Di zaman sekarang, banyak orang yang lebih memilih obat generic dibandingkan dengan ramuan jamu. Selain tak tahan dengan sensasi pahit yang dihasilkan oleh jamu, minuman tradisional ini dianggap sebagai cara kuno dan sudah tak lagi relevan. Padahal, bahan alami jamu bisa menyembuhkan segala macam jenis penyakit loh.

Di samping itu, harganya juga tidak mahal-mahal banget. Bagi kamu yang rajin, jamu malah bisa dibuat dan diracik sendiri dengan bahan-bahan yang kamu kehendaki. Mulai dari kunyit, kencur, daun sirih, dan sebagainya. Nah, apa saja manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan? Simak dalam ulasan berikut ini ya!

Kunyit asam yang sudah dikenal sejak lama sebagai penghilang nyeri saat haid

Sejak zaman dahulu, kunyit asam sudah terkenal sebagai ramuan untuk kecantikan kulit dan juga untuk meredakan nyeri saat haid. Kunyit asam ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit, asam jawa, dan perasan jeruk nipis sangat ampuh melancarkan siklus haid, mengurangi nyeri haid dan baik untuk organ reproduksi.

Kunir asam [sumber gambar]
Melansir dari Hipwee.com, konsumsi jamu ini secara rutin juga membantu menghilangkan bau badan karena kandungan minyak atsiri di dalamnya yang akan mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan.

Beras kencur yang bisa mengencangkan kulit dan atasi masalah jerawat

Selain kunyit asam, beras kencur adalah ramuan yang enggak kalah pamornya. Beras kencur ini sama sekali tidak pahit, ia cenderung gurih dan membuat hangat di dalam tubuh. Kandungan yang terdapat dalam beras kencur bisa menebalkan dinding lambung dan meredakan maag.

Beras kencur [sumber gambar]
Kalau kamu meracik beras kencur dan mencampurnya dengan cengkeh, gula aren, serta sedikit perasan jeruk nipis, maka ia bisa menimbulkan khasiat mengurangi minyak di wajah. Bahkan, kalau dipakai untuk masker wajah, ia bisa mengencangkan dan juga membuat jerawat kempis.

Jamu sinom untuk mendetoks bakteri yang ada di dalam kulit

Jamu sinom ini sering diminum setelah konsumsi jamu yang pahit rasanya. Sinom sendiri diambil dari daun asam jawa muda yang dicampur dengan temulawak, gula, kapulaga, kayu manis, dan juga kunyit.

Jamu sinom [sumber gambar]
Selain rasanya yang enak dan manis, sinom ini bisa membantu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh (detoks), sehingga kamu akan terbebas dari bakteri, terutama penyebab jerawat. Gimana girls, mau mencoba?

Jamu galian singset yang membuat lebih awet muda

Yap, galian singset ini adalah rahasia awet mudanya orang-orang zaman dahulu. Jamu ini sudah banyak sekali di pasaran dan bisa kamu temukan dengan mudah. Namun, kalau mau membuat racikan sendiri juga lebih baik.

Galian singset [sumber gambar]
Kamu bisa mencampur kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, lengkuas, serai, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan beberapa rempah tradisional lainnya di dalam satu ramuan. Galian singset juga bagus untuk dikonsumsi oleh perempuan yang baru saja lahiran. Kalau mau terlihat kencang dan awet muda terus? Inilah jawabannya!

Mengurangi bau badan dan bau di area miss v

Nah, untuk kamu para calon wanita yang mempunyai masalah terkait bau badan dan miss v yang tak sedap, maka kamu bisa mencoba jamu kunci dan daun sirih ini deh. Daun sirih ini terkenal dengan kekuatannya untuk mengurangi masalah keputihan.

Daun sirih [sumber gambar]
Sedangkan temu kunci, rimpangnya mengandung zat anti-kanker dan bisa menyehatkan organ intim juga. Nah, ramuan ini bisa merapatkan vagina, menghilangkan bau badan, menyempitkan rahim serta memperkuat gigi. Untuk yang sudah menikah, pasti bisa membuat suami lebih senang.

Membasmi diabetes dengan ramuan jamu pahit ini

Untuk kamu yang bisa menahan rasa pahit, maka enggak ada salahnya mencoba jamu yang satu ini. Komposisi jamu pahit ini bisanya dari sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, dan adas.

Jamu pahit [sumber gambar]
Banyak sekali khasiatnya, mulai dari mencegah jerawat, melancarkan peredaran darah, menghilangkan bau badan, hingga bisa menurunkan resiko terkena diabetes. Kuncinya sih, tahan akan sensasi pahit yang ia timbulkan.

BACA JUGA: Inilah Beberapa Obat Alami Mujarab Yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an

Nah, obat-obat dalam bentuk jamu di atas tidak akan memberikan efek samping. Selain bisa membuat sehat, ia juga bisa dibeli dengan harga yang murah. Atau kalau mau membuat sendiri, kamu juga bisa kok.