in

Berukuran Super Jumbo, Hewan-Hewan Ini Punya Ukuran Jauh Lebih Besar Dibanding Sejenisnya

Di dunia ini, banyak sekali hewan unik yang selalu menarik buat dibahas. Tak jarang ditemukan hewan dengan fisik yang tak biasa. Contohnya, ada sapi berkepala dua, ada pula babi berbulu domba, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, ada hewan-hewan tak kalah unik yang bakal dibahas kali ini. Ialah hewan-hewan yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan hewan sejenisnya. Saking jumbonya, ada yang seukuran manusia padahal biasanya ukurannya kecil. Apa saja sih? Yuk simak ulasan berikut!

Todan

Katak Todan [sumber gambar]
Biasanya, katak hanya berukuran segenggam tangan orang dewasa saja. Tapi berbeda dengan katak di Enrekang, Sulawesi Selatan. Katak yang disebut oleh orang sekitar dengan todan ini, berukuran seperti bayi manusia. Saat digendong manusia, benar-benar seperti menggendong bayi.

Ukuran besar [sumber gambar]

Todan bisa memiliki bobot sampai 1,5 hingga 2 kilogram. Dengan ukuran yang besar, tak heran jika katak ini memakan segala yang ada. Bukan cuma semut atau belalang, tapi juga tikus. Usut punya usut, todan merupakan katak jenis limnonectes grunniens yang memang terkenal akan ukuran jumbonya. Selain itu, dipercaya bahwa leluhur katak dengan jenis yang sama yang mempengaruhi ukuran todan yang sangat besar.

Mulai langka [sumber gambar]
Katak ini ternyata juga diburu manusia untuk dijadikan santapan. Todan diolah, direbus, atau digoreng untuk dimakan. Namun sayang, todan kini makin langka. Karena banyak diburu untuk dikonsumsi juga tingkat reproduksi yang rendah.

Megabats

Dikenal sebagai hewan malam pemakan buah [sumber gambar]
Jika ada katak yang sebesar bayi manusia, ada pula kelelawar yang hampir seukuran manusia. Kelelawar ini bernama giant golden crowned flying fox, juga disebut sebagai megabats atau kelelawar raksasa karena ukurannya yang sangat besar. Hewan bernama latin acerodon jubatus ini berukuran setengah manusia pada umumnya. Sangat jauh lebih besar dibanding kelelawar pada umumnya.

Bergelantungan saat siang hari [sumber gambar]
Tak heran kalau ada orang mengira kelelawar ini sebagai siluman saat melihatnya bergelantungan di dekat pemukiman warga. Bagaimana tidak? Ketika membentangkan sayapnya, kelelawar ini bisa sepanjang 1,7 meter! Meski habitat megabats ada di gua dan hutan hujan di daerah Asia Tenggara, tapi tak jarang ia ditemukan sedang bergelantungan di dekat rumah warga.

Kelelawar berukuran besar yang dianggap menakutkan [sumber gambar]
Sama seperti todan, megabats juga terancam punah. Ia terdaftar sebagai spesies yang sudah terancam punah sejak 2016 lalu. Hal ini dipicu adanya perburuan liar dan penebangan hutan yang merusak habitatnya.

Sapi Knickers

Knickers di antara sapi-sapi lainnya [sumber gambar]
Di Indonesia terdapat sapi limosin yang sudah dianggap besar, tapi masih ada lagi lho yang jauh lebih besar. Ialah knickers, sapi jantan berwarna hitam putih asal Australia dengan ukuran super jumbo. Tingginya saja mencapai 1,9 meter, sangat mencolok jika disandingkan sapi lainnya. Apalagi beratnya, yaitu 1.400 kg! Wah, kalau dibuat kurban, bisa menghasilkan daging yang banyak nih!

Ditolak rumah potong hewan karena tidak ada yang berani menyembelih [sumber gambar]
Tapi, karena terlalu besar, banyak rumah jagal yang sampai menolak karena mereka tak berani menyembelih knickers. Alhasil, ia hanya dibiarkan hidup di peternakan Lake Preston tanpa ada niatan disembelih. Padahal, kalau disembelih diperkirakan bisa menghasilkan 4.000 burger lho!

Knickers tidak disembelih dan dibiarkan hidup hingga menua [sumber gambar]
Dengan ukurannya yang sangat besar, tak hanya membuat sang pemilik teheran-heran. Bahkan, para ilmuwan pun juga dibuat bingung. Knickers satu ini bakal menjadi sapi raksasa terakhir di Australia. Hal ini dikarenakan ia sudah dikebiri dan tidak bakal bisa menghasilkan keturunan.

BACA JUGA: Ngerinya Megabats, Kelelawar Berukuran Raksasa yang Sekilas Mirip Seperti Siluman

Hewan-hewan unik dengan ukuran raksasa ini semuanya terancam punah. Padahal, ini bisa menjadi keunikan di dunia fauna. Selain tiga hewan di atas, hewan apalagi yang punya ukuran raksasa yang kamu tahu?

Written by Galih Hayu

Dikenal Nyentrik, Ini 10 Potret Kim Jong Un yang Juga Bisa Tertawa Lebar

Dikerjain Habis-habisan! 10 Anak Ini Punya Model Potongan Rambut yang Bikin Ngakak Parah