in

Mata Perih Terkena Pedasnya Cabai? Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Setelah makan pedas, biasanya orang-orang langsung saja mencuci tangannya. Ini dilakukan supaya tangan tidak panas dan menghindari perih pada mata ketika kita tak sengaja menyentuh organ vital tersebut. Namun terkadang cuci tangan enggak sepenuhnya bisa untuk menghilangkan pedas tersebut. Jadinya, saat menyentuh mata, akhirnya indra penglihatan kita tersebut ikut perih terkena pedasnya cabai.

Nah, kalau sudah begitu, rasanya bingung ingin berbuat apa. Alasannya karena kalau kita mencoba untuk menggosok mata, alhasil salah satu organ vital tersebut semakin perih. Akan tetapi, ternyata ada cara-cara tertentu nih untuk menghilangkan rasa perih di mata akibatnya pedasnya cabai yang sangat mengganggu tersebut.

Mata perih kena pedas cabai [Sumber Gambar]
Pertama-tama, cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan susu. Loh, kok bisa? Ya itu karena minuman sehat tersebut bisa membantu menetralisir zat capsaicin yang ada pada cabai. Nah, zat capsaicin itu merupakan senyawa pada cabai yang memunculkan sensasi seperti terbakar. Kemudian, susu juga akan menghilangkan minyak yang menyebabkan rasa perih pada mata. Untuk menggunakannya, kita bisa membilas mata secara perlahan dengan susu sampai indra penglihatan sudah tidak merasakan perih kembali. Eits, tapi jangan lupa juga untuk membersihkan tangan dahulu sebelum membilas mata ya. Lalu pakai susu tawar atau UHT untuk membilas mata kita.

Menggunakan susu tawar [Sumber Gambar]

Kemudian, cara selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan memakai larutan garam. Mungkin kalian mengira, ini akan menjadikan mata semakin perih. Padahal, itu tidak benar Sahabat Boombastis, karena memang larutan garam sudah digunakan sejak dulu untuk menghilangkan rasa pedas di mata akibat cabai. Kalau ingin menggunakan cara ini, cukup dengan membilasnya saja dengan air garam. Akan tetapi, hal yang perlu diingat adalah gunakan handuk atau lap bersih sebagai perantara antara tangan dan mata. Jika langsung menggunakan tangan, bisa membuat kapiler aktif, sehingga mata bisa menjadi lebih perih.

Memakai larutan garam [Sumber Gambar]
Lalu, ada alternatif lain yang paling mudah jika ingin menghilangkan pedas di mata. Adalah menggunakan air dingin. Caranya cukup dengan membilas mata dengan air dingin. Atau bisa juga dengan menaruh air di dalam tempat, misalnya baskom, lalu tenggelamkan wajah dan membuka mata. Niscaya, mata tidak akan merasakan perih lagi.

Cara-cara di atas cukup mumpuni untuk menghilangkan rasa pedas di mata akibat cabai. Tapi, untuk melakukannya harus sabar dan jangan terburu-buru. Supaya mata bisa diobati dengan baik dan memperkecil risiko terjadinya kesalahan. Kemudian, untuk menghindari terkena pedasnya cabai, cuci tangan dengan benar dan agak lama supaya zat capsaicin benar-benar hilang. Lalu, jika ingin memotong cabai atau lain sebagainya, harus dilakukan dengan perlahan supaya tidak menciprati mata.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Curhatan Seorang Ibu Soal Anaknya yang Autis Dilarang Naik Pesawat, Netizen Langsung Panas

Mengenal Golden Gol, Babak Hidup Mati Paling Dramatis di Jagad Sepak Bola