in

Sempat Trending, Ternyata Begini Cara Ibu-ibu Masuk dalam Rice Cooker di Iklan Ramayana

Setahun lalu kalau kamu masih ingat, Ramayana pernah bikin iklan yang super ngenes di mana diceritakan seorang ibu yang mengalami amnesia tatkala sang suami meninggal di waktu Ramadan. Pasca itu, sang ibu merasa kalau tiap hari adalah bulan puasa. Drama pun dimulai dan dijamin bikin nyesek penontonnya. Setahun berlalu, Ramayana banting setir soal iklan. Sama-sama bertema Ramadan, tapi kali ini bakal bikin ginjal lepas saking kocaknya.

Yup, ini adalah iklan si ibu-ibu qasidah yang liriknya sangat super itu. Ada banyak banget part lucu di iklan ini, termasuk adegan ketika salah satu ibu kepalanya masuk ke dalam rice cooker. Kamu yang sudah lihat pasti bertanya-tanya bagaimana hal tersebut terjadi dan dilakukan. Nah, kali ini Boombastis akan membahas hal tersebut secara dalam dan tajam, setajam omongan mantan.

Rencana awal untuk ibu-ibu qasidahan yang muncul di berbagai tempat

Seperti yang diketahui jika sang sutradara, Dimas Djayadiningrat adalah orang dengan isi kepala random dan out of the box, termasuk untuk iklan satu ini. Dilansir dari asumsi.com, salah seorang tim kreatif, Vallen Herlyana mengatakan bahwa memang Dimas Djay punya konsep untuk memakai ibu qasidahan sebagai pencerita narasi dari kisah si model iklan utamanya. Ibu-ibu tersebut sengaja akan dikeluarkan dari berbagai tempat tak terduga, seperti atas angkot, dalam keranjang pakaian, atas lemari, tempat tidur serta tempat-tempat tak terduga lain.

Ide rice cooker datang secara spontan saat survey lokasi

Ide yang datangnya spontanitas [Sumber gambar]
Ibu-ibu yang kepalanya di dalam rice cooker semula tak masuk dalam list. Ide yang nyeleneh tersebut datang secara spontan dan tiba-tiba ketika Dimas Djay dan tim survey lokasi. Kebetulan, di sana ada sebuah rice cooker, jadilah langsung terpikir bahwa salah seorang ibu akan keluar dari sana bagaimanapun caranya. Ide yang spontan tersebut lantas sempat membuat para crew bingung, bagaimana caranya? Sampai akhirnya terciptalah trik unik yang membuat si ibu muncul dan berjoged ria dalam rice cooker. Yang harus Sahabat Boombastis ketahui, triknya bukan seperti yang dikatakan Dimas Djay ‘direndam semalaman, lalu ia muncul dengan sendirinya’, bukan itu ya!

Pose asli dengan teknik kamera dan tanpa editing

Teknik kamera yang dipakai [Sumber gambar]
Karena iklan ini sudah ditonton oleh 12 juta viewer, berbagai media juga ingin mengorek bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Dalam sebuah wawancara, Dimas Djay tidak pernah memaparkan secara detail proses dari syuting iklan itu. Menurutnya itu benar-benar real pose dari si ibu bukan editan. Prosesnya hanya dengan memanfaatkan teknik kamera, ibu yang diketahui bernama Yosi tersebut memang berada dalam rice cooker. Selanjutnya, teknik ini akan dibongkar habis di poin selanjutnya.

Kekepoan netizen Indonesia yang membongkar semuanya

Gambar yang sama bukan? [Sumber gambar]
Seperti kebanyakan kasus, netizen Indonesia bisa memecahkan semuanya. Karena kepo berlebihan, seorang dengan akun Billy Nasution, memaparkan dengan jelas bagaimana hal ini bisa terjadi. Seperti yang terlihat pada gambar, rice cooker tersebut dilubangi hingga bisa muat kepala orang dewasa. Teknik kamera yang dimaksud oleh Dimas Djay adalah memanfaatkan benda sekitar sebagai hiasan (kalau dalam iklannya, ada tempat sendok dan tempat saos) agar bahu si ibu tertutup. Penemuan oleh netizen ini tentu menjawab semua pertanyaan yang tak pernah dijawab gamblang oleh sang sutradara.

Sekarang sudah tak penasaran lagi bukan? Berkat viralnya iklan ini, ibu-ibu tersebut juga diundang ke beberapa stasiun televisi untuk diwawancarai. Tapi by the way, hampir semua iklan yang ditangani oleh Dimas Djay semuanya out of the box dan jarang terpikir orang lain, hingga membuat yang nonton juga cengar-cengir sendiri. Salam kepala dalam rice cooker!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Adipati Disebut Sindir Iqbaal, 10 Komentar Netizen Ini Malah Serang Balik Dirinya

Jangan Putar Musik Terlalu Keras! Bisa Membuatmu Merasakan Dinginnya Penjara