in

5 Hal ini Mungkin Bisa Membuat Indonesia Jadi Negara Superpower Seperti Amerika

indonesia superpower

Barangkali anda akan berpikir begini: Indonesia jadi negara superpower? Mimpi di siang bolong? Mengurusi rakyatnya saja masih kesusahan bagaimana mau jadi seperti Amerika. Well, anda mungkin tidak salah jika berpikir seperti itu. Hanya saja tidak ada salahnya kan bermimpi jika negeri ini akan jadi superpower entah berapa puluh atau ratus tahun yang akan datang?

Anyway, jika Indonesia yang saat ini sering dikatakan sebagai negeri mafia ini bisa kok jadi negara superpower. Hanya saja, lima hal ini harus bisa dipenuhi, atau paling tidak mendekatinya. Lantas apa sajakah hal itu? Yuk, kita bahas sama-sama!

1. Militer yang Kuat

Menurut situs Globalfirepower, Indonesia menduduki peringkat ke-12 untuk masalah kekuatan militernya. Namun, kita semua pasti tahu jika kekuatan militer kita sebenarnya tak sehebat di atas. Mungkin masalah peralatan kita bisa bertahan. Namun untuk masalah pengembangan teknologi kita masih harus belajar banyak dari negara-negara yang sudah maju seperti Rusia, atau bahkan Amerika itu sendiri.

Militer yang Kuat [image source]
Militer yang Kuat [image source]
Hal lainnya adalah sumber daya manusianya. Di luar negeri orang yang menjadi tentara datang atas kemauannya sendiri atau bahkan diwajibkan. Sementara itu di Indonesia, banyak orang yang rela mengeluarkan uang hanya untuk masuk ke dalam pasukan militer. Dari sini sudah nampak sekali kan perbedaan antara Indonesia dengan negara lain yang maju secara militer?

Korea Selatan memberlakukan wajib militer kepada seluruh warganya yang berjenis kelamin pria. Hal ini membuatnya berada di jajaran TOP 10 negara dengan militer terkuat. Jika saja Indonesia bisa membenahi sektor pertahanan (masalah pengembangan teknologi, memperbanyak dana dan tak dikorupsi, dan memperbanyak personil), maka bukan tidak mungkin negeri ini akan menjadi superpower di masa depan.

2. Ekonomi yang Tidak Stagnan

Salah satu persayaratan untuk menjadi negara superpower adalah memiliki kekuatan ekonomi yang sangat kuat. Setiap tahun pertumbuhan ekonomi menjadi semakin baik. Dengan ekonomi yang mapan, maka penduduk akan lepas dari zona kemiskinan. Saat ini Indonesia masih susah sekali membuat banyak warganya lepas dari belenggu kemiskinan ini. Bahkan mungkin negara maju pun juga sama meski persentasenya sangat kecil.

Ekonomi yang Tidak Stagnan [image source]
Ekonomi yang Tidak Stagnan [image source]
Untuk mengembangkan ekonomi, pemerintah tak bisa sendirian saja. Warga juga harus berusaha melakukannya, misal dengan memberdayakan masyarakat ekonomi kreatif. Dengan begitu masyarakat tidak akan hanya stuck di tempat yang sama. Tapi terus berusaha untuk maju hingga inovasi-inovasi baru akan terus digalakkan. Jika Indonesia bisa melakukan hal ini maka negeri ini akan bisa bersaing dengan negeri besar seperti Tiongkok, India, hingga Amerika dan Australia.

3. Politik Luar Negeri yang Hebat

Negara superpower mungkin adalah negara yang kuat secara ekonomi dan militer dengan tanpa ada campur tangan dari negara lain. Namun pada kenyataannya, negara yang kuat pasti memiliki rekan atau sekutu yang juga kuat. Amerika memang kuat secara Individu, namun dalam banyak bidang ia masih memiliki banyak sekali sekutu. Misal negara yang tergabung dalam NATO dan lain sebagainya.

Politik Luar Negeri yang Hebat [image source]
Politik Luar Negeri yang Hebat [image source]
Seperti kata pepatah, satu lidi mudah dipatahkan, namun kumpulan lidi akan susah dipatahkan. Jika Indonesia bisa menerapkan hal yang sama. Maka negeri ini akan menjadi semakin kuat. Jika ada masalah akan ada negara yang membantu baik secara materi atau hanya berupa konsultasi dan strategi. Yang jelas sendiri saja tidak akan membuat suatu negara menjadi kuat.

4. Rendahnya Tingkat Korupsi

Korupsi adalah masalah dari segala masalah yang ada di setiap negara berkembang. Tak terkecuali Indonesia. Jika korupsi ini bisa dikurangi hingga banyak, maka banyak sektor di Indonesia yang bisa berkembang. Pembangunan infrastruktur akan berjalan dengan pesat dan membuat negeri ini kian maju. Korupsi akan membuat situasi di dalam negeri menjadi buruk.

Tahanan KPK [image source]
Tahanan KPK [image source]
Sekarang coba kita lihat negeri yang maju. Rata-rata mereka memiliki indeks korupsi yang rendah. Uang rakyat mampu dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Tidak masuk ke rekening pribadi hingga menggelembung. Jika Indonesia bisa menurunkan indeks korupsi ini. Maka bukan tidak mungkin di masa depan negeri ini akan menjadi superpower. Namun sekarang pertanyaannya hanya satu: mampukah negeri ini menghilangkan para koruptornya?

5. Upgrading Sumber Daya Manusia

Terakhir, agar negeri ini bisa menjadi superpower, masyarakatnya harus melakukan upgrading diri. Terutama masalah mindset dan juga pendidikan. Tak semua masyarakat di Indonesia memiliki pandangan tentang masa depan yang hebat. Rata-rata ingin segera lulus lalu bekerja dan mendapatkan uang dengan sangat banyak. Selebihnya mereka hanya pasrah dengan apa yang terjadi pada dirinya.

Upgrading Sumber Daya Manusia [image source]
Upgrading Sumber Daya Manusia [image source]
Sekolah di Indonesia harganya sangat mahal. Belum lagi harga bukunya yang bisa bikin sakit kepala. Di beberapa negara maju, pendidikan dan buku kadang ada yang gratis. Semua orang diharapkan mampu sekolah dengan baik agar kelak bisa berkembang dengan baik. Tanpa adanya peningkatan pada sumber daya manusia, maka menjadi negara superpower, atau bahkan negara yang maju saja akan sangat susah.

Demikianlah beberapa hal yang mungkin bisa menjadikan negeri ini jadi superpower. Menurut anda mampukah Indonesia yang pernah hebat ini menjadi negeri superpower seperti Amerika? Atau paling tidak lepas dari korupsi dan para mafia yang tak malu diketahui banyak orang.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Kejadian di Masa Lalu ini Sangat Mungkin Jadi Pemicu Perang Dunia 3

5 Negara yang Kerap Memicu Perang ini Telah Melakukan Aksinya Sejak Ratusan Tahun Lalu