Mitologi telah menghasilkan banyak sekali makhluk yang memiliki banyak sekali keunikan. Mulai dari monster, hantu, vampir, hingga hewan-hewan yang unik. Sayangnya banyak sekali hewan mitologi yang justru dilupakan. Bahkan suatu saat akan benar-benar musnah dari dunia mitos dunia.

Baca Juga : 6 Hewan Menakjubkan yang Bisa Tetap Hidup Meskipun Kepalanya Putus

Hewan-hewan ini mungkin bukan Naga atau bahkan Phoenix yang tak pernah bisa mati. Tapi hewan mitologi ini dikenal sangat hebat meski kini telah terlupa. Inilah tujuh hewan mitologi yang terlupa itu.

1. Aspidochelone – Mitologi Yunani

Aspidochelone adalah sebuah kura-kura raksasa yang pada tempurungnya terdapat sebuah pulau. Biasanya hewan ini bergerak dari satu lautan ke lautan lain hingga kerap disebut sebagai pulau bergerak. Keberadaan dari hewan ini bahkan masih dipercaya ada hingga sekarang.

Aspidochelone – Mitologi Yunani [image source]
Aspidochelone – Mitologi Yunani [image source]
Dalam sebuah cerita, Aspidochelone mampu memberikan sebuah kekuatan pada seseorang. (Coba lihat serial Avatar Aang) Meski demikian, Aspidochelone juga suka membuat orang hilang dan merusak apa saja yang ditemuinya di lautan.

2. Catoblepas – Mitologi Klasik

Dalam sebuah mitologi, sapi atau banteng banyak sekali digambarkan menjadi hewan baru yang unik. Salah satu yang terkenal adalah Minotaur. Hewan mitologi lain dari penggambaran hewan bertanduk ini bernama Catoblepas.

Catoblepas – Mitologi Klasik [image source]
Catoblepas – Mitologi Klasik [image source]
Catoblepas biasanya berwarna hitam pekat dan hidup di rawa-rawa yang gelap. Ia suka sekali memakan tumbuhan air meski dalam beberapa kesempatan akan memangsa manusia. Catoblepas memiliki racun yang sangat mematikan yang bisa membuat manusia mati dalam sekejap mata.

3. Yale – Mitologi Klasik

Yale adalah seekor hewan yang menyerupai rusa. Warnanya merah agak oranye dengan belang-belang putih di sekujur tubuhnya. Hewan ini dikenal memiliki kekuatan supranatural yang sangat kuat. Kekuatan itu berasal dari tanduk yang ada di kepalanya.

Yale – Mitologi Klasik [image source]
Yale – Mitologi Klasik [image source]
Tanduk ini bisa digunakan untuk membunuh manusia dalam sekejap saja. Di masa lalu hewan ini suka berkeliaran di padang rumput untuk melindungi kawanan rusa. Jika ada orang atau hewan genas mendekat ia akan sigap maju sebagai pahlawan.

4. Crocotta – Mitologi Klasik

Crocotta adalah hewan mitologi yang menyerupai anjing. Namun bentuk rahangnya sedikit menyerupai manusia. Selain itu warnanya sangat hitam dengan kaki menyerupai kaki kuda. Crocotta dikatakan pernah muncul di sekitaran India pada zaman kuno.

Crocotta – Mitologi Klasik [image source]
Crocotta – Mitologi Klasik [image source]
Beberapa ilmuwan di masa lalu bahkan sampai terobsesi untuk mendapatkan hewan ini. Mereka percaya jika Crocotta benar-benar ada dan suka mengganggu manusia. Banyak orang percaya jika memakan mata hewan ini akan membuat orang jadi bisa melihat masa depan.

5. Ao Ao – Mitologi Guarani

Ao Ao adalah makhluk mitologi yang memiliki wujud seperti babi tapi memiliki banyak sekali taring tajam. Hewan ini dikenal sangat buas dan suka memangsa manusia yang ia temui. So, jika ketemu dengan hewan ini lebih baik cepat melarikan diri daripada kena mangsa.

Ao Ao – Mitologi Guarani [image source]
Ao Ao – Mitologi Guarani [image source]
Hewan ini dipercaya masih ada sampai sekarang. Ao Ao mendiami hutan-hutan yang sangat angker di daerah Paraguay. Penduduk setempat bahkan pernah melihat beberapa kali sosok Ao Ao yang sangat mengerikan itu.

6. Roc – Mitologi Persia dan India

Roc adalah sebuah buruk raksasa dalam mitologi India yang dahulu kala dipercaya banyak orang. Adalah Sir Richard Gfrancis Burton, seorang penjelajah yang berkata pernah melihat Roc. Richard pernah mengatakan jika Roc adalah seekor karnivora yang mampu memangsa gajah yang besar dalam sekali hap.

Roc – Mitologi Persia dan India [image source]

Hewan ini biasanya mendiami hutan atau tebing-tebing tinggi di India. Ia hanya akan keluar jika benar-bena lapar dan butuh berburu mangsa yang tentunya harus besar juga. Cerita tentang Roc saat ini mulai punah di India dan Persia.

 7. Firebird – Mitologi Rusia

Firebird adalah salah satu hewan mitologi yang berasal dari Rusia. Hewan ini mungkin menyerupai Phoenix. Namun tidak akan mati dan dari abunya muncul burung baru. Firebird hidup di hutan-hutan yang gelap dan akan keluar jika ingin berburu mangsa.

Firebird – Mitologi Rusia [image source]
Firebird – Mitologi Rusia [image source]
Di masa lalu, banyak sekali kerajaan di Rusia yang terobsesi untuk menangkap Firebird. Tak sedikit mereka melakukan sayembara dengan hadiah yang menggiurkan. Tentu saja tak ada yang bisa menangkap. Alasannya ada dua pertama apakah hewan ini benar nyata dan kedua apakah ada orang yang mampu menangkap raksasa berapi?

Baca Juga : 5 Fakta Menakjubkan Tentang Adzan yang Akan Membuatmu Bertasbih

Itulah 7 hewan mitologi hebat yang mulai dilupakan banyak orang. Terlepas apakah hewan ini nyata atau tidak. Mereka sudah seharusnya tetap dilestarikan. Cerita-cerita tentang hewan  ini adalah produk budaya yang sayang jika lenyap begitu saja.