Urusan uang dan harta memang menjadi pikiran kadang. Banyak sekali orang yang awalnya kaya namun karena tak punya cara dan trik mengatur keuangan, mereka pada akhirnya bisa saja jatuh miskin dan tidak punya apapun. Tak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi juga padamu ya, Sahabat.

Makanya, sejak sekarang dan detik ini sadarilah bahwa berinvestasi itu sangat penting, terlebih untuk masa tuamu. Orang-orang yang sadar akan pentingnya investasi pasti akan mempertimbangkan baik-baik, mana uang yang harus ditabung dan mana yang harus diinvestasikan. Untuk berinvestasi sekarang juga enggak susah kok, kamu bisa lakukan dengan beberapa cara ini.

Investasi dengan property

Investasi property [sumber gambar]
Investasi yang pertama adalah investasi dalam property. Property adalah pilihan bayak orang karena harganya terus meningkat dari tahun ke tahun. Karena itulah, rumah, bangunan, atau jenis property lain menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang yang populer. Namun, kembali lagi, property membutuhkan biaya yang mahal dari awal, sehingga investasi ini cocok untuk mereka yang memang punya banyak uang. Selain itu, berinvestasi dengan property artinya kamu harus siap menjaga dan merawat property tersebut.

Investasi dengan saham

Investasi saham [sumber gambar]
Kamu selama ini mungkin menyangka kalau hanya investor dengan modal besar saja kan yang bisa membeli saham? Tidak. Kamu yang bahkan punya modal sedikit pun bisa memiliki saham, Sahabat. Seperti dilansir dari dbs.com, hanya dengan modal awal sekitar ratusan ribu rupiah, Anda telah mampu membeli saham sebuah perusahaan. Bahkan, dengan uang senilai Rp5 Juta, Anda telah dapat membuat sebuah rekening di broker saham dan mulai berinvestasi. Untuk kamu yang pemula, kamu bisa nih mencontoh beberapa orang ini, mereka membeli saham dari PT. Unilever Indonesia, saham PT. Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK), serta ada pula yang saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR) dalam jumlah kecil.

Investasi Reksadana

Reksadana [sumber gambar]
Reksadana merupakan tempat investasi yang cocok untuk kalian para pemula yang baru akan belajar investasi. Tak butuh banyak uang, nominal minimal untuk turut serta dalam investasi reksadana pun terbilang rendah, mulai dari Rp 100.000. Nah di sini banyak sekali jenis reksadana yang bisa kamu ikuti, mulai pasar uang, pendapatan tetap, hingga pasar saham. Nantinya, uang tersebut akan dimainkan oleh Manajer Investasi. Kalau kamu sudah familiar dengan penggunaan rekening bank, maka sistem investasi reksadana kurang lebih sama seperti kamu membuka rekening tertentu.

Investasi emas

Investasi dengan emas [sumber gambar]
Investasi emas di sini tak berarti kamu harus menyimpan emas batangan atau perhiasan ya. Kamu bisa berinvestasi emas secara online. Sekarang banyak sekali aplikasi dan platform yang menyediakan jasa untuk mereka yang ingin berjual-beli emas secara online. Salah satunya, kamu bisa ke IndoGold. Di sini ada 4 fitur, yaitu tabungan emas, cicilan emas, gadai emas, dan jual beli emas. Selain terpercaya, IndoGold juga sudah bekerjasama dengan marketplace Bukalapak dalam menghadirkan fitur BukaEmas.

BACA JUGA: Mulai Menjadi Tren, Begini Cerita 5 Pasangan yang Menikah dengan Mas Kawin Saham

Jadi, tunggu apalagi? Mumpung usia masih muda, masih kuat untuk bekerja dan mencari uang, sekarang adalah saat yang tepat untuk kamu berinvestasi. Investasi di atas bisa menggunakan modal kecil ratusan ribu saja. Tapi, kalau kamu memang sudah punya banyak uang, maka kamu bisa berinvestasi dengan property juga.