in

7 Bukti Bahwa Indonesia Adalah Negara Paling Kaya di Zaman Dahulu

3. Surganya Tempat Wisata di Wilayah Sunda Kecil

Ptolemaeus menyebutkan tentang adanya tiga buah pulau bernama Sunda di sebelah timur India. Dari informasi itu, para ahli ilmu bumi dari Eropa kemudian menggunakan kata Sunda untuk menamai beberapa wilayah dan pulau di timur India. Pulau-pulau yang terbentuk di dataran Sunda itu kemudian diberi nama Kepulauan Sunda Besar (Sumatera, Jawa, Madura, dan Kalimantan) dan Kepulauan Sunda Kecil (Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, dan Timor).

Peta kuno Sunda Kecil [Image Source]
Peta kuno Sunda Kecil [Image Source]
Kepulauan Sunda Kecil ini terkenal atas keindahan alamnya yang menakjubkan. Untuk itu, banyak yang sudah mengunjungi Sunda Kecil untuk berwisata. Contohnya saja perjalanan Resi Markandiya pada abad ke-8 dari Jawa ke Bali yang sudah melakukan perjalanan wisata dengan membawa misi-misi keagamaan. Empu Kuturan yang mengembangkan konsep Tri Sakti di Bali juga datang pada sekitar abad ke-11. Tahun 1920, wisatawan Eropa juga mulai datang ke Bali yang oleh orang Eropa disebut juga sebagai the Island of God.

Di bagian lain Sunda Kecil atau tepatnya Nusa Tenggara Barat juga sudah dikenal sebagai tempat wisata bagi para raja-raja dari kerajaan Bali. Sebuah Taman Narmada dibangun pada tahun 1727 di Pulau Lombok sebagai tempat peristirahatan raja-raja. Selain itu, kuda dari Nusa Tenggara juga sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Pada abad ke-13 saja, NTB sudah mengirim kuda-kuda mereka ke Pulau Jawa.

Taman Narmada [Image Source]
Taman Narmada [Image Source]
Selain NTB, NTT juga memiliki kekayaan yang berharga yaitu kayu cendana. Komoditas ini juga telah diperdagangkan sejak awal abad masehi. Banyak pedagang dari berbagai wilayah Indonesia bagian Barat dan Cina berlayar ke berbagai wilayah di NTT untuk mendapatkan Cendana. Kabarnya, Nabi Sulaiman menggunakan kayu cendana untuk membuat tiang-tiang dan untuk membuat alat musik.  Kayu ini didapatkan dari berbagai tempat jauh dan kemungkinan juga dari NTT.

Hingga kini, daerah Sunda Kecil masih terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang indah. Bali, Lombok, Pulau Komodo, dan daerah-daerah lain di wilayah tersebut masih menyajikan wisata yang misterius namun menawan sehingga selalu menjadi daya tarik wisatawan dalam maupun luar negeri.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Dari Wanita Menikahi Lumba-Lumba Sampai Pinguin Gay, ini Nih 5 Pasangan Paling Aneh di Dunia

4 Fakta Mengagumkan Paskhas, Elite Udara Indonesia yang Mengguncang Dunia