in

Lagi-lagi Tembus Partai Puncak, Hal Inilah yang Jadikan Indra Sjafri Kerap Perkasa di Timnas

Sebagai seorang pelatih Timnas, Indra Sjafri tentu bukan juru taktik bisa dipandang sembelah mata. Selain kerap telurkan pemain-pemain muda berbakat, pria 56 tahun ini juga kerap mampu membuat Timnas perkasa di ajang piala AFF. Bahkan prestasi terburuknya di kejuaraan tersebut adalah peringkat tiga. Dan, pada Minggu 24 Februari 2019, lagi-lagi mengantarkan Tim Merah Putih tembus partai pamungkas AFF U-22.

Tercatat, capaian bagus tersebut menjadi kedua untuknya setelah ajang AFF U-19 pada tahun 2013 lalu. Performa hebat Garuda Muda di bawah asuhannya memang tidak disangkal lagi. Apalagi skuad Timnas juga acap kali memperlihatkan aksi-aksi jempolan dan menghibur di lapangan hijau. Lantas kenapa sih Coach Indra bisa buat Garuda seperkasa itu? Berikut beberapa hal yang menurut tim Boombastis jadi penyebabnya.

Gunakan metode unik dalam pemilihan pemain

Bukan sebuah rahasia lagi, jika dalam jagat sepak bola faktor skill dan teknik begitu diperhatikan untuk menandai pemain itu hebat dan layaknya direkrut. Tapi, bila kita berbicara tentang Indra Sjafri ternyata tidak hanya hal tersebut saja digunakan untuk meminang pemain. Pria asal Sumatera Barat ini juga menambahkan kesehatan, psikologi, dan intelegensi sebagai kriterianya.

Ilustrasi Tes Tulis [Sumber Gambar]
Berkat hal tersebut selain seleksi di lapangan, mantan juru taktik Bali United ini juga kerap adakan tes tulis untuk mengatui kemampuan tersebut. Berkaca dari kondisi tersebut, tak ayal skuadnya kerap berisikan pemain-pemain yang selain jago mengolah bola, juga encer otaknya. Alhasil, anak asuhnya terlihat mudah dalam menjalankan instruksi di atas lapangan dan juga bermain pintar.

Pembenahan mental menjadi salah satu kunci keberhasilannya

Selain masalah seleksi, rupanya pembenahan mental pemain-pemainnya juga jadi perhatian serius saat Coach Indra menangani Timnas. Hal ini diungkapkan ketika pada enam tahun silam diwawancarai oleh kenal berita BCC, dimana dirinya berujar tidak mau lagi menggunakan bahasa-bahasa pesimis tapi optimis untuk anak asuhnya.

Indra sjafri memimpin latihan [Sumber Gambar]

Tidak berhenti disitu, salah satu metode lain dalam meningkat kepercayaan diri pemainnya adalah, dengan menanamkan nilai-nilai nasionalis bahwa Indonesia adalah negara yang besar. Kalau dilihat-lihat dari zaman Evan Dimas sampai sekarang Egy Maulana Vikri, pemainnya selalu tampil all out dan ngotot untuk lambang garuda di dada. Salah satu buktinya, adalah ketika berjuang keras menyamakan skor di laga Piala Asia U-19 melawan Qatar.

Mengandalkan sepak bola modern dalam mengembangkan pemain

Hal ini lain yang juga membuat Timnas ngosek di bawah asuhannya adalah penerapan sepak bola modern yang digunakannya. Ya, seperti kita ketahui, dengan hal tersebut pesepakbola akan jauh berkembang dengan baik. Hal ini lantaran banyak aspek yang diperhatikan, mulai asupan, gaya hidup, peningkatan performa pemain, hingga mencari taktik tepat mengalahkan lawan.

Timnas U-22 sedang berlatih [Sumber Gambar]
Berkat hal tersebut, kabarnya saat ini Indra Sjafri mempunyai banyak staf kepelatihan yang bergerak dalam spesialisasi masing-masing. Mulia dari fisik sampai pelatih untuk penanganan psikologi pesepakbola. Masih terkait hal tersebut, metode ini juga bisa dikatakan akan memudahkan seorang artsitek tim bisa menggembangkan pemainnya untuk menghadapi event besar.

Mempunyai taktik yang cocok gaya main pemain Timnas

Dari sekian hal tadi, agaknya masalah pilihan gaya bermain untuk Timnas menjadi salah satu kunci keberhasilan lain Coach Indra saat tukangi Timnas. Ya, seperti kita ketahui penerapan taktik pepepa (pendek-pendek-panjang) membuat keunggulan pemain Timnas dalam masalah, kecepatan dan skill individu terakomondasi dengan baik.

Asnawi Mangkualam melawan pemain Malayasia [Sumber Gambar]
Hasilnya, permainan Timnas di bawah asuhannya sangat sedap dilihat mata. Dan, selain itu juga kerap lawan-lawan yang dihadapi kesusahan membendung kehebatan Tim Merah Putih. Selain, itu permainan mereka juga acap kali mendapat sanjungan dari pelatih-pelatih luar negeri. Seperti baru-baru disampaikan pelatih Timnas Kamboja kalau Indonesia tim yang solid.

BACA JUGA: Tidak Digaji dan Hidup Susah, Inilah Kisah Haru Perjuangan Indra Sajfri Membangun Timnas

Begitulah sobat Boombastis menurut kami beberapa hal yang menjadi kunci sukses epic-nya penampilan Timnas di bawah asuhan Indra Sjafri. Meski masih banyak faktor lain lain, tapi empat hal adalah yang utama. Besar harapan ke depan Garuda semakin kuat dan bisa terbang lebih tinggi lagi.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Jaga Makam Genghis Khan Selama Ratusan Tahun, Begini Kehidupan Bangsa Darkhad

4 Figur Teroris Cerdas Indonesia yang Pernah Membuat Polri Jatuh Bangun Menangkap Mereka