in

Jangan Klik Berita Mr.Bean Meninggal! Selain Hoax Ada Bahaya Lain yang Mengintai

Beberapa hari lalu, publik dikejutkan lagi dengan sebuah berita. Adalah Rowan Atkinson atau yang biasa kita kenal dengan Mr. Bean meninggal dunia. Berita yang tersebar adalah pemeran Mr. Bean tersebut meninggal dunia karena kecelakaan mobil ketika melakukan adegan berbahaya. Nah, dari kabar tersebut membuat semua orang di dunia mencari-cari sumber beritanya.

Bukan hanya karena kaget, para netizen di seluruh dunia mencari berita itu disebabkan Mr. Bean sudah dua kali dikabarkan meninggal dunia nih Sahabat Boombastis. Jadi masyarakat lebih getol mencari berita yang berkaitan dengan tokoh lawak satu ini. Unggahan video tentang tewasnya tokoh Mr.Bean ini semakin dipercaya karena dilansir dari liputan6.com kalau terdapat cuplikan berita stasiun televisi Fox News. Di sana menampilkan foto Rowan Atkinson yang disertai dengan teks bertuliskan R.I.P 1955-2017. Alhasil, kemungkinan besar yang melihatnya akan langsung meng-klik tombol play pada video itu.

Mr. Bean meninggal adalah hoax [Sumber Gambar]
Tapi, kalau mengklik tautan dari video tersebut, dijamin kalian enggak akan menemukan kabar meninggalnya pemeran Mr. Bean Sahabat Boombastis. Alasannya dilansir dari Thesun.co.uk, jika tautan tersebut malah mengarahkan kalian ke sebuah situs. Kalau situsnya untuk mendapatkan undian berhadiah sih tidak apa. Akan tetapi, si pengguna internet akan masuk ke dalam peringatan keamanan palsu yang nantinya akan muncul pemberitahuan ‘Security Error‘. Kalau sudah begitu, si pengguna internet diharuskan memanggil nomor dukungan pelanggan supaya komputer terbebas dari peringatan tersebut.

Akan ada peringatan security error [Sumber Gambar]

Nah, jika kalian menghadapi situasi seperti ini di kesempatan lain, lebih baik ditutup saja lamannya. Hal ini dilakukan supaya komputer kalian bebas dari ancaman kejahatan dunia maya. Sebab, peringatan yang muncul seperti di atas tadi kemungkinan besar adalah buatan dari oknum-oknum tak bertanggung jawab. Biasanya para penjahat dunia maya melakukan ini untuk mendapatkan data pribadi kalian. Contohnya saja seperti nama, alamat, akun media sosial dan bahkan nomor rekening bank kalian lho.

Akan menyuruh pengguna internet untuk mengisi data pribadi [Sumber Gambar]
Bagi yang belum tahu, kejahatan dunia maya seperti itu biasanya dilakukan oleh Hoax Slayer. Dikutip dari viva.co.id, hoax slayer merupakan sebuah situs web yang digunakan untuk mengelabuhi para pengguna internet Sahabat Boombastis. Mereka mengelabuhi dengan cara mengalihkan pengguna internet ke sebuah situs web survei. Jika sudah, maka web akan menyuruh pengguna untuk mengisi data pribadi mulai dari nama hingga email. Nah, dari situlah oknum-oknum tak bertanggung jawab akan mencoba mencari semua data penting yang kalian miliki.

Memasang antivirus untuk mencegahnya [Sumber Gambar]
Bahkan ada cara lain lagi untuk mengelabuhi kalian. Adalah dengan membuat para pengguna internet mengunduh sebuah aplikasi setelah meng-klik tautan. Perangkat lunak yang sudah di-download tadi akan membuat para penjahat dunia maya bisa mengendalikan komputer kalian. Mencuri data pribadi hingga menginstal malware yang berfungsi untuk menyebarkan virus ke komputer misalnya.

Sehingga untuk para Sahabat Boombastis, jika ingin mengakses sebuah berita lebih baik cek dulu kebenarannya. Lalu, hindari juga meng-klik sebuah tautan dari laman yang tak terpercaya karena dikhawatirkan itu bisa menyebabkan perangkat keras kita terancam punah. Kalau ingin mengakses video dan artikel, biasakan mencari situs-situs yang terpercaya. Terakhir, kalian bisa memasang aplikasi antivirus supaya dapat melindungi komputer.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bawa Kunci Hingga Pegang Gadget, Sekian Pelanggaran Ini Biasa Terjadi di Lapas Sukamiskin

Mengintip Rahasia Sukses Pria Sederhana Asal Jawa Timur yang jadi Bos Kontraktor di Jepang