in

Jelajah Kota Surabaya Lewat 5 Tempat Tersembunyi Ini

Jalan-jalan ke Surabaya pasti tak lepas dari pusat perbelanjaan alias mall. Cuaca yang panas selalu membuat turis lokal maupun interlokal malas untuk berlama-lama di luar ruangan. Namun, jika dikulik-kulik lagi, banyak sekali tempat tersembunyi di Surabaya untuk kalian menghabiskan waktu, loh!

Tenang saja, bukan tempat-tempat di luar ruangan yang bikin kalian kepanasan, kok. Hidden paradise di Surabaya ini juga belum banyak diketahui orang, sehingga kalian bisa puas menikmati suasana sambil selfie-selfie unyu di sana. Penasaran tempatnya? Cus scroll down ulasan berikut ini.

C2O Library & Collabtive, berasa di perpustakaan sekolah sihir Hogwarts

Pecinta Harry Potter? Kalian pasti ternganga melihat kemegahan sekolah sihir Hogwarts, apalagi aula besar dan perpustakaannya. Eksklusif tapi magis, adalah kata-kata yang pas untuk mendeskripsikannya. Deskripsi tersebut bisa juga kita jumpai di Indonesia, tak jauh-jauh pula, hanya di Surabaya.

C2O Library & Collaborative, Surabaya [sumber gambar]
Terletak di jalan dr. Cipto no 20, tercetuslah nama C2O (seperti C no 20), untuk perpustakaan kecil ini. Tak hanya menjadi perpustakaan, C2O juga sering kali digunakan untuk diskusi dan juga pameran-pameran kecil. Bisa dibilang, enggak jauh beda, lah, dari Tobucil di Bandung. Suntuk? Ke sini saja, daripada ngemall tapi makin suntuk~

Kya Kya, Shanghai-nya Surabaya

Seperti yang telah kita ketahui bersama, populasi etnis Tionghoa terbesar di Indonesia terdapat di kota Surabaya. Tak ayal jika beberapa hari lalu muncul tagar #CrazyRichSurabayans di twitter, karena penduduk kota Surabaya kebanyakan memang etnis Tionghoa. Wajar juga jika banyak Pecinan tersebar di beberapa bagian Surabaya.

Kya Kya, Surabaya [sumber gambar]
Salah satu Pecinan yang terkenal diberi nama Kya Kya. Terletak di Jalan Kembang Jepun, Kya Kya merupakan salah satu tempat yang padat pada zamannya. Meskipun kini tak banyak kios aktif, lampion-lampion dan gerbang dengan dua naganya masih menjadi ciri khas yang mampu membawa kita serasa sedang di Shanghai. Ngedate malam hari di Surabaya, Kya Kya merupakan tempat yang tak boleh terlewat, geng.

Carpentier Kitchen, makan besar di rumah nenek

Berjamurnya café kekinian juga terjadi di Surabaya. Apalagi banyak mahasiswa yang gemar nongkrong, membuat para pebisnis mengambil untung dengan menyediakan tempat gaul di beberapa sudut kota Surabaya. Salah satunya Carpentier Kitchen yang berlokasi di Jalan Untung Suropati no. 83, Surabaya.

Carpentier Kitchen, Surabaya [sumber gambar]
Meski memiliki 9 ribu pengikut di instagram mereka, banyak orang yang akhirnya batal menengok Carpentier Kitchen gara-gara nyasar. Tempatnya yang asri memang membuat banyak orang nyaman berlama-lama di sana. Apalagi, tak hanya menyediakan snack, Carpentier Kitchen juga siap dengan makanan berat yang bakal membuatmu serasa berada di rumah nenek.

Dipo Lokomotif Sidotopo, cocok buatmu yang ingin update feeds instagram

Sebagian besar orang mengira Stasiun Sidotopo hanyalah stasiun mangkrak yang angker. Padahal, jika melihat ke dalam, kalian bakal mendapati spot foto terkeren di Surabaya. Banyak gerbong-gerbong kereta yang sudah tak terpakai yang dikumpulkan di sana.

Dipo Lokomotif Sidotopo, Surabaya [sumber gambar]
Sehingga, bisa digunakan untuk latar belakang kalian berpose. Dijamin bakal bikin followers bertanya “ih, di mana lucu banget.” Meskipun sudah bukan rahasia lagi, terkadang banyak orang yang urung ke sana karena cerita seram yang beredar. Namun, demi feeds keren, apa sih yang enggak?

Petrichor Café & Bistro, baru banget dibuka!

Berbeda dengan Carpentier Kitchen yang menjual makanan berat, Petrichor Café & Bistro menyajikan banyak makanan penutup yang patut dicicipi. Dilihat dari fotonya saja sudah bikin ngiler, bagaimana aslinya? Selain dari segi makanan, Petrichor Café & Bistro memiliki banyak spot untuk foto, loh!

Petrichor Cafe & Bistro, Surabaya [sumber gambar]
Anak IG pasti senang banget, nih, ke sini. Apalagi pendaran neon light bertuliskan “hotter than your ex, better than your next,”—yang berarti lebih kece daripada mantanmu, lebih baik daripada masa depanmu, yang jadi ikon tempat ini. Mari ke Jalan Manyar Kertoadi 93, sebelum tempatnya makin ramai!

Budget habis untuk naik ojek online dari C2O Library & Collaborative ke Petrichor Café & Bistro? Ah, bukan masalah bagi warga luar Surabaya. Banyak penginapan murah di sekitar 5 tempat di atas, loh. Apalagi jika cari di Airy Rooms, dijamin budget kalian liburan di Surabaya bakal masih nyisa, deh.

Airy Rooms Surabaya [sumber gambar]
Airy Rooms merekomendasikan Airy Syariah Gayung Kebonsari Lima 11, Surabaya atau Airy Eco Syariah Gubeng Kertajaya 12, Surabaya yang masih terletak di sekitar Manyar. Dekat kan dari Petrichor Café & Bistro? Setelah seharian berkeliling kota, kalian bisa istirahat di sana, sambil main ke Petrichor Café & Bistro malam harinya. Nyaman dan hemat, kan?

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Dikira Jonatan Christie dan Anthony Ginting, Begini Beda Curhatan Joshua Suherman dan Tanta Ginting

Mirip Kasus Pak Eko, Begini Kondisi Rumah di Jombang yang Terkepung Tembok Tetangga