in

5 Jasa Besar Mao Zedong ini Berhasil Membuat Tiongkok Merajai Dunia

Mao Zedong [Image Source]

Layaknya Soekarno bagi kita, begitulah orang-orang Tiongkok memandang sosok bernama Mao Zedong. Pria ini dianggap sebagai kunci titik balik Tiongkok, di mana dulu mereka begitu lemah dan gampang ditindas, perlahan menjadi bangsa besar yang seolah tak terbendung kekuatannya. Mao, orang-orang Tiongkok sangat berterima kasih untuk apa yang sudah dilakukan sosok ini.

Begitu dielu-elukan bukan berarti Mao adalah orang yang sempurna. Tercatat ia pernah melakukan berbagai macam kegilaan yang sadis. Salah satunya yang paling terkenal adalah matinya jutaan orang Tiongkok ketika negeri tirai bambu itu ada di tangannya. Meskipun demikian, jasanya dianggap lebih besar dan penting karena memang berhasil mengubah Tiongkok yang lemah menjadi digjaya.

Ada begitu banyak hal sangar yang dilakukan seorang Mao Zedong kepada Tiongkok dan bikin negara satu itu menggila seperti hari ini. Simak ulasannya berikut.

1. Mao Berperan Aktif Menyudahi Penjajahan Jepang Atas Tiongkok

Penjajahan Jepang atas Tiongkok adalah salah satu kolonialisme paling kejam sepanjang sejarah. Tercatat kala itu Jepang benar-benar melampiaskan kebiadabannya dengan sangat parah. Mereka membunuh orang-orang Tiongkok seperti binatang, dan memperkosa wanita-wanitanya seperti mainan usang. Tak heran, sampai hari ini orang-orang Tiongkok masih menyimpan dendam kesumat meskipun pemerintah Jepang pernah meminta maaf.

Mao Zedong ketika bersama Pasukannya [Image Source]
Mao Zedong ketika bersama Pasukannya [Image Source]
Nah, di masa penjajahan yang mencekam itu, banyak terjadi perlawanan. Salah satunya dilakukan oleh Pasukan Merah yang diprakarsai oleh Mao Zedong. Ketika itu Mao dan tentaranya ini menyusuri daerah-daerah yang dikuasai Jepang. Usaha ini bisa dibilang berhasil, hingga akhirnya di tahun 1945 Jepang benar-benar minggat dari Tiongkok.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Fakta Kegeniusan Nabi Muhammad Saat Perang ini Akan Membuatmu Bangga Jadi Umatnya

5 Sosok Sangar ini Ternyata Punya Latar Belakang Pendidikan yang Ecek-Ecek