in

Mutilasi Sampai Dimasukkan Sumur, Inilah Hukuman Bagi Koruptor di Zaman Mesir Kuno

Korupsi di negeri ini memang seperti benalu yang terus menyerang sari-sari dari dalam. Mau bagaimana negara kita bisa maju kalau para pejabatnya korupsi terus menerus. Uang yang seharusnya dipakai untuk membiayai pengembangan teknologi malah masuk ke kantong sendiri. Alhasil negara kita tertinggal jauh dari yang lainnya.

Bicara soal korupsi, ternyata di Mesir zaman itu ada cara unik untuk menghukum para pencuri uang rakyat itu. Tak tanggung-tanggung, mulai dari mutilasi hingga hukuman cambuk sempat dicanangkan. Lalu seperti apa edannya hukuman zaman dulu itu? Simak ulasan berikut.

Penyiksaan dan mutilasi adalah hukuman untuk mereka

Seperti yang diketahui kalau Mesir memang dulu sempat dikenal dengan peradabannya yang luar biasa. Bayangkan saja, ketika daerah lain belum maju, mereka sudah bangun piramidanya sendiri. Nah lantaran majunya Mesir pada waktu itu tentunya bukan hal yang aneh kalau hukum-hukum sudah diterapkan di sana. Salah satunya adalah hukum untuk para koruptor yang lumayan pedih siksaannya.

ilustrasi hukuman [sumber gambar]
Dilansir dari Tribunnews, mutilasi adalah salah satu opsi buat mereka ini. Bagaimana tidak, buat yang ketahuan mencuri atau pun mengutil uang rakyat bagian tubuhnya akan dipotong. Tak sampai disitu, bahkan ada denda menanti dan kemungkinan untuk dijadikan budak.

Dicambuk dengan tebu bakal jadi hukuman yang menyakitkan

Tak kalah sadis, orang Mesir dulu ternyata juga melakukan hukuman lumayan sadis lainnya pada orang-orang yang doyan mengemplang uang pajak alias korupsi. Para pelaku ini nantinya akan mengalami cambukan sebanyak 100 kali pada tubuhnya dengan menggunakan tebu.

Ilustrasi cambuk [sumber gambar]

Mungkin kalau zaman sekarang dikenal dengan hukuman rajam kali ya. Namun tak sampai disitu, lantaran kejahatan yang dilakukan juga merupakan kategori berat maka mereka harus siap diusir dari negaranya. Bayangkan saja sudah kena rajam dibuang pula ke anta berantah. Nah para penjahat ini juga bakal dijadikan budak lantaran kejahatannya itu.

Penjara dari Mesir yang memang bikin ngeri

Tentu saja hukuman yang paling sering ditemui untuk mereka yang mengutil uang rakyat adalah penjara. Eits namun jangan dibayangkan kalau penjara yang dimaksud mirip dengan yang seperti sekarang. Alih-alih jeruji besi yang ada para pelaku korupsi ini bakal dimasukkan pada sebuah sumur dalam waktu yang cukup lama.

Ilustrasi penjara [sumber gambar]
Keadaan sumur yang biasanya jarang digunakan dan tentu sangat dalam. Tidak diketahui bagaimana si narapida hidup di dalam sana. Tapi, mereka pastinya merasakan siksaan yang luar biasa. Gelap dan mungkin tidak akan naik lagi selamanya. Kira-kira mereka makannya bagaimana ya?

Mungkinkah hukuman seperti itu diterapkan lagi?

Yang jadi pertanyaan utama adalah mungkinkah hukuman seperti itu bisa diterapkan kembali di zaman seperti ini? Untuk hukuman mutilasi tentunya akan sangat sulit dan hampir tidak mungkin diterapkan. Pasalnya di beberapa negara yang ada adalah hukuman mati bukan mutilasi, dan hukuman seperti ini sangat jarang dilakukan.

mesir kuno [sumber gambar]
Kalau hukuman cambuk serta penjara beberapa negara sudah melakukan hukuman itu hingga sekarang namun untuk kasus-kasus yang berbeda. Pun demikian dengan sumur gelap. Agak bar bar rasanya kalau melempar para koruptor ke sana di zaman sekarang. Sebenarnya ada banyak cara agar mereka tobat tapi tetap memanusiakan. Misalnya dengan mengambil seluruh hartanya, atau dihukum melayani masyarakat seumur hidupnya.

BACA JUGA: 5 Hal Nyeleneh Tentang Kehidupan Masyarakat Mesir Kuno yang Untungnya Sudah Lama Punah

Melihat hukuman-hukuman yang diberlakukan untuk para koruptor itu tentunya bikin nyali begidik ya. Alhasil sangat jarang seorang mau melakukan tindakan tersebut. Namun demikian adanya ketertiban itu adalah berasal dari rasa takut dan tentu sebagian orang akan menentangnya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Alasan Kenapa Kalian Wajib Banget Nonton Suzzanna: Bernafas Dalam Kubur

Oumuamua, Asteroid Misterius Berbentuk Kapal Angkasa yang Dicurigai Sebagai Pesawat Alien