in

Inilah 10 Fakta Unik Dunia yang Tak Banyak Diketahui Orang, Siap-siap Merinding Dibuatnya!

Rotasi Pluto

Bertahun-tahun hidup di dunia, kita tak pernah terfikirkan betapa misteriusnya tempat yang kita tinggali ini. Padahal jika ditelisik, fakta unik dunia ini melebihi semut-semut yang mengerubungi gula tercecer, loh. Pasti Sahabat Boombastis (Saboom) sekalian tak pernah terfikirkan akan hal tersebut.

Maka dari itu, Boombastis.com berniat untuk membongkar 10 fakta unik dunia yang tak banyak diketahui banyak orang. Mulai dari hujan yang hanya terjadi sekali seumur hidup hingga hal-hal mencengangkan yang dialami para astronot di luar angkasa. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Hujan Katak di Meksiko dan Jepang

Hujan Katak di Meksiko dan Jepang

Jika di Indonesia kita pernah mengalami hujan es yang sudah umum di negara yang memiliki 4 musim, kali ini hujan katak terjadi di Meksiko dan Jepang. Pada tahun 1997 kejadian unik ini pernah menyambangi Meksiko, dan terjadi lagi pada tahun 2009 di Jepang. Menurut ilmuwan Jepang, hal ini terjadi dikarenakan tornado yang menyebabkan tertariknya hewan ke atas sehingga ketika kembali ke tanah, katak-katak tersebut seolah datang seperti hujan.

2. Februari 1865 adalah satu-satunya bulan yang tak memiliki purnama

Februari 1865 Tak Ada Bulan Purnama

Berbeda dari fenomena yang baru-baru ini kita saksikan, yaitu dua kali bulan purnama terjadi dalam satu bulan (Januari 2018). Fenomena Supermoon dan Super Blood Blue Moon yang terjadi dalam satu bulan merupakan akibat dari ketidak hadiran purnama dalam bulan Februari yang hanya memiliki 29 tanggal. Tercatat dalam sejarah, bulan Februari tahun 1865 merupakan satu-satunya bulan yang tak terbit purnama.

3. Astronot dilarang makan kacang sebelum menjalankan misinya

Astronot Dilarang Makan Kacang

Mungkin kalian bingung, apa hubungannya makan kacang dengan para astronot? Mereka rata-rata laki-laki dan tidak takut berjerawat. Namun ternyata, bukan itu masalah yang akan disebabkan jika astronot makan kacang sebelum pergi bertugas. Menurut penelitian, kacang bisa membuat manusia sering kentut dan gas yang dikeluarkan manusia ini bisa berbahaya di luar angkasa. Hal ini akan menimbulkan dampak yang menyeramkan pada baju luar angkasa mereka dan bisa mencelakai diri para astronot.

4. Remah roti dulunya digunakan untuk menghapus coretan pensil

Remah Roti Sebagai Penghapus

Sebelum karet ditemukan, ternyata banyak hal yang digunakan untuk menghapus coretan pensil, loh, Saboom. Lama sebelum tahun 1770, para ilmuwan, sastrawan, bahkan pebisnis menggunakan remah roti ketika menghapus kesalahan yang ditorehkan oleh pensil mereka. Namun, tak lama setelah itu penemu yang berasal dari Inggris, Edward Nairne menemukan bahan yang lebih efektif untuk dijadikan penghapus, yaitu karet.

5. Guiness Book of World Records adalah buku paling banyak dicuri dari perpustakaan

Guiness Book of World Records

Bukan majalah Playboy, bukan juga buku detik-detik menuju Ujian Nasional yang ternyata banyak dicuri dari perpustakaan seluruh dunia. Rupanya, Guiness Book of World Records alias buku yang memuat banyak rekor dunia merupakan buku yang paling banyak dicuri. Entah apa motif orang-orang mencuri buku tersebut karena kita bisa menikmati rekor dunia lewat internet atau bahkan media cetak lainnya.

6. 10% populasi manusia di dunia adalah kidal

Orang Kidal

Berdasarkan laporan dari Departemen Populasi, Divisi Urusan Sosial dan Ekonomi, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), jumlah populasi manusia di tahun 2017 adalah sebanyak 7,6 miliar jiwa. Berarti ada sekitar 700 ribu orang merupakan seorang kidal. Menurut KBBI, kidal adalah anggota badan (tangan) kiri yang lebih terampil daripada bagian kanan.

7. 1 tahun di Pluto sama dengan 248 tahun di Bumi

Rotasi Pluto

Semenjak Pluto ditemukan pada tahun 1930 hingga ditetapkan sebagai planet, ia belum pernah berotasi sama sekali. Bahkan, setelah dinyatakan bukan lagi sebuah planet, Pluto belum juga melakukan rotasi penuhnya. Sehingga, jika diperkirakan, satu kali rotasi atau setahun di Pluto menghabiskan waktu 248 tahun di Bumi. Gila!

8. Bentuk peta dunia seperti seorang kucing yang sedang bermain bola

Bentuk Bumi Seperti Kucing Main Bola

Jika kalian melihat bumi melalui globe, pasti fenomena ini tak akan pernah kalian temukan. Namun, coba bukalah atlas sekarang, melalui peta dalam benda datar, kita bisa menggambarkan garis yang menghubungkan seluruh pulau di dunia. Garis tersebut akan membentuk sebuah gambar kucing yang sedang bermain bola. Lebih parahnya lagi, bola tersebut adalah benua Australia, sehingga seakan-akan seluruh dunia sedang mempermainkannya.

9. Ukuran payudara wanita Asia Tenggara rata-rata menggunakan cup A

Ukuran Dada Wanita di Dunia

Kaum Adam, jangan ngeres dulu pikirannya! Apa yang tertulis di sini sebelumnya sudah diteliti terlebih dahulu. Melalui survey yang dilakukan oleh brightside.me, wanita di berbagai negara memiliki ukuran payudara yang berbeda-beda. Namun, di Asia Tenggara rata-rata wanitanya mengenakan cup bra A alias terkecil. Sedangkan cup bra D+ ada pada negara Russia.

10. Otak manusia tak bisa istirahat ketika tidur sambil mendengarkan musik

Mendengarkan Musik Sambil Tidur

Mayoritas manusia di dunia tak bisa hidup tanpa musik, bahkan beberapa di antaranya juga senang mengenakan headset ketika hendak pergi tidur. Namun, apakah Saboom tahu bahwa ketika sedang mendengarkan musik otak manusia akan lebih aktif? Sehingga, jika kalian mendengarkan musik ketika tidur, otak kalian tidak bisa istirahat. Alhasil, bangun-bangun di pagi hari bukannya malah segar, kalian akan merasa capek karena tak bisa beristirahat total.

Itulah 10 fakta unik dunia yang tak banyak diketahui orang. Meskipun terkesan nyeleneh, tetapi fakta-fakta unik dunia yang tertulis di atas merupakan hasil dari penelitian serta survey dari beberapa lembaga resmi. Siapa yang terkaget-kaget setelah membaca ulasan ini?

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Inilah 5 Fakta Golongan Darah O yang Menarik dan Penting untuk Diketahui

5 Fakta Haji Isam, Kuli Panggul Muat Tajir Melintir yang Pernah Digosipkan Dekat dengan Artis