in

4 Insiden Bendera Merah Putih Terbalik yang Bikin Heboh, Paling Baru Dilakukan Timnas Malaysia

Bendera mungkin hanya selembar kain saja, namun makna di dalamnya lebih dari itu. Menyimpan segala makna dan cita-cita bangsa, bendara jadi sesuatu yang sakral bagi penduduk negara. Oleh sebab itu untuk memperlakukannya tak main-main, karena ada aturan yang berlaku bahkan tindak pidana pun bisa menanti.

Tetapi beberapa waktu yang lalu ternyata bendara sakral negara kita sempat dipasang terbalik loh. Alhasil netizen Indonesia pun dibuat heboh dan tidak tinggal diam akan hal itu. Ternyata itu bukan kali pertama, sebelumnya ternyata juga ada kejadian serupa loh, apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Pasang story bendera Indonesia terbalik, pemain Malaysia diserbu

Beberapa waktu yang lalu netizen dibuat geger lantaran kelakuan salah satu timnas U-16 Malaysia. Bukan karena apa, namun pada waktu itu memang pemain tersebut sempat mengunggah story mengenai piala AFF yang akan berhadapan dengan Indonesia. Namun sayangnya, bendera negara kita yang seharusnya merah putih dipasang terbalik seperti milik Polandia.

Pemain Malaysia bendera terbalik [sumber gambar]
Alhasil netizen pun segera menyerbu akun instagram pemain bernama Amirul. Sebelumnya pelatih timnas memohon maaf terlebih dahulu atas perilaku pemainnya. Namun netizen tetap membanjiri akunnya bahkan hingga di private. Selang beberapa hari akhirnya Amirul mengaku minta maaf secara pribadi dan semua murni kelalaiannya dan ketidaktahuan tanpa unsur kesengajaan.

Pada SEA Games pun bendara Indonesia juga sempat terbalik

Sebelum kasus Amirul ini, sebelumnya kasus bendera terbalik juga sempat terjadi karena kelalaian salah satu oknum dari Malaysia. Tepatnya pada SEA Games yang diadakan di Malaysia tahun 2017 lalu, bendera Indonesia juga sempat dipasang terbalik. Parahnya lagi, dalam ajang sebesar itu bendera terbalik itu terpampang jelas dalam buku souvenir resmi.

Bendera Indonesia di SEA Games [sumber gambar]

Menyadari adanya kesalahan ini, Indonesia pun sengaja melakukan protes agar segera mendapatkan klarifikasi atas hal tersebut. Pihak Malaysia pun meminta maaf akan kesalahan penempatan bendera yang terbalik, dan semua murni ketidaksengajaan serta akan segera memperbaikinya.

Tak hanya di Malaysia, di Thailand pun sempat terbalik

Rupanya di negeri gajah putih Thailand juga bendera republik Indonesia juga sempat terbalik. Uniknya kejadian ini diketahui oleh salah satu guru SMKN 1 Cibinong yang ada kesempatan datang di sana. Lokasi bendera yang dipasang terbalik itu berada di konservasi gajah di Lampang, Thailand.

Bendera terbalik di Thailand [sumber gambar]
Melihat bendera negaranya terbalik, guru tersebut akhirnya berinisiatif untuk mencopot dan membalikannya pada posisi yang sebenarnya. Awalnya guru tersebut sempat ragu dan menganggap bendera tersebut adalah negara Polandia. Namun ketika melihat kalau bendara lain yang dijejerkan adalah ASEAN, dirinya menyadari kalau benar mungkin itu adalah bendera Indonesia. Video guru tersebut saat membenarkan bendera juga sempat viral di media sosial.

Gak hanya di luar, di dalam negeri pun sering terjadi

Kejadian bendera terbalik ternyata tak selamanya dilakukan oleh oknum luar Indonesia, namun dalam negeri pun ada pula. Semisal adanya pemasangan bendera Indonesia posisi terbalik di salah satu kantor partai politik PKS Situbondo. Alhasil beberapa netizen sempat membully akun resmi dari partai tersebut, dan klarifikasinya adalah kesalahan yang tidak disengaja.

Bendera terbalik kantor PKS [sumber gambar]
Tak selang lama kantor KKP di Kabupaten Bintan pun juga melakukan kesalahan serupa, bahkan warga dan petugas pun sempat bingung dengan kejadian tersebut. Pihak KKP setempat pun mengaku minta maaf dan semua dilakukan bukan karena sengaja.

Meskipun mungkin kesalahan yang dianggap kecil, namun hal ini berhubungan dengan lambang bangsa. Oleh sebab itu mesti dilakukan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai hanya karena masalah sepele ini satu negara bisa tak terima.

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Lagi-Lagi Bikin Ulah, 5 Hal Ini Buktikan Bahwa Malaysia Memang Seteru Abadi Indonesia

Bikin Kantong Jebol! Di 4 Negara Ini Ayam Cemani Asli Indonesia Dijual dengan Harga Selangit