in

Kenali 4 Jenis Ikan Maut yang Bisa Bikin Pemiliknya Terancam Masuk Bui

Setelah heboh dengah keberadaan ikan ganas yang dipelahara beberapa waktu lalu, Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang akhirnya bertindak tegas. Mereka memusnahkan jenis ikan invasif yang tergolong dilarang berkembang biak sekaligus diperlihara di Indonesia. Hewan air itu disebut invasif karena sifatnya yang ganas (predator) dan dikhawatirkan dapat mengancam populasi lokal.

Tak hanya itu, sanksi berat bakal diterima oleh mereka jika masih nekat memelihara, maupun mengembangbiakkan hewan air tersebut. Tak tanggung-tanggung, ancaman hukuman kurungan 6 tahun dan denda Rp 1,5 miliar berdasarkan Undang-undang RI nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan, bakal dikenakan pada pelaku. Untuk itu, ada baiknya jika mengrnali jenis ikan apa saj yang dilarang beredar di Indonesia.

Arapaima Gigas sang predator sejati

Ikan Arapaima Gigas [sumber gambar]
Jenis ikan yang satu ini, sempat menjadi sorotan di Indonesia lantaran banyak dipelihara masyarakat. Arapaima Gigas sendiri merupakan jenis hewan air tawar terbesar di dunia dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Keberadaanya mudah ditemukan pada sungai Amazon. Ikan ini bersifat predator. Di mana ia bisa memakan semua hewan lainnya yang hidpup di dalam air. Dalam Tak hanya itu, Arapaima Gigas juga digolongkan sebagai parasit golongan protozoa, serta dapat melukai manusia. Saat dewasa, ukurannya bisa mencapai lebih dari dua meter dengan berat tubuh lebih dari 200 kilogram. Hewan ini pun dilarang beredar di Indonesia.

Horornya ikan Piranha

Ikan Piranha [sumber gambar]

Seperti yang diceritakan dalam film, Piranha tergolong ikan predator ganas yang tak kalah dengan Arapaima Gigas. Dengan bekal gigi tajam dan rahang yang kuat, ikan Piranha ini kerap hidup berkelompok (koloni) agar bisa membunuh mangsanya yang lebih besar dengan cepat. Menariknya, Piranha juga kerap memakan tumbuh-tumbuhan selain daging. Hewan ini pun diklasifikasikan sebagai jenis pemakan segala (Omnivora). Saat dewasa, berat Piranha bisa mencapai 8 kilogram dengan panjang antara 12-45 cm. Karena dinilai berbahaya, ikan ini menjadi salah satu yang dilarang di Indonesia.

Aligator, ikan unik yang mirip dengan buaya

Ikan Aligator [sumber gambar]
Sepintas, ikan Aligator memiliki ciri fisik yang serupa dengan buaya. Terutama di bagian kepalanya. Untuk sifatnya sendiri, hewan air ini digolongkan sebagai karnivora (pemakan daging). Ikan Aligator memiliki memiliki perbandingan bobot dan makan 1:10. Di mana jika beratnya telah mencapai 10 kilogram, ia diharuskan memakan hingga 100 ekor hewan air lainnya. Berdasarkan catatan Sulistiono, Dosen Biologi Perikanan Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan (FIPIK) IPB yang dilansir dari news.detik.com, ikan Aligator terbesar pernah mencapai bobot hingga 100 kilogram. Coba hitung deh Sahabat Boombastis. Kira-kira, berapa jumlah hewan yang harus dimakan?

Ikan sapu sapu pun dilarang di Indonesia

Ikan Sapu sapu [sumber gambar]
Secara mengejutkan, ikan sapu sapu yang akrab sebagai pembersih kaca akuarium ini, ternyata dilarang beredar di Indonesia. Menurut Dedy Arief, Kepala BKIPM Bandung yang dilansir dari sorotanindonesia.com, hewan air ini memunyai sifat invasif dan alien species. Di mana keberadaanya dapat mengancam atau bahkan menghabisi ikan endemik lokal. Selai itu, ikan sapu sapu juga dikategorikan sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Mengingat, tubuhnya sering menyerap bahan yang mengandung logam berat dan merkuri.

Dilansir dari news.detik.com, ada sekitar 152 jenis ikan yang dilarang dipelihara di Indonesia. Perintah itu termuat dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 tentang larangan pemasukan jenis ikan berbahaya dari luar negeri ke dalam wilayah Indonesia. Jika masih nekat, silahkan sediakan uang Rp 1,5 miliar agar tak ikut terciduk ke dalam penjara. Jadi mendingan enggak usah ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Teladan Sukses Positif yang Bisa Kita Contoh Dari Kerja Cerdas Ala Bangsa Tiongkok

Berasal dari Negeri Antah Berantah, Striker Persib Ini Adalah Predator Menakutkan Liga 1