in

Ikan Pari Raksasa Seberat 300 Kilogram Ditemukan di Sungai Mekong, Jadi yang Terbesar di Dunia

Ikan air tawar terbesar ditemukan di Sungai Mekong, Kamboja. [Sumber Gambar]
Ikan air tawar terbesar ditemukan di Sungai Mekong, Kamboja. [Sumber Gambar]

Kehidupan di bawah air bisa dibilang penuh dengan misteri. Beberapa spesies ikan yang hidup memang sudah diidentifikasi, tetapi banyak juga yang masih menjadi misteri. Tidak heran kalau banyak penemuan-penemuan menarik tentang kehidupan sungai atau laut.

Baru-baru ini, seorang nelayan lokal di Kamboja menemukan ikan pari yang sangat besar di Sungai Mekong. Bahkan, ikan pari tersebut didapuk sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Seberapa besar ikan pari tersebut dan bagaimana bisa hidup sampai sangat besar? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ikan pari air tawar seberat 300 kilogram

Tepatnya pada 13 Juni 2022, nelayan lokal menemukan ikan pari raksasa di Pulau Koh Preah, Kamboja. Ia langsung menginformasikan hal tersebut kepada peneliti perairan. Tim peneliti pun datang dan mulai mengukur ikan pari itu. Rupanya, ikan pari raksasa itu panjangnya sampai 4 meter dengan berat mencapai 300 kilogram.

Peneliti sedang mengukur ikan pari terbesar. [Sumber Gambar]
Peneliti sedang mengukur ikan pari terbesar. [Sumber Gambar]
Walaupun tidak ada data resmi tentang ikan air tawar terbesar, ikan pari di Sungai Mekong itu dikatakan sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Penemuan tersebut mengalahkan rekor penemuan ikan lele raksasa pada 2005 yang juga ditemukan di Sungai Mekong area Thailand. Ikan lele dari Sungai Mekong itu mempunyai berat sekitar 293 kilogram.

Konservasi di Sungai Mekong

Populasi ikan pari raksasa telah menurun di wilayah lain di Asia Tenggara. Faktor utamanya adalah polusi, bangunan bendungan, dan penangkapan ikan yang berlebihan. Penemuan ikan pari raksasa, menunjukkan bahwa aliran Sungai Mekong masih relatif sehat. Rupanya, peneliti melakukan konservasi di Sungai Mekong dengan membuat proyek bernama “The Wonders of the Mekong” yang didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat. Mereka juga bekerja sama dengan Administrasi Nelayan Kamboja.

Sungai Mekong yang menjadi perbatasan beberapa negara. [Sumber Gambar]
Sungai Mekong yang menjadi perbatasan beberapa negara. [Sumber Gambar]
Bahkan, nelayan yang menginformasikan mengenai penemuan ikan pari raksasa di Sungai Mekong, mendapatkan uang sebagai kompensasi. Tentunya ikan tersebut setelah diukur, dilepaskan kembali ke sungai. Sebelumnya, peneliti telah memasang alat pelacak untuk mempelajari kehidupan ikan pari raksasa lebih lanjut.

Kehidupan di Sungai Mekong

Sungai Mekong berawal dari China menuju ke Tibet dan menjadi perbatasan internasional antara Myanmar dengan Laos serta Laos dengan Thailand. Sungai yang panjangnya mencapai 4.350 kilometer ini mengalir di Laos, Kamboja, dan Vietnam. Terdapat kira-kira 1.000 spesies ikan yang hidup di Sungai Mekong. Mulai dari ikan kecil sampai besar, salah satunya pari. Ikan-ikan tersebut hidup di area Sungai Mekong yang mempunyai banyak sumber makanan bagi mereka.

Ikan air tawar terbesar ditemukan di Sungai Mekong, Kamboja. [Sumber Gambar]
Ikan air tawar terbesar ditemukan di Sungai Mekong, Kamboja. [Sumber Gambar]
Bukan cuma ikan, banyak juga orang-orang yang hidup di atas Sungai Mekong. Mereka membangun rumah kayu di atas sungai dan menggunakan kapal kayu sederhana untuk berpindah tempat. Paling banyak tinggal di area Mekong Delta, Vietnam dan Dataran Tinggi Khorat, Thailand.

BACA JUGA: Ikan sampai Bulus, Fakta Penemuan Hewan Raksasa di Dekat Terowongan Bekas Belanda di Klaten

Kalau lingkungan sungai bersih, maka habitat ikan dan hewan lainnya bisa hidup dengan baik. Mungkin saja di masa depan akan ditemukan ikan raksasa lainnya di Sungai Mekong maupun sungai lain di dunia.

Written by H

Anak-Anak Dijual di Pasar Gelap, Ini 4 Fakta ‘Pabrik Bayi’ yang Marak di Nigeria

Pesta Sabu sampai Otak Pembunuhan, 4 Tindakan Tak Terpuji Aparat yang Tak Patut Dicontoh