasits.com akan membahas selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Bangun jalan kabupaten di kota kelahiran

Pengecoran jalan umum yang gabungkan 3 desa di Grobogan. [Sumber Gambar]
Pengecoran jalan umum yang gabungkan 3 desa di Grobogan. [Sumber Gambar]
Nama Joko Suranto menjadi viral setelah ia diketahui membangun jalan kabupaten di tanah kelahirannya, Grobogan. Jalan umum tersebut menggabungkan desa tempat ia tinggal dengan 2 desa lainnya. Tepatnya, menghubungkan Desa Telawah, Desa Jetis, dan Desa Nampu. Ketiga desa itu berlokasi di Kecamatan Karangayung. Joko mengeluarkan uang dari kantong pribadinya sebanyak Rp2,8 miliar untuk membangun jalan sepanjang 1,8 kilometer.

Bukan pertama kali perbaiki jalan rusak

Joko Suranto, crazy rich Grobogan, yang bangun jalan umum. [Sumber Gambar]
Joko Suranto, crazy rich Grobogan, yang bangun jalan umum. [Sumber Gambar]

Rupanya, tindakan membangun jalan umum di Grobogan bukan pertama kali dilakukan Joko. Sebelumnya, ia juga membangun jalan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang. Selain membangun jalan, ternyata Joko juga kerap memperbaiki jalan rusak di sejumlah daerah. Bahkan, ia melakukannya setiap tahun. Semua itu menggunakan uang pribadi Joko. Menurut pengakuan Joko, ia melakukannya untuk amal jariah.

Dulu loper koran sekarang pengusaha sukses

Joko yang lahir di Desa Jetis, Kecamatan Karangayun, tersebut merupakan lulusan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jurusan Hukum. Ia dikenal sebagai pengusaha di bidang properti, tepatnya bos dari Buana Kassiti Group. Perusahaan di Bandung itu merupakan holding company atau perusahaan induk dari sejumlah anak perusahaan.

Proses pembangunan jalan yang dibangun Joko Suranto di Grobogan. [Sumber Gambar]
Proses pembangunan jalan yang dibangun Joko Suranto di Grobogan. [Sumber Gambar]
Kesuksesan Joko Suranto tidak datang begitu saja. Dahulum ia bahkan sempat menjalani berbagai profesi seperti loper koran, penjual ayam, potong, usaha furnitur, dan pegawai bank. Joko dipindahtugaskan ke Tasikmalaya yang menjadi cikal bakal bisnis propertinya. Ia mulai menapaki karier sebagai penguasa properti sampai sukses seperti sekarang. Bahkan, ia mendapatkan julukan Crazy Rich Grobogan.

BACA JUGA: Bukan Hanya Merogoh Kocek, Kepala Desa Ini Bahkan Berani Berhutang Demi Bangun Jembatan Desa

Tindakan Joko Suranto patut diapresiasi, karena membantu masyarakat umum mendapatkan akses jalan umum yang layak. Namun, tentunya hal ini juga menjadi peringatan bagi pemerintah untuk gerak cepat memperbaiki fasilitas publik tanpa harus ada hal yang viral terlebih dahulu.

Written by Galih Hayu

Waspada Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran, Kenali Gejalanya dan Jangan Sepelekan

Kecil-Kecil Udah Ganteng Bak Model, Ini 10 Potret Anak Artis yang Keren Abis