in

Ini Lho Alasan Mengapa Sebaiknya Radiator Motor Tidak Diisi dengan Air Mineral

Banyak orang menyepelekan tentang pengisian air pada radiator motornya. Mereka biasanya hanya mengisi dengan air minum kemasan. Para pengendara beranggapan kalau motor tetap bisa bekerja walaupun radiatornya diisi dengan air mineral biasa. Selain itu dengan menggunakan air minum kemasan, uang tidak akan banyak terbuang dan pastinya hal ini lebih praktis daripada harus repot-repot mengisi ke bengkel.

Padahal kegiatan tersebut bisa mengakibatkan hal yang buruk kepada motor lho Saboom. Mungkin efeknya tidak akan terlihat dalam waktu dekat. Namun, dampak tersebut akan muncul dalam jangka panjang. Sehingga jangan pernah main-main untuk mengisi air radiator motormu.

Mengisi radiator dengan air mineral [Sumber Gambar]
Akibat yang akan diterima jika terus-terusan mengisi radiatormu dengan air minum kemasan adalah bisa menyebabkan saluran berkerak. Nah, jika saluran air dalam radiator berkerak atau bisa dibilang berkarat, maka akan berakibat penyumbatan. Ini disebabkan air minum kemasan mempunyai kandungan zat besi dan kapur sehingga menjadikan saluran radiator berkarat. Pasti kalian tidak mau kan saluran radiator berkerak seperti itu.

Lalu kalau hal di atas terus dibiarkan, maka ada dampak buruk selanjutnya pada motor. Itu adalah membuat pendinginan mesin menjadi tidak optimal. Lalu pada akhirnya akan mengakibatkan mesin mengalami yang namanya overheating. Kondisi overheating pada motor mengharuskan kalian untuk turun mesin karena komponen biasanya mengalami kerusakan dan akan memakan biaya yang tidak sedikit. Enggak jadi untung, malah buntung.

Mesin motor bisa overheat [Sumber Gambar]
Kemudian efek lainnya adalah jika mengisi radiator menggunakan air minum kemasan adalah akan lebih cepat habis. Sudah banyak dibuktikan oleh beberapa pemotor yang menggunakan air mineral untuk mengisi radiatornya. Belum melakukan perjalanan jauh saja, si radiator sudah kehabisan air. Sehingga bisa dibilang kalau air mineral lebih boros digunakan pada radiator daripada memakai coolant pada umumnya. Ujung-ujungnya ya akan mengeluarkan uang lagi.

Jadi itulah dampak buruk bagi motor jika menggunakan air mineral untuk mengisi radiator. Bukan berdampak pada mesinnya, namun juga berakibat keborosan pada uang kita. Sehingga untuk kalian yang masih terbiasa menggunakan air mineral harus segera dihilangkan ya. Kalian boleh memakai air minum kemasan pada saat darurat saja.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kerajaan Hingga Kecelakaan Pesawat, Inilah Misteri Gunung Salak yang Belum Terpecahkan

Inginnya Sih Tampil Keren, tapi Kostum PSMP Terbaru Malah Bikin Dahi Mengkerut