in

Kumpulin THR dari Sekarang, 7 Ide Usaha untuk Ramadan yang Bisa Dicoba Duluan

Di masa pandemi ini malah semakin banyak yang mencoba berwirausaha. Sobat Boombastis, jangan ragu dan malu untuk ikut membuka pintu pemasukan juga. Apalagi sebentar lagi Ramadan, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dijalankan.

Justru langkah-langkahnya bisa dirumuskan dan dijalankan dari sekarang. Hitung-hitung ngumpulin THR sendiri dari awal. Nah, kalau pada bingung mau memulai usaha apa, yuk cobain beberapa ide berikut ini.

Kurma dan produk turunannya

Bisnis susu kurma [Sumber gambar]
Yang pasti tak akan terlewat dari Ramadan adalah kurma. FYI, tidak semua orang suka makan kurma secara langsung. Nah, kita bisa berjualan kurma atau membuat produk kreasinya. Misalnya susu kurma, cookies kurma, minuman kekinian milk tea dengan kurma dan masih banyak lagi. Apalagi buah ini dikenal akan khasiatnya yang seabreg, sangat bermanfaat dan penting di masa banyak virus ini.

Kue kering

Bisnis kue kering kekinian [Sumber Gambar]

Meski mungkin Lebaran akan masih terbatas, tapi permintaan kue kering tetap akan tinggi. Saat ini saja, para pembuat kuker sudah mulai sibuk manasin ovennya. Variasinya pun sudah semakin beragam, tidak hanya nastar, kastengel, lidah kucing atau kue sagu. Nah, kalau Sobat Boombastis juga punya hobi yang sama, kenapa tidak coba buka pesanan saja? Siapa tahu larisnya panjang sampai hari raya.

Lauk pauk frozen

Lauk pauk frozen [Sumber Gambar]
Ini membantu banget lho untuk mereka yang sedang merantau atau sering kesiangan saat mau sahur. Lauk pauk frozen bisa dihangatkan untuk persiapan makan bagi mereka yang tidak sempat masak. Misalnya ayam atau nugget yang tinggal goreng, atau masakan berbumbu lainnya yang bisa dihangatkan di magicom. Semboyannya tuh, “Kemalasan dan ketidaksempatanmu adalah rejekiku.” Hehe…

Hampers Lebaran

Hampers lebaran kekinian [Sumber Gambar]
Lagi trend nih bikin bingkisan lucu yang isinya bisa makanan atau barang untuk dikirim-kirim, saat tak bisa beranjangsana karena pandemi. Sebenarnya ini mirip dengan parcel Lebaran, hanya saja sekarang orang makin kreatif dalam membuat kemasannya lebih simple dengan harga lebih murah, tapi terkesan mewah. Hampers ini bisa berisi makanan siap saji, kue kering, busana muslim atau hal-hal simple yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Hampers cantik bakal memberi kesan mendalam bagi yang menerimanya.

Baju lebaran

Peluang usaha perlengkapan muslim dan muslimah [Sumber Gambar]
Meski di rumah saja, tren pakaian dan busana muslim tetap jalan lho. Memang akan banyak saingannya, tapi jangan gentar karena rezeki nggak akan tertukar. Pilih supplier yang amanah dan harganya bersahabat, karena pembeli pasti akan suka dengan produk yang ramah dengan kantong lebaran mereka tahun ini.

Parfum sholat

Wewangian untuk sholat yang banyak dicari [Sumber Gambar]
Wewangian adalah hal yang juga disukai banyak orang. Apalagi buat muslim, pasti mencari parfum yang aromanya harum tapi bisa digunakan untuk sholat. Bukan hanya kaum pria, tapi juga wanita. Aroma yang paling sering dicari misalnya adalah Oud dan mawar. Bahkan belakangan ini, aroma saffron cukup populer lho. Coba deh tawarkan ini pada calon pembeli di sekitarmu, lumayan untuk menambah penghasilan atau bahkan membuka toko sendiri.

Jasa antar catering dan paket

Motor atau mobil bisa dikaryakan untuk antar barang [Sumber Gambar]
Karena mobilitas yang terbatas, tak semua orang bisa keluar rumah. Nah, peluang ini bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa antar catering atau bingkisan. Bahkan, 6 peluang usaha yang disebutkan di poin sebelumnya bisa jadi membutuhkan jasa antar ini. Daripada si motor dan mobil menganggur, siapa tau malah bisa menghasilkan? Kita bisa bekerja sama dengan teman-teman atau kerabat dengan reputasi berkendara yang baik untuk menjalankannya. Yakni yang punya kelengkapan surat berkendara, ulet dan sabar di jalanan.

Biasanya nih, sebenarnya kita sudah ada niat tapi belum juga terlaksana. Faktornya bisa bermacam-macam, di antaranya kurang pengalaman berjualan dan takut kalah saingan. Tapi, dicoba dulu tidak ada salahnya, Sobat Boombastis. Barangkali malah menambah keahlian dan pemasukan kita. Selamat mencoba.

Written by Orchid

Leave a Reply

5 Kisah Pembunuhan yang Terjadi karena Hal yang Amat Sepele, Salah Satunya Gara-gara Bercanda

Bak Cerita FTV, Pria Ini Jemput Pacarnya Pakai Pick Up Sayur, Ceweknya Mau Nggak Ya?