in

Biasa Diterapkan, Memberi Minum Kepada Korban Kecelakaan Ternyata Membahayakan Nyawa

Jika ada korban kecelakaan, kemungkinan besar kita akan membantu ketika tak ada halangan. Apalagi saat si korban kecelakaan masih dalam keadaan sadar, tentu kita yang jadi saksi mata mau tidak mau harus menyelamatkannya ke tempat aman. Biasanya, orang-orang yang melihat peristiwa nahas tersebut langsung memberikan bantuan sebisanya. Mulai dari melepas jaket, helm ataupun memberikan minum.

Untuk pemberian minum, biasanya ini dilakukan supaya si korban merasa lebih tenang. Padahal, tindakan yang satu ini cukup berbahaya untuk dilakukan Sahabat Boombastis. Sebab, dilansir dari otomotif.kompas.com, kalau memberikan minum kepada orang yang sehabis mengalami kecelakaan justru menyebabkan si korban tersedak.

Jangan beri minum korban kecelakaan [Sumber Gambar]
Hal ini pun juga dibenarkan oleh Tim dokter dari Trauma Center Rumah Sakit Siloam TB Simatupang. Kalau memberi minum kepada korban kecelakaan, yang terjadi adalah air masuk ke dalam paru-paru. Hal ini dikarenakan detak jantung seseorang yang setelah mengalami kecelakaan akan meningkat drastis dan tidak beraturan. Jadi, bisa disimpulkan kalau memasukkan apa pun ke dalam mulut sang korban, akan semakin membahayakan orang tersebut.

Hubungi petugas medis untuk selamatkan korban [Sumber Gambar]

Memang niat kita adalah untuk menenangkan orang tersebut, akan tetapi tidak semua korban bisa diperlakukan seperti itu. Sebab, kita tidak akan pernah tahu apakah ada cedera di dalam tubuhnya terutama bagian pernapasan dan perut. Nah, jika kita langsung saja memberikan air minum tersebut kepada korban tanpa ada petugas medis, justru bisa memperburuk keadaan orang itu Sahabat Boombastis. Apalagi jika si korban harus menjalani operasi, maka air minum malah akan mengganggu proses pembedahan tersebut. Dikarenakan dikutip dari liputan6.com, orang yang menjalani operasi harus berpuasa terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan penyelamatan tersebut.

Oleh karena itu, ketika kita melihat kejadian kecelakaan dan ingin menyelamatkan si korban, alangkah lebih baik menghubungi petugas medis terlebih dahulu. Hindari memberi minum sampai petugas kesehatan datang dan memeriksa si korban. Walaupun ia tampak baik-baik saja dan tak ada luka sedikit pun, hindari memberikan bantuan berupa memberi minum. Hal ini juga berlaku dalam memindahkan si korban ke tempat aman ya Sahabat Boombastis. Ditakutkan jika kita memindahkannya sembarangan, ada luka yang tak kasat mata pada tubuhnya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Terlupa oleh Milenial, Budaya Indonesia Sukses Memukau Asia di Pembukaan Asian Games

Meski Banyak Kejadian Mistis, Raditya Dika Kukuh Tak Mau Pindah karena Hal Ini