in

Berani Lawan Arus di Jalan Raya, Akan Ada Tindak Pidana yang Bakal Menanti

Fenomena di jalan raya memang tidak pernah ada habisnya. Buktinya, banyak berita yang viral di media sosial karena kelakuan nyeleneh di lalu lintas. Salah satunya adalah peristiwa lawan arus yang terjadi beberapa waktu lalu di Kota Yogyakarta. Kalau motor biasa mah mungkin tidak jadi pusat perhatian publik ya. Tapi yang melawan arus adalah motor dengan jenis Harley Davidson.

Memang sih pada waktu itu sedang ada acara perkumpulan dari motor Harley Davidson. Namun, banyak orang yang menyayangkan hal tersebut karena melawan arus dari lalu lintas. Seandainya mereka tidak melakukan perbuatan itu, pasti pengendara lain akan hormat dan pastinya langsung memberi jalan kepada pengemudi Harley Davidson.

Itu tadi hanya sekedar contoh dari peristiwa lawan arus di jalan raya. Padahal, melawan arus itu tidak boleh sembarangan dilakukan lho. Meskipun kalian berada dalam suatu acara, tapi harus izin terlebih dahulu kepada polisi lalu lintas yang bertanggung jawab di tempat tersebut. Jangan seenaknya, karena itu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain juga.

Jika kalian tetap nekat untuk melawan arus di jalan raya, bisa dikenai hukuman lho. Sesuai dengan pasal 287 ayat 1, para pengemudi akan dipidanakan kurungan selama maksimal dua bulan. Atau denda paling banyak sebesar Rp500 ribu. Akan tetapi, jika peristiwa lawan arus tersebut menelan korban dan merusak sarana jalan, pengemudi itu akan dikenai pasal berlapis. Menurut pasal 311 ayat 5 UU tahun 2009, jika mengemudikan kendaraan dengan cara membahayakan dan mengakibatkan meninggal dunia, akan dikenai hukuman penjara selama 12 tahun serta denda sebesar Rp24 juta.

Pengemudi lawan arah [Sumber Gambar]
Namun sayangnya hukuman ini masih belum begitu banyak diterapkan di Indonesia. Buktinya masih banyak yang melanggar aturan lalu lintas satu ini. Sehingga, alangkah lebih baiknya kalau polisi lalu lintas kini harus lebih disiplin lagi dalam menerapkan peraturan. Karena aturan dibuat untuk dipatuhi, bukan dilanggar.

Lalu, untuk para pengguna jalan, wajib mematuhi aturan lalu lintas yang sudah ada. Jangan pernah untuk menggunakan jalan seenaknya sendiri. Kemudian, kalau kalian yang jadi korban dari melawan arus, jangan pernah untuk emosi. Cukup bersabar dan omongkan baik-baik dengan si pelaku. Karena kalau emosi sudah bercampur dengan masalah, dijamin persoalan tersebut akan lebih susah untuk diselesaikan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Via Vallen Nyanyi Lagu Pop, 5 Hal Ini Bakal Terjadi Jika Dia Tinggalkan Jalur Dangdut

Foto Bulan Madu Raditya Dika Jadi Viral, 10 Netizen yang Ikutan Ini Kocaknya Tak Karuan