in

Jejak Karier Irfan Setiaputra, Dirut Baru Garuda yang ‘Dipinang’ Langsung oleh Menteri BUMN

Setelah dicopotnya Ari Askhara karena kasus penyelundupan Harley Davidson, perusahaan penerbangan pelat merah, Garuda Indonesia telah memilih nakhoda baru mereka melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu (22/1/2020) lalu. Dari rapat tersebut muncullah nama Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama.

Sebelumnya memang berhembus kabar burung bahwa Irfan akan menjadi bagian penting dari Garuda Indonesia. Namanya pun bukanlah sosok yang asing dalam BUMN. Lalu, siapa Irfan Setiaputra ini, bagaimana sepak terjangnya sebelum menjadi Dirut Garuda? Simak sampai habis dalam ulasan Boombastis.com berikut ya!

Menjadi bos di berbagai perusahaan ternama

Irfan Setiaputra [sumber gambar]
Irfan Setiaputra merupakan lulusan S-1 Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB). Sejak dirinya lulus, karier Irfan di dunia bisnis pun terbilang sangat bagus. Ia pernah menjadi Managing Director di beberapa perusahaan ternama, seperti IBM, LinkNet, dan Cisco. Di tahun 2000, Irfan pernah mendapatkan penghargaan IBM STAR of the STARS Award, IBM Professional Achievement Award, dan Best CEO versi majalah SWA.

Menjadi Dirut di PT. INTI yang dikelola oleh BUMN

Irfan Setiaputra sebagai Dirut baru Garuda [sumber gambar]

Irfan memang bukan orang baru dalam BUMN, ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau INTI pada Maret 2009 setelah dipilih oleh Menteri BUMN saat itu, Sofyan Djalil. Namun, 3 tahun bekerja, Irfan mengajukan surat pengunduran diri pada Juli 2012. Ia merasa gajinya terlalu kecil bahkan jika dibandingkan dari jabatan sebelumnya. Menteri BUMN yang menerima surat pengunduran diri Irfan saat itu adalah Dahlan Iskan.

Berkarier di dunia pertambangan dan investasi

Jejak Karier Irfan Setiaputra [sumber gambar]
Dalam perjalanan karier berikutnya, Irfan kembali ke pangkuan perusahaan swasta dan pernah memimpin PT Titan Mining Indonesia sepanjang Agustus 2012-Juni 2014. Kemudian, ia sempat menjadi CEO PT Cipta Kridatama pada Juli 2014 hingga Mei 2017. Berikutnya, Irfan didapuk sebagai COO ABM Investama Tbk PT (ABMM) pada Mei 2015 hingga Mei 2016, seperti dilansir dari medcom.id. Tidak sampai di situ, Irfan pernah menjadi President Director & CEO Reswara Minergi Hartama pada Mei 2017 hingga Des 2017.

CEO Sigfox Indonesia

Jejak kakrier Irfan Setiaputra [sumber gambar]
Terakhir, Irfan Setiaputra menjabat sebagai CEO Sigfox Indonesia. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pengelola jaringan Internet of Things (IoT) terbesar di dunia. Ia menjabat sejak Februari 2019 lalu, sebelum akhirnya diangkat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia.

BACA JUGA: Kiprah Erick Thohir, Miliarder Indonesia yang Dikenal Lewat Bisnis dan Prestasinya

Meski sekarang sudah resmi terpilih menggantikan Ari Askhara, Irfan sempat merasa pesimis. Bahkan, ia merasa deg-degan saat mengikuti proses penjaringan untuk menjadi direktur utama PT Garuda Indonesia Tbk. Semoga tetap amanah dan bisa membuat Garuda Indonesia lebih baik ya, Pak.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kisah Yenny Wahid, Putri Gus Dur yang Terpilih Menjadi Komisaris Baru Garuda Indonesia

Harta Petinggi KPU Wahyu Setiawan yang Diciduk KPK, Gaji Rp39 Juta Sampai Aset Miliaran