in

Italian White Alba Truffle, Jamur Super Mahal yang Harganya Setara Selusin Avanza

Bagi sebagian orang jamur adalah makanan yang nikmat. Rasanya yang kenyal-kenyal dan khas bikin mereka ketagihan. Jamur sendiri memang makanan yang lain daripada yang lain. Karena itu, harga jamur bisa sampai selangit tergantung jenisnya. Apalagi kalau jenis truffle, wah bisa sampai jutaan.

Jamur jenis truffle ini bisa meroket harganya karena budidayanya yang susah dan langka. Truffle hanya bisa ditemukan di bawah permukaan tanah saja. Membudidayakannya pun juga nggak gampang. Butuh penanganan khusus agar bisa sukses hingga panen.

Salah satu truffle yang harganya selangit adalah Italian White Alba. Kalau mau mencicipi jamur ini, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menyediakan uang sebanyak puluhan juta. Ya, kaget bukan? Nah, simak nih ulasan menarik mengenai makanan ‘berlian dalam tanah ini’.

Tumbuh di dalam Tanah Benua Eropa

Agak sulit menemukan jamur truffle ini, karena ia tumbuh di dalam tanah. Jamur truffle ini tumbuh melingkar pada akar pohon ek, sehingga agak susah untuk dibudidayakan. Kebanyakan pohon ek terdapat di negara-negara Eropa, seperti di Italia yang menjadi tempat tumbuhnya jamur termahal di dunia, Italian White Alba Truffle. Namun, saat ini jamur truffle putih sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Timur Tengah dan Cina.

Italian White Alba Truffle [image source]
Italian White Alba Truffle ini tumbuh di sekitar 40 sampai 50 cm di bawah permukaan tanah. Untuk menemukannya kita membutuhkan bantuan anjing yang sudah terlatih. Karena ribetnya proses budidaya dan panen tersebut, serta pertumbuhan jamur Italian White Alba Truffle di tempat-tempat tertentu saja membuat jamur ini langka. Italian White Alba Truffle hanya tersedia pada beberapa bulan saja dalam satu tahun.

Italian White Alba Truffle Memiliki Rasa dan Aroma yang Khas

Selain karena kelangkaan, alasan kenapa Italian White Alba Truffle memiliki harga selangit juga lantaran rasa dan aromanya. Kalau diolah dengan benar, jamur ini akan sangat memanjakan lidah. Berlian dari dapur ini memiliki rasa gabungan antara keju, bawang putih, dan kubis. Memasak Italian White Alba Truffle ini juga nggak perlu ribet-ribet, biasanya cukup dimasak menjadi salad dengan tambahan mayonnaise dan mentega atau dijadikan taburan untuk pasta.

Mencium aroma white truffle [image source]
Baik sebelum maupun sesudah dimasak, Italian White Alba Truffle ini memiliki aroma yang kuat. Karena habitatnya di dalam tanah, maka nggak heran kalau jamur ini memiliki gabungan aroma khas antara tanah, cacing tanah, dan bau hujan. Bahkan beberapa orang menggambarkan aroma jamur truffle ini sebagai semangat muda dan cinta. Wah! Gimana ya kira-kira aromanya?

Dilepas di Pasaran Dengan Harga Selangit

Mendengar tentang rasa dan aromanya tentu saja bikin banyak orang penasaran dengan Italian White Alba Truffle ini. Di seluruh dunia, permintaan pasar akan jamur ini cukup tinggi. Namun karena langka, Italian White Alba Truffle hanya bisa disajikan di beberapa hotel-hotel mewah. Di Indonesia sendiri jamur ini dijual di hotel berbintang lima dengan harga yang fantastis.

Lelang Italian White Alba Truffle [image source]
Satu porsi makanan yang mengandung Italian White Alba Truffle bisa mencapai harga sekitar Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah. Italian White Alba Truffle ini banyak muncul pada bulan Oktober dan November. Di Italia sana, harga jamur ini bisa mencabai antara Rp 900 ribu hingga Rp 19 juta per kilogramnya. Wow!

Para Peminat Italian White Alba Truffle

Melihat harganya yang selangit itu, rasanya mustahil kalau jamur ini laris manis di pasaran. Tunggu dulu, Italian White Alba Truffle justru memiliki penggemar yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi menikmatinya. Terbukti dari adanya lelang yang diadakan secara rutin di Macau, Hong Kong, dan Florence. Penikmat jamur ini tentunya adalah orang-orang berkantong tebal.

Italian White Alba Truffle [image source]
Tahun 2005 lalu jamur ini pernah dibeli dengan harga sebesar 12.600 dolar Amerika dengan berat 1, 21 kg saja. Jumlah tersebut setara dengan 110 juta rupiah. Namun, rekor tersebut pecah pada tahun 2006. Pembeli Italian White Alba Truffle ini adalah seorang pengusaha kaya di Hong Kong Sir Gordon Wu. Ia merogoh kocek senilai Rp 1,44 milyar untuk Italian White Alba Truffle dengan berat 1,51 kg. Harga Rp 1,44 M tentu terlalu mahal untuk sebuah jamur, padahal dengan uang yang sama kita bisa dapatkan selusin mobil Avanza tahun lawas..

Makanan memang kebutuhan utama manusia, jadi sah-sah saja sepertinya merogoh kocek dalam-dalam untuk memanjakan diri. Salah satu contohnya ya seperti membeli jamur Italian White Alba Truffle ini. Ditambah lagi menurut penelitian, jamur ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Italian White Alba Truffle dipercaya bisa meremajakan kulit dan menjadi makanan yang cocok untuk diet.

Written by Sastranagari

Leave a Reply

Fakta Wiro Sableng, Kisah Kolosal Terlaris di Jamannya yang Ditaksir Produser Amerika

5 Fotografer Terkenal yang Karyanya Paling Dikecam Dunia